Home / News

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 11:49 WIB

Gempa Bumi Berkekuatan M 4,8 Guncang Bali, Tiga Warga Dilaporkan Meninggal

Bangunan runtuh akibat gempa bumi berkekuatan M 4,8 terjadi 8 km barat laut Karangasem, Sabtu (16/10), pukul 03.18 WIB. (Foto: BNPB)

Bangunan runtuh akibat gempa bumi berkekuatan M 4,8 terjadi 8 km barat laut Karangasem, Sabtu (16/10), pukul 03.18 WIB. (Foto: BNPB)

NYATANYA.COM, Karangasem – Gempa bumi dengan magnitudo (M) 4,8 terjadi 8 km barat laut Karangasem, pada hari ini, Sabtu (16/10), pukul 03.18 WIB. Guncangan gempa berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan bangunan di wilayah Kabupaten Karangasem dan Bangli, Provinsi Bali.

Dalam keterangan yang diterima InfoPublik, Sabtu (16/10/2021), Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali menginformasikan penanganan darurat masih berlangsung hingga saat ini.

Perkembangan informasi pada pukul 07.15 WIB, BPBD Karangasem menyebutkan satu warga meninggal dunia. Tim Basarnas masih melakukan evakuasi korban dari reruntuhan bangunan. Sedangkan tujuh warga mengalami luka berat. Mereka yang luka-luka telah dievakuasi ke puskesmas terdekat dan RSUD Karangasem.

Sedangkan dampak guncangan di wilayah Kabupaten Bangli, dua warga meninggal meninggal dunia dan telah dievakuasi ke puskesmas setempat. Masih di wilayah tersebut, empat warga yang sempat tertimbun material bangunan dapat diselamatkan tim SAR, sedangkan empat lainnya berhasil melakukan evakuasi mandiri.

Baca juga   Bansos 35 Ribu Jamban, 94,47 Persen KK di Jateng Tak Lagi BAB Sembarangan

BPBD Kabupaten Bangli mengatakan, jalan menuju lokasi terdampak gempa tertimbun longsor. Ada tiga titik longsoran dari Bukit Abang sehingga menghambat proses evakuasi melalui akses darat. Tim SAR akan menggunakan akses danau untuk proses evakuasi.

BPBD Kabupaten Karangasem dan Bangli masih melakukan pemutakhiran data di lokasi kejadian.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa M4,8 berpusat pada kedalaman 10 km. Dilihat dari kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, wilayah Denpasar, Karangasem, Lombok Utara berada pada IV MMI, sedangkan Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Mataram III MMI.

Baca juga   Satlantas Polres Blora Jaring 180 Motor dengan Knalpot Blombongan

Informasi sebelumnya yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menyebutkan guncangan kuat dirasakan di beberapa wilayah.

Menurut keterangan BPBD Kabupaten Bangli, guncangan gempa dirasakan kuat oleh warga selama 5 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah saat gempa terjadi.

Guncangan juga dirasakan sedang hingga kuat selama 3 hingga 5 detik di Kabupaten Karangasem, sedangkan guncangan kuat selama 5 detik dirasakan di Kota Denpasar.

Pascagempa M4,8, Pusdalops BNPB terus memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD terdampak untuk mendapatkan informasi terkini.

Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan.

Di samping itu, warga diharapkan tidak terpancing oleh informasi hoaks, khususnya yang beredar di media sosial. Masyarakat dapat mengakses informasi terkait gempa dan penanganannya dari institusi resmi pemerintah, seperti BNPB, BMKG ataupun BPBD setempat. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

97 Warga Salaman Sembuh Covid-19
Tak lagi PCR, test Antigen kini menjadi syarat yang berlaku bagi perjalanan udara. (Foto: ANTARA/Feny Selly)

News

Aturan Baru Perjalanan Udara Cukup Antigen, Ini Penjelasan Lengkapnya
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Indonesia – PEA Investment Forum yang berlangsung di Dubai, Kamis (4/11/2021). (Foto: BPMI)

News

Presiden Jokowi: Tiga Sektor Prioritas Kerjasama Indonesia-PEA
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gereja Katolik Pugeran. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Libatkan Gereja, Pemkot Yogya Terus Genjot Vaksinasi Covid-19
Foto udara tikungan ke 17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit saat matahari terbenam di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (14/10/2021). Pembelian tiket untuk event World Superbike secara resmi dibuka pada 18 Oktober 2021 secara online maupun ofline dengan syarat sudah dua kali vaksin Covid-19. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc)

News

Ajang World Superbike Memacu Pemulihan Ekonomi
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, bersama Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar BPJamsostek dan Grab di Terminal Tirtonadi. (Foto: Humas Surakarta)

News

Vaksinasi BPJamsostek di Solo Sasar 1.500 Peserta
Penampakan visual aktivitas Gunung Merapi, Selasa (10/8/2021) pukul 20.27 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Jarak Luncur Guguran Gunung Merapi Semakin Jauh
Subholding Upstream Pertamina berhasil mencatatkan capaian nilai penggunaan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN pada kegiatan bisnis hulu minyak dan gas bumi sejumlah 62,35 persen sampai September 2021. (Foto: SKK Migas)

News

Bisnis Hulu Pertamina Catatkan TKDN sampai 62,35 Persen