Home / Peristiwa

Minggu, 27 Juni 2021 - 09:20 WIB

Festival Kuliner “Keplek Ilat Creative Food”, Upaya Berdayakan UMKM

Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa membuka Festival kuliner “Keplek Ilat Creative Food”. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Solo)

Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa membuka Festival kuliner “Keplek Ilat Creative Food”. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Solo)

NYATANYA.COM, Surakarta – Festival kuliner “Keplek Ilat Creative Food” dibuka Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa, Sabtu (26/6) di nDalem Djojokoesoeman Solo.

Event yang digadang untuk mendukung usaha lokal melalui kolaborasi dan pemberdayaan UMKM kuliner asli khas Solo ini, selain sebagai ajang ajang promosi, juga sekaligus mengenalkan kembali kuliner khas Surakarta di tengah serbuan makanan khas negara luar.

Festival kuliner ini yang didukung Teh Botol Sosro ini diharapkan mampu kembali mengangkat kota Solo sebagai surganya makanan ditengah pandemi sekarang.

Baca juga   Audiensi dengan PT Djarum, Bupati Minta Tembakau Temanggung Dibeli dengan Harga Tinggi

Teguh Prakosa dalam sambutannya menyatakan ke-khas-an kuliner inilah yang mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung ke Kota Solo.

“Solo adalah surganya bagi orang yang suka makan, kalo dalam bahasa jawa disebut keplek ilat. Berbagai makanan dan minuman khas Kota Solo selalu mampu menggugah selera bagi pencinta kuliner nusantara. Seperti tengkleng, sego liwet, wedang rondhe, tahu kupat, bakmi godhok, timlo, gudheg ceker, srabi notosuman, dan lainnya,” terangnya.

Baca juga   Pedagang Kambing Kurban Kebanjiran Pembeli Via Online

Dengan pengembangan wisata kuliner di Kota Solo diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan dan menumbuhkan rantai usaha secara berkelanjutan. Seperti produsen makanan, pemasok bahan baku, hingga ke usaha distribusi bahan makanan. Bahkan juga tidak menutup kemungkinan teknologi pangan yang digunakan untuk membuat inovasi dan kreasi makanan. (*)

Share :

Baca Juga

Masyarakat Karanganyar tak lagi kebingungan mencari oksigen. (Foto: Diskominfo Kab.Karanganyar)

Peristiwa

Pasokan Oksigen di Karanganyar Lancar Jaya Lur
Selain ASN di lingkungan Provinsi Jateng, Peni juga mengatakan aksi borong cabai dari petani juga akan dilakukan oleh ASN di daerah. Hal ini dilakukan untuk membantu petani agar tidak merugi. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Bantu Petani, Ganjar Perintahkan ASN Jateng Borong Cabai
Danramil Tegalrejo Mayor Asil memberikan ucapan HUT ke-75 kepada Kapolsek. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Geruduk Polsek, Prajurit Koramil Tegalrejo Beri Ucapan HUT ke-75 Bhayangkara
Wulan Purnama Sari dari PT Ndayu Alam Asri menyerahkan bantuan beras kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Sragen, Yuniarti. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

PT Ndayu Alam Asri Serahkan Bantuan Beras untuk Masyarakat Sragen Terdampak Pandemi
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat mengunjungi pelaksanaan vaksin di Lapas II A Purwokerto. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Lapas di Jateng Bakal Jadi Kantong Plasma Konvalesen
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melaunching sistem pembayaran cashless payment ADIPATI QRIS dan pojok informasi "Solo Great Sale 2021" di Pasar Gede Harjonagoro. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Mas Wali Luncurkan Sistem Pembayaran ADIPATI QRIS dan “Solo Great Sale 2021”
Sebanyak 37.792 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Temanggung menerima pencairan Bansos dari Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ketiga. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

37.792 KK di Temanggung Terima Bansos PKH
Peti jenazah produksi mantan aktivis mahasiswa UGM. (Foto:nyatanya.com/@anang_batas)

Peristiwa

Prihatin Melonjaknya Kasus Corona, Mantan Aktivis Gelanggang Mahasiswa UGM Patungan Bikin Peti Jenazah