Home / Wisata

Sabtu, 11 September 2021 - 18:25 WIB

Ganjar Minta Wisata Karimunjawa Diujicobakan Terbatas

Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Karimunjawa, Jumat (10/9/2021). Dengan pengembangan Bandara Dewandaru Ganjar berharap paket wisata segera dibuka.(Foto: Diskominfo Jateng)

Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Karimunjawa, Jumat (10/9/2021). Dengan pengembangan Bandara Dewandaru Ganjar berharap paket wisata segera dibuka.(Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Jepara – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta untuk dilakukan ujicoba wisata di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, secara terbatas dengan sistem paket. Hal itu seiring dengan upaya pengembangan Bandara Dewandaru yang berlokasi di Kemujan, pulau tersebut.

Keberadaraan bandara yang resmi beroperasi sejak 2018 itu sebagai jalur alternatif wisata ke Karimunjawa. Namun, sejak pandemi Covid-19, bandara sempat tidak melayani penerbangan karena minimnya wisatawan dan berbagai kebijakan dalam penanganan Covid-19.

“Kita ingin vaksin (di Karimunjawa) bisa seratus persen. Dinkes sepakat termasuk dari Jepara, tiga hari vaksin bisa seratus persen (di Karimunjawa),” ujar Ganjar, saat meninjau Bandara Dewandaru, Jumat (10/9/2021).

Baca juga   Hari Pertama Sekolah, Tiara Dapat Hadiah Laptop dari Ganjar Pranowo

Ditambahkan, pada 2021, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah berhasil melakukan pembebasan lahan seluas 1,6 hektare untuk pengembangan bandara.

“Bandara yang sudah siap, saya usulkan kita membuka uji coba wisata terbatas dengan kategori uji coba. Harapannya kalau perusahaan penerbangan bisa diajak uji coba, maka yang dari Jakarta, Bali, dan Surabaya bisa datang ke Karimunjawa,” paparnya.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu menegaskan, membuka kran wisata harus tetap mengutamakan protokol kesehatan.

“Dengan cara itu ekonomi mulai bergerak lagi dengan prokes ketat,” tegasnya.

Diakui, pengendalian Covid-19 di Karimunjawa sangat bagus. Namun, ia tetap menekankan agar cakupan vaksinasi dapat mencapai 100 persen.

Baca juga   Cerita Karimunjawa Setelah Listrik Menyala 24 Jam

“Pengendalian Covid-19 di Karimunjawa bagus, bahkan tadi di Desa Parang nol persen (kasus). Masyarakatnya bebas, asyik itu. Tapi tetap kita ingin seratus persen (vaksinasi),” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan, pada 2021 Pemprov Jateng telah membebaskan lahan 1,6 hektare untuk pengembangan bandara. Lahan itu rencananya akan dibangun gedung terminal penumpang,” tandasnya.

Secara rinci, rencana induk Bandara Dewandaru yakni lahan eksisting area bandara 21,87 hektare, lahan eksisting luar bandara 2,36 hektare, total kebutuhan lahan 22,19 hektare.

“Bandara Dewandaru sebenarnya sudah beroperasi, tapi karena pandemi jadi penumpangya minim,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pelaksanaan “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng. (Foto:Humas Pemkot Magelang)

Wisata

Pemkot Magelang Gelar “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng
Rumah Apung Bangsring menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Banyuwangi. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Woowww! Indahnya Pesona Rumah Apung Bangsring Banyuwangi
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah dan DIY mengikuti simulasi uji coba pembukaan Taman Wisata Candi Prambanan dengan aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Instagram @media_twc)

Wisata

Hari Ini Candi Prambanan Dibuka untuk Wisatawan dengan Aplikasi PenduliLindungi
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menerima secara simbolis bantuan posko Gumaton dari Pertamina. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Dukung Pariwisata Yogya, Pertamina Serahkan Posko Gumaton
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti membagikan gelang vaksin bagi pelaku usaha wisata di Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Pemkot Yogya Bagikan Gelang Vaksin bagi Pelaku Usaha Wisata
Pelaku wisata di Bukit Cinta menerima bantuan sembako dari Pemkab Semarang. (Foto:Diskominfo Kab Semarang)

Wisata

Pelaku Wisata di Bukit Cinta Terima Bantuan Sembako
Vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif digelar Dinas Pariwisata DIY di Kawasan Hutan Pinus Mangunan dan Geosite Ngingrong. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Wisata

Percepatan Vaksinasi Pelaku Wisata, Ikhtiar Bangkit Bersama Sektor Pariwisata
Wisata Campervan menjadi salah satu alternatif menarik, wisata di masa pandemi. (Foto:nyatanya.com/media TWC)

Wisata

Asyiknya Menikmati Malam di Borobudur dengan Campervan