Home / Peristiwa

Jumat, 17 September 2021 - 22:34 WIB

Ganjar Pranowo Tancap Gas Majukan Radio Daerah se-Indonesia

Ganjar Pranowo usai penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Umum Indonesiapersada.id dari ketua lama Saifullah Yusuf di Pasuruan Jawa Timur. (Foto: Diskominfo Jateng)

Ganjar Pranowo usai penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Umum Indonesiapersada.id dari ketua lama Saifullah Yusuf di Pasuruan Jawa Timur. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Pasuruan – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung tancap gas memajukan radio daerah setelah terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah se Indonesia (Indonesiapersada.id).

Demikian Ganjar Pranowo usai acara penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Umum Indonesiapersada.id dari ketua lama Saifullah Yusuf atau Gus Ipul kepada Ganjar Pranowo di halaman Gedung Gradika, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021).

“Sebenarnya kalau dari obrolan dengan Gus Ipul, PR nya sudah jelas dan kita sudah ketemu pengurus-pengurusnya. Sudah sempat ngobrol dengan daerah. Ada beberapa hal kelembagaannya, SDM-nya, kita bicara konten dan kreasinya, termasuk adaptasi dengan kondisi sekarang,” kata Ganjar.

Menurutnya, dukungan pemerintah sangat dibutuhkan, karena radio daerah milik pemerintah daerah, dan itu yang mesti dikomunikasikan. Beberapa di antaranya, soal sinyal yang tidak ada sehingga radio daerah tidak bisa siaran.

“Kalau sinyalnya enggak ada, pengurus mesti membantu. Itu daerahmu di mana? Kalau tadi obrolannya kita lebih bisa berisi konten dengan para pendengar sekalian, ya kita bisa tahu. Itu enggak lama-lama kok. Tak teleponi saja menterinya kemudian kita bisa ngobrol. Di situ bagaimana? Blank spot (tak tersentuh sinyal) oke. Bagaimana dengan telepon dan provider-nya,” terang Ganjar solutif.

Baca juga   Polres Magelang Salurkan Bantuan Beras 8,8 Ton dari Kemenko Marves

Ditambahkan, masalah itu pernah diujicobakan di sebuah sekolah, saat para siswa harus belajar di rumah. Ganjar pun mengomunikasikan ke sejumlah pihak terkait seperti BUMN. Hasilnya, itu bisa diselesaikan seminggu saja.

Ganjar juga akan memberikan pelatihan dan kerja sama. Karena Indonesiapersada.id ini fundamennya sudah diletakkan oleh Gus Ipul. Tugasnya kini hanya meneruskan.

Termasuk sudah berkomunikasi dengan RRI, TVRI dan Dewan Pers, agar awak radio daerah juga dibekali kemampuan mumpuni. Misalnya saja, saat ini mendekati even olahraga PON di Papua.

“Katakan mau PON nih, daerah-daerah enggak bisa berangkat karena enggak punya identitas. Kita traininglah, sehingga mereka bisa menjadi profesional. Selebihnya, adaptasi teknologi kalau enggak bisa, ditinggal pasti,” ujarnya.

Baca juga   Setelah Sempat Kosong, Sekda Jateng Kini Dijabat Sumarno

Ganjar bersama anggota Indonesiapersada.id telah membahas mengenai UU Penyiaran yang baru. Makanya, lanjut dia, Indonesiapersada. Id penting untuk meletakkan posisinya, dan angkat bicara.

“Kalau kita bicara maka kita mesti menyiapkan tim kecil. Kemarin sudah kita omongkan. Ayo dikaji, isinya apa. Kita berakses kepada dewan, berakses pada pemerintah. Bukan tidak mungkin kita datang ke sana. Kebetulan saya dan Gus Ipul juga pernah di sana. Insyaallah teman-teman ada tinggal dirumuskan pada sisi kepentingannya,” ucap Ganjar optimistis.

Gus Ipul menambahkan, saat ini dengan keterpilihan Ganjar menjadi Ketua umum Indonesiapersada.id, merupakan momen konsolidasi radio milik pemerintah daerah.

“Mereka punya kendala frekuensi, kendala teknologi, internet. Banyak kendala, insyaallah kita bantu,” kata Gus Ipul. (*)

Share :

Baca Juga

Petani Temanggung siap panenn raya tembakau. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Tembakau 18.519 Hektare Temanggung Siap Dipanen
Sedikitnya lima macam jamu tradisional diracik oleh 12 peserta untuk disajikan ke para juri Lomba Meracik Jamu di Museum R Hamong Wardoyo. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Nguri-uri Warisan Leluhur, Disdikbud Boyolali Gelar Lomba Meracik Jamu
Para pelanggar Perda Miras saat diajukan ke persidangan.(Foto:nyatanya.com/Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Langgar Perda Miras, 10 Orang Didenda Rp3 Juta
Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X dalam agenda komsos dengan Korem 072/Pamungkas. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Korem 072/Pamungkas Gelar Komsos dengan Pemda DIY
Penyaluran BST di Kota Yogyakarta terus dikebut. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Penyaluran BST di Yogya Terus Dikebut, Realisasi 94 Persen
Meski jumlahnya sedikit, namun di Kabupaten Temanggung tercatat masih ada temuan kasus rabies. Vaksinasi rabies menjadi urgen dilakukan. (Foto:Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

DKPPP Temanggung Sediakan 350 Vaksin Rabies Gratis
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya pada diskusi media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertajuk "Expo 2020 Dubai: Etalase Indonesia di Kancah Dunia" secara virtual, Kamis 7 Oktober 2021. (Foto:infopublik)

Peristiwa

Dubai Expo 2020 Dongkrak Sektor Pariwisata Indonesia
Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa membuka Festival kuliner “Keplek Ilat Creative Food”. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Solo)

Peristiwa

Festival Kuliner “Keplek Ilat Creative Food”, Upaya Berdayakan UMKM