Home / Peristiwa

Jumat, 2 Juli 2021 - 22:01 WIB

Gembleng ASN Berkualitas, Pemkot Yogya Bentuk ‘Jogja Corporate University’

(Ilustrasi: nyatanya.com)

(Ilustrasi: nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas dan mengembangkan kompetensi para ASN. Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta membentuk Jogja Corporate University (Corpu).

Kepala Bagian Organisasi Pemkot Yogyakarta, Patricia Heny Dian Anitasari, mengatakan selama ini pengembangan kompetensi ASN biasanya dikenal dengan kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) tatap muka dan peserta terbatas. Oleh sebab itu Bagian Organisasi Pemkot Yogyakarta menginisiasi dengan membentuk Jogja Corporate University.

“Jogja Corpu untuk pengembangan kompetensi dan kemampuan ASN Pemkot Yogyakarta. Pengembangan sumber daya manusia menjadi tuntutan untuk birokrasi yang lincah, paham tugas pokok fungsi, visi misi kepala daerah dan tujuan pembangunan,” kata Heny dalam video telekonferensi, Kamis (1/7/2021) sebagaimana dirilis Humas Pemkot Yogya.

Baca juga   Gerakan Kampung Panca Tertib Turunkan Pelanggaran Perda

Heny Dian Anitasari menyatakan, konsep Jogja Corpu mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 17 tahun 2020 tentang perubahan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa pengembangan kompetensi dilaksanakan melalui pendekatan sistem pembelajaran terintegrasi (corporate university). Di samping itu mengadopsi beberapa kementerian dan perusahaan- perusahaan yang mengembangkan corporate university.

“Belum banyak pemerintah daerah yang menjalankan corporate university. Di DIY, Kota Yogyakarta menjadi pemerintah daerah pertama yang mencoba mengembangkan corporate University,” paparnya.

Menurutnya, melalui Jogja Corpu bisa menjadi sarana pembelajar antar ASN. Misalnya ASN yang sudah mengikuti diklat dapat membagikan ilmunya ke pegawai lain. Diharapkan setiap organisasi pemerintah daerah (OPD) di Pemkot Yogyakarta menjadi organisasi pembelajar untuk memperbarui ilmunya. Di setiap OPD akan dibentuk Corpu Unit untuk memastikan pengembangan kompetensi ASN berjalan dengan baik.

Baca juga   Gibran Instruksikan Jajarannya Percepat Vaksinasi

“Berbagai ilmu tidak orientasi individu, tapi organisasi perangkat daerah harus sharing knowledge. Misalnya belum lama ini ada sharing knowledge dari Diskominfosan soal pengelolaan website OPD,” ucap Heny.

Untuk memastikan agar program Jogja Corpu bisa berjalan, dia menyampaikan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Yogyakarta akan menyusun knowledge management system dan membentuk unit guna verifikasi. Ditambahkan rencana melakukan uji coba pelaksanaan Jogja Corpu dengan tema menyusun standar pelayanan publik yang baik dan benar. (*)

Share :

Baca Juga

Polres Temanggung aktif sadarkan masyarakat untuk disiplin terapkan protokol kesehatan. (Foto:Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Polres Temanggung Gencar Sadarkan Warga Disiplin Prokes
Pelakasanaan vaksinasi di gerai vaksin Polres Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Polres Boyolali Buka Gerai Vaksin untuk Masyarakat
RSUD Nyi Ageng Serang Kulonprogo kini memiliki unit generator oksigen sendiri. (Foto: Humas Kulonprogo)

Peristiwa

RSUD Nyi Ageng Serang Kini Produksi Oksigen Sendiri
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanam tanaman hias pucuk merah bersama pengurus Rotary Club Solo. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Ajak Masyarakat Hijaukan Solo
Gibran Rakabuming menerima bantuan CSR dari PT Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah berupa 785 bibit tanaman. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Solo)

Peristiwa

Jasa Raharja Serahkan 785 Bibit Tanaman untuk Hijaukan Solo
Duta Anak Kota, menumbuhkan kreativitas baru anak-anak di Kota Yogyakarta dimasa pandemi. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Duta Anak Kota Yogya Siap Berkarya dalam Kondisi Apapun
Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengunjungi sentra vaksinasi di Objek Wisata Curug Sewu Patean. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kendal)

Peristiwa

Kendal Percepat Vaksinasi Melalui 5 Sentra
UGM bergerak cepat bantu atasi melonjaknya kasus Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Dok UGM)

Peristiwa

Kasus Covid-19 Melonjak, UGM Siapkan 136 Kamar