Home / Panggung

Kamis, 16 September 2021 - 14:24 WIB

FKY 2021 “Mereka Rekam” Resmi Dibuka Sri Sultan HB X Secara Daring

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Bowono X dalam sambutan pembukaan FKY 2021 secara daring. (Foto: screenshoot fky.id)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Bowono X dalam sambutan pembukaan FKY 2021 secara daring. (Foto: screenshoot fky.id)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara resmi membuka helatan Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2021 “Mereka Rekam” secara daring, Kamis (16/9/2021) melalui kanal www.fky.id.

Dalam sambutannya, Sri Sultan menyitir ucapan Mahatma Gandhi A nation’s culture resides in the hearts and in the soul of its people, bahwasanya suatu bangsa berada di hati dan jiwa rakyatnya.

“Budaya sekaligus menjadi identitas dan wajah peradaban, karena memang lahir dari manusia melalui cipta, rasa dan karsa, serta diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi,” papar Sri Sultan.

Dijelaskan Sri Sultan, Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal memiliki ragam kekayaan budaya. Upaya pelestarian dan mempromosikan budaya ditempuh dengan berbagai cara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mendekatkan budaya kepada masyarakat, dimana salah satunya melalui Festival Kesenian Yogyakarta yang pertama kali dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 1989.

Baca juga   Disbud Ajak Kemantren se-Yogyakarta Lestarikan Seni Macapat di Era Kekinian

Dalam usianya yang genap ke-30 pada tahun 2019, Festival Kesenian Yogyakarta berubah menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta. Istilah festival budaya jelas lebih relevan dalam mewujudkan orientasi, nilai, konten, dan cakupan kegiatan budaya yang lebih kompleks dengan kombinasi seni yang bersifat tangible maupun intangible.

Festival Kebudayaan Yogyakarta tahun 2021 mengangkat tema “Mereka Rekam” dan “Mereka” memiliki makna yang ambigu. Mereka dibaca mereka memiliki makna orang ketiga jamak atau orang lain yang dibicarakan. Sedangkan “mereka” memiliki makna menyusun, mencari akal, atau memikirkan sesuatu. Sedangkan kata “Rekam” memiliki makna bekas atau kesan dari sesuatu yang diucapkan.

“Mereka dalam “Mereka Rekam” dapat dimaknai dengan pengertian keduanya. Mereka Rekam dapat dianggap mewakili semangat pencatatan budaya yang diusung oleh FKY 2021 yang sebenarnya adalah proses merencanakan dan menyusun sesuatu rekaman kebudayaan,” jelas Sri Sultan.

Baca juga   Dilepas Wagub Paku Alam X, DIY Berangkatkan 1.445 Jemaah Haji 2022

FKY 2021 “Mereka Rekam” akan berlangsung sampai 7 Oktober 2021. Dimana seluruh agenda kegiatannya digelar secara daring di www.fky.id sebagai satu langkah dalam menyikapi pandemi dan menegosiasi cara pandang FKY terhadap kehidupan dan kebudayaan.

Ketua FKY 2021, Doni Maulistya menjelaskan FKY mengangkat visi Pencatatan Budaya. Pencatatan yang dilakukan FKY 2021 merupakan upaya untuk memberi ruang bagi subjek-subjek budaya yang hadir dalam mewakili semangat zamannya, yang mewakili sosok pelaku budaya, dan yang paling utama adalah yang memberikan semangat keberdayaan yang dapat dipelajari bersama.

“FKY 2021 dihadirkan dalam delapan kerangka program, yaitu Pembukaan, Riset, Pameran, Pertunjukan, Wicara, Kompetisi, Highlight Show, dan Penutupan. Melalui situs web, FKY 2021 berusaha memberikan pengalaman festival daring yang berbeda,” tandas Doni Maulistya. (Aja)

Share :

Baca Juga

Salah satu penampilan peserta dalam Festival Ketoprak antar Kemantren yang digelar di Gedung Societet TBY. Foto: Humas Pemkot Yogya

Panggung

Festival Ketoprak antar Kemantren 2022 Digelar di Societet, Usung Tema Sejarah Mataran
Happy Asmara dan lagu baru 'Tak Warahi Carane' (Foto: Instagram @happy_asmara77)

Panggung

Happy Asmara Curhat Lewat Lagu Baru ‘Tak Warahi Carane’
Reza Rahardian saat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Menurut rencana, Malam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2022 akan digelar di kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Panggung

Gelar Malam Nominasi FFI di Borobudur, Reza Rahardian Temui Ganjar Pranowo
Festival Sastra 2022 digelar 6 – 13 November di beberapa titik lokasi di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Panggung

Festival Sastra 2022, Memulihkan Kembali Semangat Kreatif Sastrawan Kota Yogya
Woro Widowati, salah satu penyanyi yang akan tampil di Panggung Senja Indonesia Bertutur 2022. Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Besok di Candi Borobudur, Panggung Senja Meriahkan Festival Indonesia Bertutur 2022
Denny Caknan. Foto: Instagram @denny_caknan

Panggung

Denny Caknan feat Abah Lala “Ojo Dibandingke” Trending Nomor Tiga di YouTube, Berikut Lirik Lagunya
Agnes Monica. Foto:nyatanya.com/Instagram agnezmo

Panggung

Agnez Mo Buka Klinik Gratis untuk Vaksinasi Covid-19
Before, Now & Then (Nana) karya Kamila Andini yang terpilih di Berlin Film Festival. (Foto: Istimewa)

Panggung

Before, Now & Then (Nana) Karya Kamila Andini Terpilih di Berlin Film Festival