Home / News

Jumat, 26 Januari 2024 - 15:50 WIB

Fasilitas PBB Diserang, Indonesia Kutuk Keras Israel

NYATANYA.COM, Jakarta – Indonesia mengutuk keras serangan Israel terhadap fasilitas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Khan Younis, Gaza, Palestina pada Rabu (24/1/2024).

“Serangan tersebut menambah daftar pelanggaran yang terus dilakukan Israel terhadap hukum internasional,” kata Kementerian Luar Negeri RI melalui platform X, Kamis (25/1/2024)

Sedikitnya sembilan korban tewas, dan 75 orang lainnya terluka akibat serangan artileri Israel terhadap pusat pelatihan PBB yang digunakan untuk menampung para pengungsi Palestina di Kota Khan Younis.

Sementara itu Komisioner Jenderal Badan PBB untuk Urusan Pengungsi Palestina (UNRWA), Philippe Lazzarini, juga mengecam pasukan pendudukan Israel yang secara langsung menyerang pusat pelatihan yang dikelola badan PBB itu.

Baca juga   Menko Marves: Kondisi Pandemi Covid-19 di Awal Ramadan Sangat Baik, Tersisa 9 Kabupaten Masih Level 3

UNWRA menyebut aksi Israel itu sebagai aksi terang-terangan yang melanggar aturan dasar perang.

“Israel kembali terang-terangan tak mempedulikan hukum dasar perang,” kata Philippe Lazzarini.

Menggunakan platform X untuk mengungkapkan pandangannya mengenai “Hari mengerikan yang kembali terjadi di Gaza,” dia mengungkapkan sekitar 30.000 orang mengungsi di fasilitas UNWRA itu.

Menurut dia, jumlah korban tewas mungkin lebih banyak lagi.

Baca juga   Kasus Covid-19 DIY Hari Ini: Sembuh 1079 Orang, Meninggal 18, Kasus Baru 353

“Kompleks itu merupakan fasilitas PBB yang ditandai secara jelas dan koordinatnya dibagikan kepada Otoritas Israel seperti yang kami lakukan di semua fasilitas kami,” kata dia

Sementara itu, berdasarkan laporan Palestinian Central Bureau of Statistics (PCBS), sedikitnya 25 ribu warga sipil Palestina terbunuh akibat genosida oleh Israel.

PCBS mencatat bahwa 25.295 korban jiwa berada di Jalur Gaza, sedangkan 369 korban jiwa lainnya terdapat di Tepi Barat. Korban anak-anak dilaporkan mencapai 12.345. (N1)

Sumber: infopublik.id

Share :

Baca Juga

Penerbangan TK66 yang berangkat dari Bandara Istanbul Turki mendarat di runway Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Selasa (29/32022) malam pukul 19.41 WITA setelah menempuh perjalanan selama hampir 12 jam. (Foto : Angkasa Pura I)

News

Tambah Rute Internasional, Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani Rute Istanbul-Bali
Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya mewujudkan Masterplan Sleman Smart City, dengan kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap III di Ruang Rapat Sembada Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, pada Senin (18/10/21). (Foto: MC Kab Sleman)

News

Gelar Bimtek Tahap 3, Pemkab Sleman Siapkan Masterplan Smart City
Menhan Prabowo bersama Menhan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin. (Biro: Humas Setjen Kemhan)

News

Menhan Prabowo Hadiri Pertemuan Multilateral Menhan AS-ASEAN, Harapkan Kelanjutan Kerja Sama yang Baik
Foto: BPMI Sekpres

News

Sebanyak 60 Ribu PNS Mulai Pindah ke IKN Awal 2024, Ini Rinciannya
Warga Wadas, Bener, Purworejo pendukung proyek nasional Bendungan Bener gelar aksi bentuk perlawanan atas tindakan teror yang diterimanya. (Foto: dokumentasi LBH Nyi Ageng Serang)

News

Nyatakan Sikap Melawan Segala Tindak Intimidasi dan Teror, Warga Wadas Gelar Aksi Solidaritas
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun. Foto: BPMI Setpres

News

Ini Dua Pesan Presiden untuk Panglima TNI yang Baru Laksamana TNI Yudo Margono
Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Pendaftaran Calon Anggota KPI Pusat 2022 -2025 Dibuka, Ini Syarat dan Tahapannya
Presiden Jokowi dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dalam acara yang diselenggarakan di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Dianugerahi Gelar Laki-laki Berperilaku Mulia oleh Kesultanan Buton