Home / News

Jumat, 9 Juli 2021 - 21:57 WIB

Evaluasi PPKM Darurat, Ganjar: Kunci Pergerakan dari Desa

Ganjar Pranowo minta pembatasan kegiatan di level desa. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Ganjar Pranowo minta pembatasan kegiatan di level desa. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan agar pergerakan dibatasi pada level terkecil yaitu desa. Pasalnya, berdasarkan evaluasi minggu pertama pelaksanaan PPKM Darurat di wilayahnya, diketahui pergerakan manusia masih cukup tinggi.

“Kemarin sore kita mengevaluasi secara nasional, disiplinnya masih perlu ditingkatkan, pergerakan manusianya masih cukup tinggi,” jelas gubernur, Jumat (9/7/2021).

Ganjar mengatakan, berdasarkan data dari pusat, menunjukkan data mobilitas di Jawa Tengah saat ini baru mencapai 18 persen, atau kisaran setengah dari target 30 persen yang ditetapkan pemerintah pusat. Untuk itu, peningkatan pengamanan di daerah mesti dilakukan.

“Tapi rasa-rasanya kalau kita akan melakukan itu di tengah jalan, kok tidak mudah ya. Pasti akan terjadi friksi-friksi,” ucap Ganjar.

Baca juga   Masyarakat Diimbau Hindari Borong Obat dan Vitamin Berlebihan

Gubernur pun menginstruksikan Penjabat Sekda Provinsi Jateng Prasetyo Aribowo untuk berkomunikasi dengan para Sekda se-Jateng, agar menggandeng tokoh-tokoh di level terkecil.

“Ajak yuk Kades, RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Kegiatannya dibatasi pada lingkungan yang kecil saja di pemerintahannya. Pemerintahan mana yang paling kecil? Ya desa. Maka kontrol di level desa itu, kalau bisa dikuncinya di situ, sehingga tidak terlalu banyak yang bergerak,” katanya.

Ditambahkan, pergerakan tetap dibolehkan bagi mereka yang sesuai dengan ketentuan PPKM Darurat. Seperti, pekerja di sektor critical dan esensial.

Di sisi lain, Ganjar juga telah menginstruksikan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Disnakertrans agar menyosialisasikan kembali pada pelaku industri besar maupun perusahaan, untuk mengelola usahanya dengan baik.

Baca juga   Cegah Varian Delta Plus, Kemenkumham Perketat Perlintasan Orang Asing

“Saya tadi pagi ke KIW, komunikasi dengan dirutnya, untuk menyampaikan kepada pengusaha, agar bisa mengontrol di sana. Sehingga kurangi pergerakan, sekali lagi kurangi pergerakan,” tegas Ganjar.

Namun demikian, pihaknya tetap mendukung instruksi dari Menko Marinvest Luhut Binsar Pandjaitan kepada TNI Polri yang memimpin terkait pengamanan pergerakan ini.

“Itu evaluasi yang hari ini kita lakukan dan kemarin perintah pak Menko Marinvest Kepolisian mengambil take a lead untuk mengatur jalannya traffic yang ada. Ini manusia, TNI akan membantu dan tentu saja dari Satpol PP kita pasti akan membantu,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

‘Gedor Lakon’, Gerakan Donor Plasma Konvalesen di Jawa Tengah
(Foto: MC Kraton Jogja)

News

Hajad Dalem Garebeg Maulud 2021, Keraton Yogya Bagikan 2.700 Rengginang
Kejadian gerakan tanah di wilayah Kabupaten Bogor mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan puluhan lain terancam. Peristiwa yang berlangsung pada Sabtu (13/11/2021), pukul 16.00 WIB ini memicu warga Desa Sukawangi mengungsi. (Foto: BPBD Kabupaten Bogor)

News

Muncul Pergerakan Tanah di Kabupaten Bogor, 182 Warga Mengungsi
Bank Indonesia mendorong penggunaan QRIS untuk memfasilitasi transaksi pembayaran selama ajang PON Papua XX. (Foto:InfoPublik)

News

BI Dorong Penggunaan QRIS di PON XX Papua
Ribuan pelajar di Kabupaten Magelang disasar vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Intelijen Negara. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

9.000 Pelajar dan Santri Magelang Jadi Sasaran Vaksinasi BIN
Wagub saat menjadi pembina upacara HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Kantor Gubernur. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Ribuan Anak Jadi Yatim Piatu Akibat Covid, Gus Yasin Ajak Warga Jateng Jadi Orang Tua Asuh
Sejumlah pekerja hiburan turut menggelar aksi agar diberi kelonggaran untuk bisa kembali bekerja. (Foto: dokumentasi koes gapplek)

News

Pekerja Hiburan Turun ke Jalan Tolak Perpanjangan PPKM
Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Krido Suprayitno saat menerima penghargaan Bhumandala 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Intantaru Berinfo Antarkan DIY Raih Bhumandala Award 2021