Home / Panggung

Senin, 8 November 2021 - 09:53 WIB

Festival Jogja Kota, Usung Karakter Khas Kampung di Yogyakarta

Heroe Poerwadi saat melihat salah satu karya yang dipamerkan di Festival Jogja Kota. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Heroe Poerwadi saat melihat salah satu karya yang dipamerkan di Festival Jogja Kota. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi membuka Festival Jogja Kota yang diselenggarakan oleh Dinas kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta pada Sabtu (6/11/2021) di Embung Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Heroe Poerwadi menyampaikan bahwa saat ini Pemkot tengah melaksanakan beberapa kegiatan festival sebagai ikhtiar untuk mempromosikan potensi yang dimiliki, melestarikan dan mengembangkan seni budaya sebagai aset tak benda dan menggugah masyarakat untuk senantiasa berkiprah meski dalam suasana pandemi.

“Festival Jogja Kota dengan menampilkan karakter khas kampung di Yogyakarta akan memotivasi masyarakat dan pelaku seni budaya untuk senantiasa nguri-uri warisan leluhur dan mengembangkannya sesuai dengan tantangan jamannya,” kata Heroe.

Heroe juga menyampaikan bahwa Kota Yogyakarta memiliki kekayaan sumber daya manusia yang tak pernah habis digali bahkan semakin dieksploitasi sumber daya manusia tersebut semakin terasah dan berkembang.

Baca juga   “Rumit The Series”, Kejutan Terbaru dari Langit Sore

Salah satu sumber daya manusia yang kita miliki adalah para seniman pelaku seni budaya yang senantiasa berkarya, berkreasi dengan inovasi tanpa tercerabut dari akar budayanya.

“Karya dan kreasi tersebut kita padukan dengan program gandes luwes yang berupaya mewarisi dan mewariskan seni budaya yang hadi luhung melalui pendidikan baik formal maupun non formal agar setiap lulusannya memiliki kecakapan yang terukur sesuai dengan standardisasi pada masing-masing jenjang pendidikan,” jelas Heroe.

Selanjutnya Heroe berharap agar kekayaan tak benda (seni budaya) yang dimiliki tersebut dapat sebagai pemantik dalam geliat perekonomian Kota Yogyakarta yang mampu meningkatkan kesejahteraan warga baik secara langsung maupun tak langsung.

Sementara Yetti Martanti Kepala Kundha Kabudayan Kota Yogyakarta dalam sambutannya menuturkan bahwa festival ini dilaksankan dengan standar protokol kesehatan yang merupakan bagian dari adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi Covid-19 ini.

Baca juga   38 Perupa Lolos Seleksi Pameran Representasi #4: Pahlawan Nasional

“Festival Jogja Kota diikuti oleh 45 kelurahan se-kota Yogyakarta yang dibuat dalam boot berupa rangkaian seni instalasi yang menggambarkan tentang karakter budaya di tiap kelurahan,” jelas Yetti.

Boot seni instalasi terebut dibuat secara gotong royong oleh para seniman dari tiap kelurahan. Selain itu di embung ini juga digelar panggung pertunjukan, panggung perupa dan sorot (pemutaran film di tempat terbuka) yang merupakan karya para peserta lomba, seniman dan pemerhati budaya jelas Yetti lebih lanjut.

Dalam festival ini juga ditampilkan para juara ilustrasi musik, musikal honocoroko kategori umum dan pelajar dengan hadiah berupa uang pembinaan yang diserahkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (*)

Share :

Baca Juga

Nurbaya diperankan oleh Arawinda Kirana. (Foto: nyatanya.com/Instagram Indonesia Kaya)

Panggung

Indonesia Kaya Garap Serial Musikal Siti Nurbaya
Salah satu agenda seni yang pernah digelar di RH. (Foto: nyatanya.com/Istimewa)

Panggung

RH Dukung Pemberdayaan Seni-Budaya
Titiek Puspa. (Foto: Musica Studio's)

Panggung

Ultah ke-84, Titiek Puspa Dapat Kado Spesial dari Musica Studio’s
Film "Andong (Arisan Bodong)" karya Candradimuka Production, Kebumen, meraih penghargaan “Special Mention” dari Kategori Film Fiksi Kompetisi Ide Cerita. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube KPK/Untung Sutomo/InfoPublik)

Panggung

Ini Dia Pemenang Festival Film Antikorupsi 2021, Siapa Tau Kamu Salah Satunya
Siti Aisyah Mardhiya Amilia yang akrab disapa Amel. (Foto:nyatanya.com/Instagram melamilia_id)

Panggung

Si Cantik Amel yang Viral Karena Wajahnya Mirip Nike Ardilla
Vero Kanaya. (Foto:nyatanya.com/dok.pribadi)

Panggung

Vero Kanaya dan Single ‘Lilo Loro’
Nella Kharisma dan Dory Harsa dengan lagu barunya "Salah Tompo". (Foto: instagram @nellakharisma)

Panggung

Dory Harsa dan Nella Kharisma Garap Single “Salah Tompo”
Ndarboy Genk. (Foto: Instagram @ndarboy_genk)

Panggung

“Ojo Nangis” Ndarboy Genk Raih AMI Awards 2021, Berikut Daftar Lengkap Pemenangnya