Home / News

Selasa, 29 Maret 2022 - 10:54 WIB

Ganjar Turunkan Tim, Gelar Diskusi dengan Warga Wadas

Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menggelar forum diskusi terbuka terkait persoalan Wadas. Diskusi akan digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Selasa (29/3/2022) hari ini.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo seusai memimpin rapat evaluasi penanganan persoalan Wadas, di Ruang Rapat Gedung A Lantai 2 Kantor Gubernur, Senin (28/3/2022). Hadir dalam acara itu, Kepala BBWS Serayu Opak, Kepala Kanwil BPN, dan jajaran dinas terkait.

“Besok mereka (warga Wadas) mengundang kami untuk diskusi di UGM. Ya kita akan siap untuk datang dan menjelaskan. Itu forum yang sangat bagus untuk kita melakukan sosialisasi kembali, sehingga kita bisa mendapatkan sesuatu yang clear,” kata Ganjar.

Baca juga   Banjir di Pati, Ganjar: Pengungsi Sudah Tertangani, Tinggal Selesaikan Perbaikan Tanggul

Ditambahkan, pihaknya menggelar rapat hari ini untuk memastikan berbagai persiapan terkait penanganan kasus Wadas dan Bendungan Bener. Semua pihak yang terlibat harus siap dan bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat dalam diskusi itu secara clear.

“Hari ini kita rapat untuk evaluasi dan memantau perkembangan. Karena kami komitmen untuk menyelesaikan persoalan Wadas ini. Apa yang sudah dilakukan, ternyata pelatihan sudah, bantuan untuk anak SD sudah, trauma healing sudah,” ujar Ganjar.

Selain itu, lanjut dia, rapat juga digunakan untuk mendapat penjelasan secara teknis. Semua aspek dibahas, termasuk geologis, lingkungan, sosial, proses dan prosedur, serta pengurusan IPL dan Amdal.

Baca juga   Berlaku Mulai 28 Oktober 2021, Ini Aturan Baru Penerbangan Dalam Negeri Saat Pandemi

“Itu saya minta persiapkan semuanya, dan disampaikan pada masyarakat. Mudah-mudahan itu bagian yang bisa membuka pengetahuan bersama, biar lebih enak,” jelas gubernur.

Dalam pertemuan itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jateng, Peni Rahayu mengatakan, setidaknya ada lima isu yang akan didiskusikan pada acara itu. Di antaranya tentang rencana dan fungsi Bendungan Bener, Amdal dan isu lingkungan, proses penetapan lokasi dan aspek hukum.

“Ada juga terkait penjelasan metode dan teknik pengambilan batu andesit dan pascapengambilan batu. Termasuk juga penanganan dampak sosial dari proyek Bendungan Bener,” ujarnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Pengunjung mengamati produk yang dijual pada gelaran UMKM bertajuk 'Handep Market' di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (29/1/2022). Pameran berbagai produk UMKM Kota Palangkaraya yang diinisiasi oleh Handep tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik terhadap produk lokal dalam upaya mengangkat daya tawar pemasaran. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj)

News

Kembangkan UMKM, G20 Jalur Keuangan Dorong Penguatan Basis Data
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Foto: Dok.YouTube Presiden Jokowi

News

Sah! Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Resmi Menjadi Suami Istri, Mas Kawin Logam Mulia 10, 12, 20, dan 22 Gram, Ini Maknanya
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam Rapat Penanganan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Perketat Perizinan, Pemkab Kebumen Bentuk 6 Tim Khusus
Yogyakarta International Airport. (Foto: Instagram @bandarayogyakarta)

News

Hadapi Mudik Lebaran, Bandara YIA Tambah 10 Ekstra Flight
Rekayasa lalu lintas one way kembali diberlakukan di ruas tol Jasa Marga. (Foto: Jasa Marga)

News

Km 47 Tol Jakarta-Cikampek-Km 414 GT Kalikangkung Tol Batang-Semarang Berlaku Satu Arah
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menghentikan aksi satu kapal ikan asing pencuri ikan berbendera Malaysia, yang beroperasi di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 571 Selat Malaka. (Foto: Humas KKP)

News

KKP Gagalkan Aksi Kapal Ikan Ilegal Berbendera Malaysia di Selat Malaka
Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit memberikan penghargaan kepada M. Luthfi Farchan di SMP 30 Semarang. Foto: Tribratanews/Polda Jateng

News

Polda Jateng Apresiasi Aksi Spontanitas Pelajar SMP Lancarkan Arus Lalin Saat Bus Terbakar
Bank Indonesia (BI) meluncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 Kamis (18/8/2022). Foto: Ist/InfoPublik.id

News

Bank Indonesia Luncurkan Uang Kertas Tahun Emisi 2022, Ini Nominal dan Gambarnya