Home / Panggung

Sabtu, 18 September 2021 - 12:31 WIB

Galeri Lorong Gelar Festival Gotong Royong “Self-care for Worldwide Solidarity”

NYATANYA.COM, Bantul – Galeri Lorong menggelar Festival Gotong Royong 2021 dengan tema “Self-care for Worldwide Solidarity” yang digelar 18 September – 1 Oktober 2021 di Galeri Lorong Dusun Jeblok RT 01 Dukuh 3, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Festival Gotong Royong #1 kali pertama ini dijalankan oleh Galeri Lorong. Sebagai sebuah ruang, Lorong berusaha menantang diri untuk selalu inovatif dan kreatif di situasi serba terbatas seperti pandemi Covid-19 ini.

“Self-Care for Worldwide Solidarity” dipilih sebagai tema Festival Gotong Royong #1. Dalam situasi pandemi, peduli pada (kesehatan) diri sendiri sangat penting yang kemudian akan menjadi langkah solider pada lingkungan; sebagaimana menggunakan masker bukan hanya untuk menjaga diri sendiri, tetapi juga untuk menjaga orang lain.

Baca juga   Bentrok Penonton Pentas Musik di Seven Sky Lippo Plaza Yogya, Ini Masalahnya Hingga Sri Sultan Angkat Bicara

“Akhirnya, peduli diri sendiri berarti merupakan partisipasi kita dalam solidaritas dunia luas. Tentang saling menjaga dengan sesama, festival ini bekerjasama dengan Rapel.id dan Dumaks,” terang Galeri Lorong dalam rilisnya, Jumat (17/9/2021).

Kedua komunitas ini memiliki fokus terhadap pengolahan sampah, Rapel.id khusus pengolahan sampah unorganic sedangkan Dumask pada sampah masker dan sarung tangan medis.

Selama festival berlangsung, kedua komunitas ini akan menyediakan kotak sampah yang dari hasilnya akan didaur ulang, baik itu sampah unorganic (domestik) maupun sampah masker.

Baca juga   Peringati Sumpah Pemuda, Sanggar Banyu Bening Gelar Pesona Budaya Indonesia

Selain itu, dengan menerapkan sistem pengolahan sampah seperti itu akan mengedukasi masyarakat untuk dapat mengolah sampahnya secara mandiri. Karena dengan mengolah sampah kita masing-masing sama halnya dengan peduli terhadap keberlangsungan hidup secara global.

Festival Gotong Royong #1 berisikan workshop, pasar dan pameran. berbagai macam Workshop dipillih festival ini berdasarkan kebutuhan saat ini untuk merawat kesehatan individu.

Pasar dihadirkan bukan sekedar kepentingan ekonomi, namun juga perihal merawat pertemanan. Dan pameran yang dibagi menjadi tiga bagian; inovatif, kreatif dan inofatif. (Aja)

Share :

Baca Juga

Pameran tunggal Agung Bule kali ini akan menjadi perwujudan karya seni unik yang mengeksplorasi tema 'Disorder' dalam berbagai dimensi kompleksitas manusia. (Foto: Istimewa)

Panggung

Jiwa Gallery Menggelar Pameran Tunggal Seniman Berbakat Agung Bule Bertajuk ‘Disorder’
Aldy (dua dari kanan) foto bersama kedua orangtuanya dan kakaknya. Foto: Ist

Panggung

Setahun Hasilkan Lebih 1.000 Karya Lukis, Pelukis Difabel Raynaldi Halim Diganjar Rekor MURI 
Ifan Seventeen. (Foto:nyatanya.com/YouTube Dory Harsa Music)

Panggung

Ifan Seventeen dan Dory Harsa Garap ‘Kemarin’ Versi Jawa
Will Smith dan Jada Pinkett. (Foto: Instagram @TheAcademy)

Panggung

Buntut Aksi Menampar Chris Rock di Ajang Oscar 2022, Will Smith Mundur dari Komite Academy Award
Bioskop di Yogyakarta. Foto: jadwalnonton.com

Panggung

Jadwal Bioskop di Yogya Hari Ini, Lengkap dengan Harga Tiketnya, Kamu Mau Nonton Dimana?
Ndarboy di panggung Prambanan Jazz Festival 2022. Foto: Afif Kamil

Panggung

Ndarboy dan Kukuh Prasetyo Kudamai Bikin “Ambyar” Prambanan Jazz Festival 2022
Ganjar Pranowo menikmati musik pengamen Boyolali. Foto: Humas Jateng

Panggung

Momen Ganjar Request Lagu ‘Bojo Galak’ pada Pengamen Boyolali
Jane Shalimar. (Foto:nyatanya.com/Instagram @janeshalimar_1)

Panggung

Setelah Berjuang Melawan Covid-19, Jane Shalimar Meninggal Pagi Tadi