Home / News

Sabtu, 2 April 2022 - 14:22 WIB

Ganjar Minta Masyarakat Tetap Taat Prokes Selama Ramadan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Tegal – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat untuk tetap taat menjaga protokol kesehatan (prokes) selama Ramadan. Termasuk saat menjalankan ibadah salat tarawih berjemaah.

“Ini kan yang dirindukan dalam Ramadan, salat tarawih bersama. Tapi saya minta tolong tarawihnya tetap jaga prokes, semua tetap pakai masker, dibuat jarak,” kata Ganjar, Jumat (1/4/2022).

Ditambahkan, ketaatan menjaga prokes tersebut dapat meminimalkan potensi penularan Covid-19, tentunya di samping upaya pemerintah untuk menggenjot vaksinasi dan vaksin booster.

Ganjar berharap ketaatan prokes masyarakat bisa berlangsung selama Ramadan, hingga nanti menghadapi arus mudik dan lebaran 2022.

Baca juga   Mobil Layanan Vaksinasi Covid-19 Pemkot Yogya Mulai Dioperasikan

“Kami akan pantau dan menghitung nanti sampai mudik, termasuk arusnya dan sekarang sudah kami siapkan. Kita siap antisipasi. Untuk masyarakat tetap jaga prokes, itu saja, dan selamat menjalankan ibadah puasa,” bebernya.

Terkait arus mudik yang sudah tidak ada penyekatan, Ganjar menyampaikan, persiapan sudah dilakukan sejak dini. Koordinasi dengan kepolisian dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus dijalin.

Hal itu untuk menentukan skenario-skenario menghadapi arus mudik, di mana hasil riset Kemenhub diperkirakan akan ada 900.000 kendaraan bermotor pemudik yang melintas.

Selain koordinasi dengan kepolisian dan Kemenhub, Ganjar juga berkoordinasi dengan daerah atau titik-titik keberangkatan pemudik. Misalnya Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Baca juga   Perlu Kejujuran Pengelola Tempat Hiburan Tegakkan Prokes

Ganjar juga berupaya menjaga kebutuhan bahan pokok. Pantauan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Jawa Tengah terus dilakukan. Sebab saat Ramadan ada beberapa bahan pokok yang cenderung naik.

“Misalnya minyak goreng, kita akan gas lagi dalam beberapa hari ini. Kalau tidak salah Jateng tanggal 3-4 April akan mendapatkan kucuran minyak goreng cukup banyak, khususnya yang harga Rp14 ribu. Mudah-mudahan bisa membantu, yang dagang jalan, UMKM jalan, kemudian kegiatan jalan,” pungkas Ganjar.

(N1)

Share :

Baca Juga

Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaur Bin Ops) Satuan Reserse dan Kriminal Polres Boyolali, Iptu Wikan Sri Kadiyono saat berikan keterangan kepada wartawan di Mapolres Boyolali. (Foto: Diskominfo Boyolali)

News

Kebangeten! Yang Lain Berjuang Lawan Corona, Oknum Ini Malah Ngeprank
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berhasil membuat lompatan pemulihan kinerja positif pada tahun buku 2021. Laba bersih tahun 2021 tercatat Rp10,89 triliun, tumbuh 232,2% year on year (yoy), atau tiga kali lipat dari profit tahun 2020. (Foto: BNI)

News

Naik 3 Kali Lipat, BNI Bukukan Laba Bersih Rp10,89 Triliun
Mahfud MD. Foto: Jhon/ InfoPublik

News

Berlaku Tiga Tahun Lagi, Menko Polhukam: KUHP Bukan untuk Lindungi Presiden
Siswa SMP di Kabupaten Temanggung mulai mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

Siswa SMP di Temanggung Mulai Divaksin Covid-19
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

Waga Yogyakarta Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan, Ini Penjelasan BMKG
Serpihan pesawat latih milik TNI AU yang jatuh di Blora. Foto: Ist/@Jateng_Twit)

News

Pesawat Latih TNI AU Jatuh di Blora Saat Uji Terbang Malam
Presiden China Xi Jinping (kiri) berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) sebelum mengikuti sesi pembukaan KTT G20, di Nusa Dua, Bali, Selasa, 15 November 2022. Foto: G20 Indonesia Media Center/Galih Pradipta

News

Indonesia Banjir Pujian di Penyelenggaraan KTT G20, Joe Biden: Indonesia Rekan Aktif dan Krusial bagi Amerika Serikat
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di SDN 3 Nglinduk, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/1/2022). (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Tinjau Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Grobogan