Home / News

Kamis, 15 Juli 2021 - 12:27 WIB

Gantikan RS Darurat, RSUD Budi Rahayu Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19

RSUD Budi Rahayu jadi rumah sakit rujukan menggantikan rumah sakit darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

RSUD Budi Rahayu jadi rumah sakit rujukan menggantikan rumah sakit darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Pemerintah Kota Magelang menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Budi Rahayu, menjadi rumah sakit rujukan Covid-19. Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang tidak mampu terlayani di rumah sakit rujukan lainnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, dr Intan Suryahati mengatakan, pemanfaatan rumah sakit yang berada di Jalan Urip Sumoharjo Magelang itu untuk menggantikan rumah sakit darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius yang sebelumnya difungsikan sebagai IGD. Dengan demikian, RSUD Budi Rahayu dapat melayani IGD sekaligus rawat inap.

“IGD Darurat di kompleks Gelora Sanden kita pindahkan ke RS Budi Rahayu. Fungsinya tidak hanya IGD, tapi juga rawat inap, sehingga menjadi rumah sakit rujukan Covid-19,” ujarnya, Selasa (13/7/2021).

Intan menerangkan, setelah menjadi rujukan Covid-19, kapasitas RSUD Budi Rahayu bertambah 16 tempat tidur (TT). Sebelumnya, kapasitas di bekas rumah sakit bersalin ini sebanyak 40 TT, sehingga saat ini total menjadi sebanyak 56 TT.

Baca juga   Sudah Lebihi Target, Kuota Vaksin di Surakarta akan Dialihkan ke Soloraya

“Yang sebelumnya karantina atau isolasi OTG di Budi Rahayu, kita pindahkan di tempat isolasi yang ada. Di antaranya Hotel Borobudur, Hotel Safira, dan Poltekkes. Semoga dengan tambahan rumah sakit rujukan ini bisa mampu menangani pasien Covid-19 yang kasusnya sampai saat ini masih cukup tinggi,” katanya.

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyatakan, difungsikannya RSUD Budi Rahayu ini merupakan upaya Pemkot untuk melayani pasien Covid-19 sebaik mungkin, dengan fasilitas yang baik pula.

Ditambahkan, beberapa pekan terakhir ini lonjakan kasus aktif Covid-19 memang tinggi. Sehingga rumah sakit rujukan tidak mampu melayani pasien Covid-19 yang baru. Pihaknya bahkan sempat mendirikan rumah sakit darurat di lapangan indoor Moncer Serius di kompleks Gelora Sanden.

Baca juga   Magelang Lanjutkan PPKM Level 3

“Kita fungsikan RSUD Budi Rahayu ini menjadi rumah sakit rujukan untuk memaksimalkan perawatan penderita Covid-19,” katanya.

Sebelum RSUD Budi Rahayu, terang wali kota, rumah sakit rujukan pasien Covid-19 Kota Magelang sudah ada di RSUD Tidar, RST dr Soedjono Magelang, dan RSJ Prof Dr Soerojo Magelang. Selain itu, dua rumah sakit swasta juga melayani pasien Covid-19, yakni RS Harapan dan RS Lestari Raharja.

Adapun lapangan tenis indoor Moncer Serius kini menjadi lokasi tes swab, yang sebelumnya membeludak di Labkes Kota Magelang. Pelayanan tes swab ini dibuka setiap Senin, Rabu, dan Kamis. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Nyatanya.com/istimewa

News

Waspada Gempa Susulan, Gempa Blitar Dirasakan Warga Yogyakarta

News

Kominfo Blokir Situs Palsu pedulindungiq.com
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Hari Ini Yogya Tambah 783 Kasus, Total Menjadi 56.246 Kasus
Vaksin Covid-19 merek AstraZeneca donasi Pemerintah Prancis tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (2/10/2021) pukul 15.20 WIB. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

News

Indonesia Kembali Terima 600.000 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Prancis
Jalan Kusumanegara ditutup mulai perempatan SGM. (Foto:nyatanya.com/Humas Kota Yogya)

News

Mobilitas Masyarakat Terus Diperketat, Akses Jalan Kampung pun Dibatasi
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini 560 Warga DIY Sembuh Covid-19, Meninggal 13 Orang
Ribuan pelajar di Kabupaten Magelang disasar vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Intelijen Negara. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

9.000 Pelajar dan Santri Magelang Jadi Sasaran Vaksinasi BIN
Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mencoba menempelkan kartu ATM beras yang berisi saldo tiga kilogram dan lima kilogram beras di Rice Truck. (Foto: Diskominfo Salatiga)

News

“Rice Truck” Salurkan 1 Ton Beras di Salatiga