Home / Peristiwa

Jumat, 30 September 2022 - 09:32 WIB

Gebyar Foto dan Pameran Keris Warnai Perayaan HUT ke-266 Kota Jogja

NYATANYA.COM, Yogyakarta – HUT ke-266 Kota Jogja akan berlangsung lebih dari satu pekan memiliki beberapa kegiatan.

Salah satunya adalah Gebyar Foto dan Pameran Keris yang dilaksanakan di XT Square Yogyakarta selama empat hari yakni 6 – 9 Oktober 2022 mulai pukul 14.00 hingga 22.00 WIB.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta Ignatius Trihastono menjelaskan kegiatan ini terbagi dalam berbagai kegiatan antara lain pameran foto kategori pelajar hasil dari lomba fotografi dengan peserta dari siswa perwakilan SMP di Kota Yogyakarta.

Pameran foto kategori umum dengan peserta masyarakat umum dengan tema foto ‘Destinasi Wisata di Wilayah Kota Yogyakarta’.

“Foto yang dapat ikut adalah foto yang diambil secara administrasi di wilayah Kota Yogyakarta. Misalnya, tempat wisata Monumen Jogja Kembali tidak dapat diikutsertakan karena secara administrasi berada di wilayah Sleman,” jelas Trihastono di Kantor Dinkominfosan pada Kamis (29/9/2022).

Baca juga   12 Hektare Sawah dan Satu Jembatan Rusak Diterjang Banjir di Lampung Tengah

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfosan Edy Sugiharto menjelaskan pemilihan juara tidak hanya berdasarkan kurasi dari para juri.

Pada saat pameran, panitia akan menyediakan scan barcode yang nantinya melalui scan barcode ini pengunjung dapat berkontribusi dalam memberikan penilaian terhadap foto yang dipajang.

“Dalam menentukan pemenang kami ingin menyatukan hasil penilaian dari juri dan masyarakat (pengunjung). Karena kami yakin pasti ada perbedaan pandangan dalam penilaian hingga selera,” tambahnya.

Dari foto-foto yang masuk akan dipilih 70 foto untuk dipamerkan dan dipilih juara 1, 2, dan 3 dengan hadiah berupa uang pembinaan. Juara pertama senilai Rp5 juta, juara kedua Rp4,5 juta dan juara ketiga Rp4 juta.

Pada kegiatan Gebyar Foto dan Pameran Keris juga akan ditampilkan Pameran Foto Jogja Tempoe Doeloe. Pameran ini didukung oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Yogyakarta sebagai penyumbang foto-foto arsip Kota Yogyakarta masa lampau.

Baca juga   HUT ke-266 Kota Jogja Targetkan 1 Juta Wisatawan Berkunjung

“Foto-foto yang akan ditampilkan akan didominasi foto-foto pemeliharaan seputaran Malioboro yaitu trotoar dan taman pada tahun 70an,” terang Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Eko Budi Baskoro.

Bersamaan dengan pameran foto, hadir juga pameran keris yang dimotori oleh Paguyuban Pecinta Keris Kota Yogya. Keris yang akan dipamerkan antara lain Keris Pulanggeni peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Ada juga keris peninggalan era Singosari yang usianya sekitar 800 tahun.

“Pameran keris ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada kalangan anak muda bahwa keris merupakan sebuah kesenian dan jaman sekarang tidak digunakan sebagai senjata,” jelas Ketua Sentral Komunitas Tosan Aji Yogya Fajar Utama.

(Chi/N1)

Share :

Baca Juga

(Foto: Twiter @BPPTKG)

Peristiwa

Gunung Merapi Alami 120 Kali Gempa Guguran, 27 Kali Guguran Lava
Korban jiwa akibat bencana hidrometeorologi basah yang terjadi di Kota Jayapura bertambah. Selain banjir, guyuran hujan lebat juga memicu terjadinya tanah longsor hingga mengakibatkan enam orang meninggal dunia hingga Jumat, (7/1/2022) pukul 9:30 WIB. (Foto: BNPB)

Peristiwa

Update! Korban Meninggal Akibat Banjir di Jayapura Menjadi 6 Orang
Press conference pengungkapan kasus peredaran narkotika di Polda Riau. (Foto: MC Prov.Riau)

Peristiwa

Tim Gabungan Gagalkan Peredaran 15 Kg Sabu Lewat Pelabuhan Roro Dumai
Warga Bantul berinisial ISK (35) dan ES (45) dibekuk polisi lantaran diduga melakukan penimbunan BBM bersubsidi jenis solar. Foto: @polresbantul

Peristiwa

Modifikasi Tangki Mobil Menjadi Berkapasitas 500 Liter, Dua Warga Bantul Diciduk Polisi
Perkumpulan Masyarakat Surakarta menyerahkan bantuan beras kepada Pemkot Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Peduli Pandemi, Perkumpulan Masyarakat Surakarta Serahkan 9.000 Paket Beras untuk Warga Terdampak
Banjir rob terjadi di sejumlah kelurahan yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Selasa (7/12/2021), pukul 01.30 WIB. (Foto: BPBD Kota Medan)

Peristiwa

Banjir Rob Genangi Sejumlah Kelurahan di Wilayah Kota Medan
Para pengusaha Indonesia dan China menandatangani nota kesepahaman (MoU) proyek injeksi kimia dan teknologi digital untuk industri minyak dan gas di Indonesia. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Pengusaha RI-China Teken Nota Kesepahaman Proyek Kimia
Pengecekan barang bukti dilaksanakan terkait dengan tersangka FS, tersangka REPL, tersangka RRW, tersangka KM, dan tersangka P. Foto: dok. Puspenkum

Peristiwa

JPU Lakukan Pengecekan Barang Bukti Kasus Pembunuhan Brigadir J