Home / Wisata

Minggu, 7 November 2021 - 11:23 WIB

Gairahkan Pelaku Wisata, Kemehub Beri Subsidi Angkutan VW di Borobudur

Menhub Budi dan sejumlah pejabat menjajal langsung tour dengan menggunakan VW Safari dan Jeep dari Balgondes Wanurejo menuju Candi Borobudur. (Foto: Humas Kemenhub)

Menhub Budi dan sejumlah pejabat menjajal langsung tour dengan menggunakan VW Safari dan Jeep dari Balgondes Wanurejo menuju Candi Borobudur. (Foto: Humas Kemenhub)

NYATANYA.COM, Magelang – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan subsidi kepada angkutan Volkswagen (VW) Club yang menjadi angkutan wisata di sekitar kawasan Bodobudur melalui skema Buy The Service (BTS).

Subsidi ini merupakan bagian dari program dukungan angkutan orang kawasan tertentu di kawasan wisata Borobudur. Selain untuk semakin menarik minat kunjungan wisatawan, program ini juga bertujuan untuk memberikan mata pencaharian bagi masyarakat sekitar.

“Kami berkolaborasi dengan VW Club di kawasan Candi Borobudur, untuk memberikan kesempatan anak-anak muda, yang tadinya belum bekerja, mendapatkan suatu kesempatan bekerja. Yang tadinya hanya sekedar hobi, menjadi kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan pendapatan,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, masih dalam kegiatan Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PKNJ), yang diselenggarakan Ditjen Hubdat Kemenhub di kawasan wisata Borobudur, Magelang, Sabtu (6/11/2021).

Baca juga   Masjid Soko Tunggal yang Unik dan Sarat Filosofi di Tamansari

Sementara itu Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengungkapkan, selain di Borobudur, subsidi serupa juga akan diberikan di sejumlah kawasan wisata lainnya.

“Subsidi ini berlaku 1 tahun, yaitu berupa subsidi tarif. Katakan tarifnya sekarang Rp10 ribu, sementara kemampuan masyarakat Rp5 ribu. Nanti Rp5 ribu itu yang kami subsidi,” ujar Dirjen Budi.

Baca juga   Finishing, Wisata Air Terbesar di Pekalongan Rampung 31 Desember 2021

Terkait faktor keselamatan, Dirjen Budi mengungkapkan, angkutan yang diberikan subsidi harus memenuhi standar keselamatan. Kendaraan tersebut nantinya akan dilakukan uji KIR secara berkala.

“Kami bekerjasama dengan Dishub, untuk mobil VW dan Jeep dilakukan uji KIR tiap 6 bulan sekali oleh Dishub Kabupaten Magelang. Jadi keselamatan harus terjamin,” tegasnya. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Pawai Alegoris Harmoni Jogja 2022 di Dermaga Cinta, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Sabtu (16/7/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Wisata

Pawai Alegoris Harmoni Jogja 2022, Geliat Wisata Air di Tengah Kota
Wisata edukasi Taman Pintar Yogyakarta miliki beberapa alat peraga baru yang bisa dinikmati wisatawan, terutama saat libur akhir tahun. Foto: Humas Pemkot Yogya

Wisata

Ada yang Baru di Taman Pintar lho, Liburan Akhir Tahun di Yogya Makin Seru
Pemberdayaan SDM Kampung Dolanan Walitelon Utara yang digelar atas kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Sabtu (12/2/2022). (Foto: MC.TMG)

Wisata

Wisata Edukasi demi Tumbuh Kembang Anak di Kampung Dolanan Walitelon
Foto: Dok Birkom Kemenparekraf

Wisata

Liburan Sekolah, Ini Destinasi Wisata Unggulan Rekomendasi Menparekraf
Pengukuhan desa wisata di Pendapa Museum Kartini, Kamis (16/6/2022) oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Rembang Mutaqin. Foto: Kominfo Remban

Wisata

Tambah 12 Desa, Kabupaten Rembang Kini Miliki 28 Desa Wisata
Bangunan Jembatan Jalur Aksis Budaya di Sungai Elo Mendut tinggal dalam proses penyelesaian kerapian. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Pembangunan Jembatan Jalur Aksis Budaya Mendut Sudah Selesai
Akibat cuaca buruk yang sering terjadi, khususnya di bulan Januari ini, aktifitas pendakian Gunung Sindoro, khususnya yang melalui Kabupaten Temanggung ditutup untuk sementara. (Foto: MC.TMG)

Wisata

Cuaca Buruk, Pendakian Gunung Sindoro Ditutup
Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi sebuah destinasi wisata yang patut dikunjungi ke komunitas global. Foto: Amiriyandi/InfoPublik

Wisata

Puji Destinasi Wisata Labuhan Bajo, Delegasi Korea Rekomendasikan ke Komunitas Global