Home / Wisata

Selasa, 23 November 2021 - 22:13 WIB

Festival Gedongsongo, Titik Bangkit Pariwisata Kabupaten Semarang

Festival Gedongsongo yang digelar oleh Dinas Pariwisata akan berlangsung 23-24 November. Selain atraksi tari tradisional, juga dipamerkan aneka produk UMKM mulai dari kuliner, batik hingga cinderamata. (Foto:MC Kab Semarang)

Festival Gedongsongo yang digelar oleh Dinas Pariwisata akan berlangsung 23-24 November. Selain atraksi tari tradisional, juga dipamerkan aneka produk UMKM mulai dari kuliner, batik hingga cinderamata. (Foto:MC Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Bupati H Ngesti Nugraha menegaskan kondisi Kabupaten Semarang di level 1 PPKM membawa dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata.

Karenanya, dia mengimbau warga dan pelaku pariwisata untuk terus menerapkan protokol kesehatan saat dilaksanakan berbagai pelonggaran kegiatan masyarakat terutama kunjungan wisata.

“Kita berharap pelaksanaan Festival Gedongsongo ini dapat menjadi media promosi pariwisata agar kembali pulih,” tegasnya usai membuka acara di panggung utama Kompleks Candi Gedongsongo, Bandungan, Selasa (23/11/2021) siang.

Baca juga   Maksimalkan Potensi Kampung Wisata, Pemkot Yogya Bentuk Pokdarwis Kelurahan

Festival Gedongsongo yang digelar oleh Dinas Pariwisata akan berlangsung 23-24 November. Selain atraksi tari tradisional, juga dipamerkan aneka produk UMKM mulai dari kuliner, batik hingga cinderamata.

Agar tetap dapat ditonton oleh khalayak tanpa menimbulkan kerumunan, rangkaian acara Festival Gedongsongo juga dapat dilihat di kanal Youtube pesona_kabsemarang. Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati dan disaksikan Forkompimda.

Sebelumnya, juga digelar ritual resik-resik candi di lingkup Candi pertama oleh tetua adat. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Dewi Pramuningsih, ritual itu sebagai penanda membersihkan hati untuk menjaga kelestarian alam.

Baca juga   Langgar Aturan PPKM, Dua Cafe di Kota Lama Semarang Disegel

Diterangkan lebih lanjut oleh Dewi, festival digelar untuk mempromosikan daya tarik wisata andalan Kabupaten Semarang.

Selain itu juga untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa tempat wisata saat ini tetap aman dikunjungi dengan penerapan protokol kesehatan.

“Kami juga mengenalkan Candi Gedongsongo sebagai salah satu bagian dari Kawasan strategis pariwisata nasional Borobudur,” terangnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ternyata belum semua wisatawan menginstal plikasi PeduliLindungi sebagai syarat mengunjungi Candi Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Masih Banyak Wisatawan Belum Instal Aplikasi PeduliLindungi
(Foto: Taman Pintar Yogyakarta)

Wisata

Asyikkk, Taman Pintar Yogya Siap Dibuka Lur
Sambanggo, jadi program andalan Pemkab majukan pariwisata di Kulonprogo. (Foto:Humas Kulonprogo)

Wisata

Sambanggo, Andalan Kulonprogo Tata Pariwisata di Tengah Pandemi
Foto:nyatanya.com/Twitter DAMRI Indonesia

Wisata

Ini Update Terbaru Layanan DAMRI Tujuan YIA
Pemberian penghargaan kepada para juara pemilihan duta wisata Kabupaten Kendal Sinang dan Sinok 2021. (Foto: Diskominfo Kendal)

Wisata

Sinok dan Sinang 2021 Didorong Terlibat dalam Pembangunan di Kendal
Indonesian Gastronomy Community (IGC) menyelenggarakan serangkaian acara Gastronosia Borobudur 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 29 – 31 Oktober 2021 di Magelang dan Yogyakarta. (Foto:InfoPublik.id)

Wisata

“Perjamuan Shima” Pungkasi Acara Gastronosia Borobudur 2021
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Uji Trail Pola Perjalanan Super Prioritas Borobudur. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Wisata

Borobudur Travel Pattern, Terobosan Baru Paket Wisata Edukatif
Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo, hotel bintang lima yang mengusung kearifan lokal Nusa Tenggara Timur. (Foto:InfoPublik.id)

Wisata

Hotel Meruorah Komodo Siap Dukung G20 dan Asean Summit 2023