Home / Wisata

Rabu, 28 September 2022 - 22:57 WIB

Gemar Memural, Upaya Gaet Generasi Milenial Kunjungi Museum

Foto: Humas Bantul

Foto: Humas Bantul

NYATANYA.COM, Bantul – Sebagai upaya meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat terutama kalangan muda untuk berkunjung ke museum, Rabu (28/9/2022) digelar Sarasehan Kebangsaan dan Peresmian Mural dalam rangka Hari Karangtaruna 2022 di Museum Taman Tino Sidin, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.

Museum Taman Tino Sidin merupakan museum yang menyimpan koleksi karya Tino Sidin. Beliau adalah seorang guru gambar yang dulu sering tampil di layar televisi (TVRI) dan mampu menyihir anak-anak untuk mengembangkan imajinasinya. Selain dikenal sebagai pelukis, Tino Sidin juga seorang pejuang kemerdekaan.

Baca juga   Hanya Ada di Indonesia, Atraksi Budaya 'Bau Nyale' di MotoGP 2022

Sarasehan Kebangsaan dan Peresmian Mural ini merupakan sinergi dari Pemerintah Kabupaten Bantul serta Karang Taruna yang dipadukan dengan museum di Kabupaten Bantul.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo saat acara Sarasehan Kebangsaan dan Peresmian Mural dalam rangka Hari Karangtaruna 2022. Foto: Humas Bantul

Dengan kegiatan ini, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo meyakini bahwa masyarakat terutama generasi muda dapat memahami sejarah di Yogyakarta, terutama di Kabupaten Bantul.

“Dengan integrasi baru antara Karang Taruna dan Pemerintah Kabupaten Bantul, yang dipadukan dengan museum, sejarah akan tetap bisa diketahui oleh generasi muda dengan cara memberdayakan museum di Bantul dan melibatkan Karang Taruna dari segala lini,” ucap Joko.

Baca juga   DAMRI Layani Tranportasi Jawa-Bali, Berikut Jadwal dan Harga Tiketnya

Beliau juga menambahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kebudayaan didampingi Forum Komunikasi Museum Indonesia Kabupaten Bantul secara rutin melakukan dialog antar pengelola museum bersama masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat memahami sejarah terutama di Bantul.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bantul juga memberikan fasilitas program Wajib Kunjung Museum untuk anak sekolah maupun masyarakat.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Menhub Budi dan sejumlah pejabat menjajal langsung tour dengan menggunakan VW Safari dan Jeep dari Balgondes Wanurejo menuju Candi Borobudur. (Foto: Humas Kemenhub)

Wisata

Gairahkan Pelaku Wisata, Kemehub Beri Subsidi Angkutan VW di Borobudur
Wisatawan sedang membuat gerabah di workshop gerabah milih Zumaroh di Desa Nglipoh Kecamatan Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Pengelola Wisata Borobudur Siap Sambut Wisatawan Nataru dengan Protokol Kesehatan
Pemkab Kulon Progo akan menggarap Glamour Camping sebagai upaya mengembangkan wisata Bukit Cubung. (Foto: MC Kab Kulon Progo/humas)

Wisata

Pemkab Kulon Progo Kembangkan Glamour Camping di Wisata Bukit Cubung
Salah satu objek wisata di Batang yang mulai dikunjungi pelancong. (Foto: MC Batang)

Wisata

Obwis di Batang Mulai Pasang Aplikasi PeduliLindungi
Selama uji coba trayek, tarif dipatok Rp30.000 untuk rute Terminal Ir Soekarno—Bandara YIA dan Terminal Ir Soekarno—Kampung Girpasang. Sementara untuk rute Terminal Ir Soekarno-Rowo Jombor Rp15.000 sekali perjalanan. (Foto: Kominfo Klaten)

Wisata

Asyik! Sekarang Wisata ke Girpasang Bisa Naik Bus DAMRI, Segini Tarifnya
Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar, baik dari kalangan karang taruna, petani, dan pelaku UMKM. (Foto:Diskominfo Jateng)

Wisata

Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Masuk 50 Besar Pilihan Kemenparekraf
Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

Wisata

PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik
Momen libur Natal, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengalami peningkatan pengunjung dibandingkan dengan hari sebelumnya. (Foto:humas/beritamagelang)

Wisata

Libur Natal, Wisatawan Candi Borobudur Meningkat