Home / Peristiwa

Minggu, 15 Agustus 2021 - 08:21 WIB

Garda Wiratama, Panggilan Hati Bantu Tangani Pandemi

Mantri Kemantren Tegalrejo Antariksa Agus Purnama mengukuhkan 13 relawan Garda Wiratama. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Mantri Kemantren Tegalrejo Antariksa Agus Purnama mengukuhkan 13 relawan Garda Wiratama. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Mantri Kemantren Tegalrejo Antariksa Agus Purnama mengukuhkan 13 relawan yang tergabung pada Tim Relawan Garda Wiratama di Kelurahan Tegalrejo Yogyakarta, Sabtu (14/8/2021).

Agus berharap dengan di kukuhkannya tim Garda Wiratama ini semoga kedepannya akan lebih banyak lagi tim dari berbagai wilayah yang ikut berkontribusi dalam penanganan bencana.

“Ini merupakan relawan yang paling eksis. Sebelumnya sudah ada lima relawan yang ada di Kota Yogya dalam menangani kasus pemakaman dan penanganan bencana alam. Tim ini baru dikukuhkan tapi giat sudah kita rasakan sejak 3-4 bulan terakhir, tim selalu aktif dalam pelaksanaan kegiatan Covid-19. Saya mengucapkan terimakasih kepada bu lurah yang selalu memfasilitasi kegiatan mereka. Kedepannya dukungan dari lpmk, kelembagaan dapat memberikan penganggaran untuk kegiatan garda wiratama,” ungkapnya.

Baca juga   Bupati Klaten Bagikan Bantuan Pangan untuk PKL Alun-alun

Agus menambahkan, tugas kemanusiaan tidak bisa dipaksa dan tidak bisa dimobilisasi, namun berjalan dengan insting kemanusiaan. Diharapkan dengan tim ini akan mempermudah dan membantu bersama-sama dalam upaya bersama pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan Covid-19.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Tegalrejo, Surti Mariyani mengatakan, terbentuknya tim Garda Wiratama ini bermula dari pelatihan Kampung Tangguh Bencana (KTB) sejak Mei 2021. Dari situlah awal mula terbentuknya aksi cepat tim Garda Wiratama.

“Adanya virus Covid-19 ini tidak bisa diabaikan, dari tim Garda Wiratama sampai saat ini sudah melaksanakan berbagai kegiatan terutama mengadakan edukasi ke wilayah dengan alat sederhanan yang kita miliki. Kita berkeliling ke wilayah mengadakan seruan ke masyarakat bagaimana walau di rumah tetap menerapkan 5M protokol kesehatan. Selain itu, kita juga mengadakan penyemprotan se-Tegalrejo terutama pada warga yang isoman,” ujarnya.

Baca juga   Tempat Ibadah di Magelang Dibuka, Tapi Tidak untuk Berjemaah

Adanya Tim Garda Wiratama merupakan murni panggilan jiwa hati nurani mereka dalam menangani pandemi di wilayah Tegalrejo ini.

“Untuk anggota ada yang spesial yakni kita memiliki dua ASN, mereka ikut dalam Tim Garda Wiratama, hal ini menunjukkan kami tidak pilih-pilih dan mengedepankan pelayanan ke masyarakat. Lalu satu lagu yang perlu kita apresiasi yakni ada salah satu perempuan yang berprofesi sebagai dokter dengan rela ikut bergabung sebagai tim Garda Wiratama,” ungkapnya.

Dengan perasaan haru dan bersemangat Surti mengatakan, ia hanya bisa mendoakan agar semua yang diupayakan dapat berjalan dengan lancar dan selalu sehat. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi vaksin Covid-19 bagi ibu hamil. (Foto:dokumentasi/humas kab bantul)

Peristiwa

1.100 Ibu Hamil Jadi Sasaran Vaksin Pemkot Yogya
Ketua Dekranasda Wonosobo, Dyah Afif Nurhidayat, menjelaskan, hak kekayaan intelektual. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Perajin Batik Didorong Patenkan Merek Dagang Lewat HKI
Ganjar Pranowo. (nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pranowo Sepakat, Polisi Periksa Kades Grobogan yang Dangdutan
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat melakukan peninjauan vaksinasi massal di Gereja Katolik Paroki ST Yoseph Medari. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Paroki ST Yoseph Medari Gelar Vaksinasi Massal
Vaksinasi yang digelar Pemkot Yogyakarta di SMPN 8, Senin (19/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Targetkan Agustus Seluruh Warga Yogya Telah Divaksin
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo secara simbolis menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas berat. (Foto:nyatanya.com/Humas Sleman)

Peristiwa

Pemkab Sleman Serahkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas Berat
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau vaksinasi di GOR Satria Purwokerto, Jumat (6/8/2021). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Dari 28 Juta Warga di Jateng Baru 18,83 Persen yang Divaksin
Bupati Agus Bastian meresmikan armada baru bagi Damkar Purworejo. (Foto: Diskominfo Purworejo)

Peristiwa

Tingkatkan Kinerja, Damkar Purworejo Tambah Armada