Home / Peristiwa

Senin, 17 Januari 2022 - 15:41 WIB

Ganjar Raih Penghargaan Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia sebagai Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. (Foto: Humas Jateng)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia sebagai Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia sebagai Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. Ganjar juga berhasil membawa Pemprov Jateng meraih dua penghargaan.

Penghargaan diterima Gubernur Ganjar Pranowo dalam acara yang digelar di The Sultan Hotel, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Dua penghargaan yang diterima Jateng, yakni Provinsi dengan koordinasi pengelolaan zakat terbaik, dan Provinsi/Kabupaten/Kota dengan inovasi pengumpulan zakat terbaik. Baznas juga menominasikan Jateng dalam tiga kategori penghargaan lainnya.

Gubernur Ganjar menyampaikan, Baznas menjadi salah satu andalan untuk menyelesaikan berbagai persoalan di Jateng.

“Ini hasil kerja keras teman-teman Baznas dan Pemprov Jateng yang sudah nyengkuyung bareng bersedekah, dan semoga tidak berhenti di sini. Saya senang karena pengelolaan Baznas Jateng jauh lebih modern. Peruntukannya tidak hanya untuk charity atau pemberian, tapi juga untuk bantuan-bantuan yang sifatnya produktif,” kata Ganjar.

Baca juga   Ferdy Sambo Minta Maaf ke Polri dan Masyarakat Terkait Pembunuhan Brigadir J

Selain Ganjar, sejumlah kepala daerah di Jateng juga menerima penghargaan pendukung gerakan zakat Indonesia. Yakni, Kabupaten Kendal, Kudus, dan Kota Semarang.

Kolaborasi antara Pemprov dan Baznas Jateng dibangun Ganjar dalam masa kepemimpinannya. Seperti diungkapkan saat menerima Ketua Baznas RI Nur Ahmad, melalui Baznas, Ganjar menyelesaikan beragam persoalan. Salah satunya dalam hal pemberdayaan masyarakat.

“Kawan-kawan Baznas Jawa Tengah sudah berpraktik yang empowering (memberdayakan). Misalnya pemberdayaan ekonomi, terus kemudian ada pelatihan, dan sertifikasi. Prinsipnya dalam penanggulangan kemiskinan peran Baznas cukup sentral, sehingga kalau kita bisa mengoptimalkan kolaborasi antara Pemda, Pemprov, dan juga Baznas, saya rasa akan menjadi kekuatan bagus,” ujarnya.

Baca juga   Ganjar Kawal Langsung Atlet PON XX Jateng ke Papua

Salah satu upaya Ganjar berkolaborasi dengan Baznas Jateng adalah menghimpun zakat dari Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov Jateng yang dilakukan di masa kepemimpinannya.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2021 Penghimpunan zakat aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah (Baznas) Jateng tembus Rp57 miliar.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi bersama warga bantaran Kali Code ikut melakukan Reresik Kali Code yang dilaksanakan di Ruas Kali Code Kampung Jogoyudan pada Minggu (19/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Reresik Kali Code, Semoga Rutin Dilakukan dan Bukan Hanya Sebatas Seremonial
ASN di Sekretariat Daerah (Setda) dan Bappeda Litbangda antusias membeli paket sayuran dari petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Dorong Peningkatan Harga Komoditas Pertanian, Gerakan ASN Beli Cabai Berlanjut
Ganjar Pranowo membuka UKW angkatan ke-35 PWI Jateng, di Hotel Khas Semarang, Rabu (24/8/2022). Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Buka UKW PWI Jateng, Ganjar: Warna Rumah Indonesia Ada di Tangan Wartawan
Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi oleh shelter mandiri Warungboto Tangguh. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Shelter Mandiri Warungboto Tangguh Gelar Vaksinasi Massal
Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menerima vaksinasi lanjutan (Booster) dosis 3 di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Senin (17/1/2022). (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Launching Vaksinasi Covid-19 Booster bagi Masyarakat
Acara dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Indonesia Bidik Raja Industri Halal". (Foto: Tangkapan Layar Youtube FMB9)

Peristiwa

Indonesia Harus Menjadi Raja Industri Halal Dunia
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Ditangkap, Pencuri yang Bobol Rumah Pemain PSS Sleman Ternyata Mantan ART Korban
Pers conference penangkapan WNA ilegal di Kantor Imigrasi Surakarta. (foto: istimewa)

Peristiwa

Petugas Imigrasi Sergap 23 WNA Ilegal yang Lagi Ngumpet di Kamar Kost