Home / Panggung

Jumat, 7 Oktober 2022 - 12:36 WIB

Gebyar Pameran Foto Angkat Pesona Wisata Yogya Dari Masa ke Masa

Foto: Humas Pemkot Yogya

Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gebyar Pameran Foto dan Keris yang merupakan bagian dari semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja menampilkan 145 karya foto bertema ‘Destinasi Wisata di Wilayah Kota Jogja’.

Sebanyak 20 foto Kota Jogja tempoe doloe dan 80 keris dari Komunitas Tosan Aji Yogya dipamerkan di XT Square mulai Kamis (6/10/2022) sampai Minggu, 9 Oktober 2022.

Opening Gebyar Pameran Foto dan keris dibuka dengan memotret secara serempak oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Kota Yogyakarta Kadri Renggono, Asisten Administrasi Umum Kota Yogyakarta Kris Sarjono Sutejo dan Direktur Utama Bank Jogja Kosim Junaedi.

Foto: Humas Pemkot Yogya

Pameran diikuti oleh pelajar SLTP, MTs atau sederajat dan juga untuk kalangan umum. Antusiasme masyarakat yang luar biasa, terdapat lebih dari 1.000 foto yang masuk ke Dewan Juri. Oleh karena itu, foto diseleksi kembali untuk dipamerkan.

Baca juga   Identitas Pembunuh Budi Utomo Terindentifikasi, Kini Diburu Polisi

Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mengirimkan hasil karya fotonya untuk mengikuti Lomba Fotografi Mangayubagyo HUT Kota Jogja.

“Melihat besarnya atensi serta antusiasme segenap masyarakat dan pelajar SMP Kota Yogyakarta dalam mengirimkan hasil karya fotonya memperlihatkan besarnya minat akan hobi fotografi pada masyarakat, juga sebagai media bagi peminat fotografi untuk mengasah keterampilan serta wawasan dalam teknik pengambilan foto yang tepat dan menarik,” ujar Sumadi pada pembukaan Gebyar Pameran Foto dan Keris di XT Square pada Kamis (6/10/2022).

Sumadi berharap dengan Gebyar Pameran Foto dan Keris dapat meningkatkan kecintaan terhadap budaya, sejarah Kota Jogja, sejarah perjuangan bangsa, filosofi Jawa, serta pelestarian bangunan-bangunan heritage yang ada di Kota Yogyakarta.

Baca juga   Pelawak Kawakan Eddy Gombloh Meninggal Dunia di RS dr Sardjito Jogja, Dimakamkan Hari Ini di Jakarta

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta turut menyumbang 20 foto Kota Jogja tempoe doeloe.

“Foto yang dipamerkan kegiatan revitalisasi kawasan Malioboro sekitar tahun 1974,” ujar Kepala Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Eko Budi Baskoro.

Selain itu juga terdapat pameran keris. Pada pameran itu disediakan bilik konsultasi keris dan warangan gratis. Pameran keris ini diharapkan menjadi media pengenalan kebudayaan kepada kalangan anak muda.

“Pameran kali ini terdapat 30 pusaka milik kolektor DIY. Keris yang akan dipamerkan antara lain Laler Mengen Tangguh Majapahit, Brojol Pajajaran yang berusia kurang lebih 700 tahun,” jelas Ketua Sentral Komunitas Tosan Aji Yogya Fajar Utama.

Pengunjung juga dapat memberikan penilaian untuk foto-foto yang dipamerkan dengan scan barcode yang diletakan di pintu masuk pameran.

(Chi/N1)

Share :

Baca Juga

Pagelaran Wayang Beber dalam rangka pengenalan wayang sebagai salah satu warisan budaya bangsa. (Foto: Istimewa)

Panggung

Peringatan Hari Warisan Dunia di Candi Sewu Berlangsung Meriah

Panggung

Biennale Jogja XVI Equator #6 Mempertemukan Indonesia-Oseania
Pensilterbang Art Mural Project di Kampung Sayidan. (Foto:Dok.Pensilterbang)

Panggung

Seni Mural Sudah Ada Sejak Prasejarah, Kini Makin Cair Difungsikan
Konser Gamelan hari pertama Yogyakarta Gamelan Festival ke-28 di Plaza Ngasem berlangsung meriah. (Foto: Dok.YGF)

Panggung

Alunan Slendro Pelog Siswa SD hingga Kolaborasi Seniman Indonesia-Mexico Meriahkan Konser YGF28
Godod menunjukan salah satu karya yang dipajang dalam pameran. Foto: Ist

Panggung

Lima Perupa Gaek Gelar Pameran Bersama di Posnya Seni Godod
Sutradara Film Bara (The Flame), Arfan Sabran (kiri) didampingi produser Gita Fara saat jumpa pers dengan wartawan, Minggu (28/11/2021). (Foto: Istimewa)

Panggung

The Flame, Film Dokumenter Kakek Pejuang Hutan Adat Kalimantan yang Sarat Pesan
Luna Maya. (Foto: Instagram @lunamaya)

Panggung

Unggahan Luna Maya Jadi Ketua RT Rupanya Bikin Heboh, Ini Faktanya
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan para seniman dan budayawan di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (10/2/2022). (Foto: BPMI Setpres)

Panggung

Terima Kunjungan Seniman dan Budayawan, Presiden Jokowi: Terapkan Prokes Ketat Pertunjukan Seni Dapat Digelar