Home / News

Kamis, 15 Juli 2021 - 12:27 WIB

Gantikan RS Darurat, RSUD Budi Rahayu Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19

RSUD Budi Rahayu jadi rumah sakit rujukan menggantikan rumah sakit darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

RSUD Budi Rahayu jadi rumah sakit rujukan menggantikan rumah sakit darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Pemerintah Kota Magelang menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Budi Rahayu, menjadi rumah sakit rujukan Covid-19. Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang tidak mampu terlayani di rumah sakit rujukan lainnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, dr Intan Suryahati mengatakan, pemanfaatan rumah sakit yang berada di Jalan Urip Sumoharjo Magelang itu untuk menggantikan rumah sakit darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius yang sebelumnya difungsikan sebagai IGD. Dengan demikian, RSUD Budi Rahayu dapat melayani IGD sekaligus rawat inap.

“IGD Darurat di kompleks Gelora Sanden kita pindahkan ke RS Budi Rahayu. Fungsinya tidak hanya IGD, tapi juga rawat inap, sehingga menjadi rumah sakit rujukan Covid-19,” ujarnya, Selasa (13/7/2021).

Intan menerangkan, setelah menjadi rujukan Covid-19, kapasitas RSUD Budi Rahayu bertambah 16 tempat tidur (TT). Sebelumnya, kapasitas di bekas rumah sakit bersalin ini sebanyak 40 TT, sehingga saat ini total menjadi sebanyak 56 TT.

Baca juga   Boleh Tidak ASN Jadi Personel Badan Adhoc Pemilu? Begini Tanggapan KPU

“Yang sebelumnya karantina atau isolasi OTG di Budi Rahayu, kita pindahkan di tempat isolasi yang ada. Di antaranya Hotel Borobudur, Hotel Safira, dan Poltekkes. Semoga dengan tambahan rumah sakit rujukan ini bisa mampu menangani pasien Covid-19 yang kasusnya sampai saat ini masih cukup tinggi,” katanya.

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyatakan, difungsikannya RSUD Budi Rahayu ini merupakan upaya Pemkot untuk melayani pasien Covid-19 sebaik mungkin, dengan fasilitas yang baik pula.

Ditambahkan, beberapa pekan terakhir ini lonjakan kasus aktif Covid-19 memang tinggi. Sehingga rumah sakit rujukan tidak mampu melayani pasien Covid-19 yang baru. Pihaknya bahkan sempat mendirikan rumah sakit darurat di lapangan indoor Moncer Serius di kompleks Gelora Sanden.

Baca juga   Pasca-erupsi Gunung Semeru, Warga Diimbau Hindari Aliran Sungai Besuk Kobokan

“Kita fungsikan RSUD Budi Rahayu ini menjadi rumah sakit rujukan untuk memaksimalkan perawatan penderita Covid-19,” katanya.

Sebelum RSUD Budi Rahayu, terang wali kota, rumah sakit rujukan pasien Covid-19 Kota Magelang sudah ada di RSUD Tidar, RST dr Soedjono Magelang, dan RSJ Prof Dr Soerojo Magelang. Selain itu, dua rumah sakit swasta juga melayani pasien Covid-19, yakni RS Harapan dan RS Lestari Raharja.

Adapun lapangan tenis indoor Moncer Serius kini menjadi lokasi tes swab, yang sebelumnya membeludak di Labkes Kota Magelang. Pelayanan tes swab ini dibuka setiap Senin, Rabu, dan Kamis. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: BPMI Setpres

News

Ini Tiga Kategori Bantuan Pemerintah bagi Rumah Terdampak Gempa di Cianjur
Sihono HT, Hudono dan Nuryadi berbincang soal Grha Pers Pancasila. Foto: Dok.PWI DIY

News

Wujudkan Visi Yogya Pusat Pers Pancasila, DPRD DIY Dukung Rencana PWI Bangun Grha Pers Pancasila
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: InfoPublik)

News

Surplus Neraca Perdagangan pada Oktober 2021 Catat Rekor Tertinggi
Presiden Joko Widodo melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI yang baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (Foto: Tangkapan layar BPMI)

News

Presiden Jokowi Lantik Andika Perkasa sebagai Panglima TNI
Foto: Ist

News

Permendagri yang Baru, Penulisan Nama di Dokumen Kependudukan Tidak Boleh 1 Kata
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X saat mengikuti Rakor Sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bersama Kemenkomarivest Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

PPKM Level 4 Diperpanjang! Ini Alasanya
Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke tiga negara yakni Italia, Inggris Raya, dan Persatuan Emirat Arab menggunakan pesawat berbadan lebar milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia. (Foto: BPMI)

News

Kunjungi Tiga Negara, Kenapa Presiden Jokowi Menggunakan Garuda Indonesia?
Purnawirawan polisi beserta isteri menaiki becak yang dikayuh Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold HY Kumontoy. (Foto: dokumen Polres Karanganyar)

News

Menaiki Becak, Pelepasan Purnawirawan Polri Ikuti Tradisi Pedang Pora