Home / Wisata

Rabu, 28 September 2022 - 22:57 WIB

Gemar Memural, Upaya Gaet Generasi Milenial Kunjungi Museum

Foto: Humas Bantul

Foto: Humas Bantul

NYATANYA.COM, Bantul – Sebagai upaya meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat terutama kalangan muda untuk berkunjung ke museum, Rabu (28/9/2022) digelar Sarasehan Kebangsaan dan Peresmian Mural dalam rangka Hari Karangtaruna 2022 di Museum Taman Tino Sidin, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.

Museum Taman Tino Sidin merupakan museum yang menyimpan koleksi karya Tino Sidin. Beliau adalah seorang guru gambar yang dulu sering tampil di layar televisi (TVRI) dan mampu menyihir anak-anak untuk mengembangkan imajinasinya. Selain dikenal sebagai pelukis, Tino Sidin juga seorang pejuang kemerdekaan.

Baca juga   Merawat Peradaban "Local Heroes", Karya Instalasi Heru Siswanto di Song Art Exhibition

Sarasehan Kebangsaan dan Peresmian Mural ini merupakan sinergi dari Pemerintah Kabupaten Bantul serta Karang Taruna yang dipadukan dengan museum di Kabupaten Bantul.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo saat acara Sarasehan Kebangsaan dan Peresmian Mural dalam rangka Hari Karangtaruna 2022. Foto: Humas Bantul

Dengan kegiatan ini, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo meyakini bahwa masyarakat terutama generasi muda dapat memahami sejarah di Yogyakarta, terutama di Kabupaten Bantul.

“Dengan integrasi baru antara Karang Taruna dan Pemerintah Kabupaten Bantul, yang dipadukan dengan museum, sejarah akan tetap bisa diketahui oleh generasi muda dengan cara memberdayakan museum di Bantul dan melibatkan Karang Taruna dari segala lini,” ucap Joko.

Baca juga   Ramadan, Polres Bantul Gencar Razia Mercon dan Knalpot Blombongan

Beliau juga menambahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kebudayaan didampingi Forum Komunikasi Museum Indonesia Kabupaten Bantul secara rutin melakukan dialog antar pengelola museum bersama masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat memahami sejarah terutama di Bantul.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bantul juga memberikan fasilitas program Wajib Kunjung Museum untuk anak sekolah maupun masyarakat.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Tak hanya rapat kerja dan rapat pleno nasional. B2W juga gowes bareng di sekitar kawasan wisata Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Komunitas Bike To Work Gowes Bareng di Borobudur
Bermain congklak atau dakon jadi salah satu pilihan permainan tradisional di Kampoeng Dolanan Desa Bumiharjo, Borobudur Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Mengulik Serunya Permainan Tradisional di Kampoeng Dolanan Borobudur
Bangunan Jembatan Jalur Aksis Budaya di Sungai Elo Mendut tinggal dalam proses penyelesaian kerapian. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Pembangunan Jembatan Jalur Aksis Budaya Mendut Sudah Selesai
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo resmikan operasional lokasi wisata di Kaliurang. Peresmian operasional ditandai dengan peninjauan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di tiga lokasi wisata Kaliurang, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Humas Sleman)

Wisata

PPKM Turun Level, Obwis Kaliurang Kembali Dibuka
Salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Temanggung. Tahun 2023 ini Pemkab setempat akan fokus mengembangkan wisata alam. Foto: MC TMG

Wisata

Tahun Ini Temanggung Fokus Kembangkan Wisata Alam, Lima Kecamatan Jadi Prioritas
Asosiasi Pengusaha Pelayaran Rakyat (Pelra) Jawa Timur & Bali kerjasama dengan Pemprov Jatim dan Pelindo, selama tiga hari, 1-4 Maret 2022 menulusuri obyek wisata di pulau-pulau kecil di Kabupaten Sumenep, seperti Gili Iyang, Gili Genting, Salarangan di Kepulauan Kangean. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Wisata

Bangkitkan Wisata Bahari, Pelra, Pemprov Jatim, Pelindo Telusuri Pulau Kecil dengan Phinisi
Keindahan wisata alam kawasan Telomoyo siap menyambut liburan Lebaran 2022. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Ini Pilihan Wisata Magelang di Kawasan Telomoyo yang Siap Sambut Libur Lebaran
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin saat mengikuti simulasi ujicoba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jumat (17/9/2021). (Foto:Instagram @media_twc)

Wisata

Ratusan DTW Dibuka, Pemprov Jateng Bangkitkan Wisata Aman