Home / Panggung

Minggu, 22 Mei 2022 - 22:36 WIB

From Hands to Something, MKF 2022 Ciptakan Ruang Nyaman Kesenian

Workshop Citrus Studio, membuat keramik yang dapat menjadi aroma terapi atau difuser. Foto:Dok.MKF

Workshop Citrus Studio, membuat keramik yang dapat menjadi aroma terapi atau difuser. Foto:Dok.MKF

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Matra Kriya Festival (MKF) hari kedua, Minggu 22 Mei 2022 dimeriahkan oleh beragam aktivitas.

Semenjak siang, selasar Taman Budaya Yogyakarta (TBY) terlihat penuh dengan hadirnya Workshop Keramik MKF 2022 bersama Citrus Studio yang diikuti belasan peserta.

Pemateri Workshop, Abdul memaparkan, pembakaran Fast Burn Citrus juga menggali fungsi lain dari keramik. Uniknya, Citrus Studio mencoba membuat keramik yang dapat menjadi aroma terapi atau difuser.

Selain workshop keramik, agenda lain tak kalah menarik adalah fashion show yang menyuguhkan busana dari 2 desainer muda yakni, Didik Warsito dan Hesti elfata. Keduanya membawakan busana yang memiliki unsur modern dan tradisional.

Desainer muda, Didik Warsito menampilkan rancangan busananya di panggung Matra Kriya Fest 2022. Foto:Dok.MKF

Melalui karyanya, Didik Warsito mengajak masyarakat memaknai pandemi yang perlahan berakhir ini dengan keceriaan. Seperti tema busananya Esem Guyu.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk kita memulai membiasakan diri hidup berdampingan dengan pandemi untuk berkarya,” papar Didik.

Tak lupa, Fashion show anak juga ikut tampil membawakan busana ecoprint dari Nirwasita Collection.

Baca juga   Lagu "Dengar Alam Bernyanyi" Karya Laleilmanino Jadi Theme Song Y20

“Kami memilih Fashion Show anak untuk edukasi dan regenerasi, kita tahu kesenian dan kebudayaan perlu dipupuk sejak dini. Oleh karena itu sangat penting untuk lebih banyak menampilkan adik-adik kita sebagai wadah kesenian. Pemilihan ecoprint juga menjadi tolok ukur kami bagaimana hari ini kita harus kembali kepada yang alami,” terang Rosanto Bima Pratama selaku Ketua Pelaksana.

Selain itu juga tampil belasan pertunjukan tari tradisional dari SSRNB Familia. Serta, Modern dance dan Dancesport dari Azalea.

Anak usia balita hingga remaja begitu apik dan enerjik tampil di atas panggung utama MKF 2022. Penampilan hari ini ditutup oleh pertunjukan musik dari Candlelight.

Fashion show anak tampil membawakan busana ecoprint dari Nirwasita Collection. Foto:Dok.MKF

Tak berhenti disini, MKF 2022 hadir setiap hari dengan program berbeda. Akan diadakan pula Seminar pada senin, 23 Mei 2022 di Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta. Kegiatan ini gratis, namun perlu reservasi untuk dapat mengikutinya.

Baca juga   Lestarikan Budaya Bangsa, Sukoharjo Gelar Sound of Gamelan #2

Sementara itu, puluhan karya MKF 2022 juga dapat dinikmati di Ruang Galeri Taman Budaya Yogyakarta setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 20.00 WIB.

MKF 2022 mengusung konsep dasar untuk menyuguhkan keajaiban seni yang dihadirkan lewat sentuhan tangan seniman. Karya seni tidak bisa lepas dari bagaimana konsep atau gagasan, pilihan material, dan proses yang dilakoni seniman.

Hubungan ketiga hal ini sangatlah intim. Bagi seniman, material tidak dapat dipisahkan dari masalah konseptual dan realisasi nyata dalam berkarya. Kecerdasan dan aspek craftmanship seniman dalam memanipulasi material inilah yang kemudian memberi nilai lebih atas ekspresi konseptual.

“Diharapkan seniman dapat melahirkan karya yang menampilkan ornamen unik, menyuguhkan detail, serta eksperimen media baru yang akan memperkaya dimensi kompleksitas kekaryaan,” beber Bimo.

Tidak hanya menunjuk pada kemampuan seniman dalam mengartikulasikan fragmen imaji mereka, tetapi juga dengan pertimbangan material untuk mencapai gagasan tersebut.

(*/Aja)

Share :

Baca Juga

Selama delapan hari di Dubai Expo, Abdi Dalem Mataya mengisi repertoar tari di beberapa ruang pertunjukan. (Foto: kratonjogja.id)

Panggung

Repertoar Tari Klasik Keraton Yogyakarta Memukau Paviliun Indonesia di Dubai Expo
The Dance Company. (nyatanya.com/nagaswara)

Panggung

The Dance Company Rilis Single ‘Ayo Kawin!’
Puthut (nomor dua dari kanan) foto bersama dengan peserta asal Indonesia dan India usai pementasan budaya di Kolkata India. Foto: Ist

Panggung

Pentas Budaya di India, Puthut Ardianto Suarakan Kondisi Lingkungan Hidup
Salah satu pentas monolog yang digelar TWN. (Foto: nyatanya.com/Sulis)

Panggung

Sukses Pentas Monolog, TWN Siap Garap Film Pendek
Sri Sultan saat menghadiri Gala Premier Film Losmen Bu Broto, di Studio 1, Empire XXI, Jalan Urip Sumohardjo, Yogyakarta, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

Panggung

Tayang di Bioskop 18 November 2021, Sri Sultan Apresiasi Film Losmen Bu Broto

Panggung

Lagu ‘Cidro 2’ Happy Asmara Bertahan di Puncak Dangdut Top 20
Film "Andong (Arisan Bodong)" karya Candradimuka Production, Kebumen, meraih penghargaan “Special Mention” dari Kategori Film Fiksi Kompetisi Ide Cerita. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube KPK/Untung Sutomo/InfoPublik)

Panggung

Ini Dia Pemenang Festival Film Antikorupsi 2021, Siapa Tau Kamu Salah Satunya
Penampilan Noto dan Swingayogya di Panggung Bregas Ngayogjazz 2021 “Tetep Ngejazz Lan Waspada”. (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

Ngayogjazz 2021, Kemeriahan di Tengah Kewaspadaan