Home / Peristiwa

Rabu, 8 Juni 2022 - 23:18 WIB

Gempa Bumi M 5,8 di Mamuju Tak Berpotensi Tsunami, Warga Diminta Tidak Panik

Gempa M 5,8 yang mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Tengah, Rabu (8/6/2022) pada pukul 12.32 WIB tidak berpotensi tsunami. Foto: BNPB

Gempa M 5,8 yang mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Tengah, Rabu (8/6/2022) pada pukul 12.32 WIB tidak berpotensi tsunami. Foto: BNPB

NYATANYA.COM, Mamuju – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, kurang lebih 20 ribu warga Kabupaten Majene mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan lapangan terbuka setelah terjadi gempabumi bermagnitudo 5,8 di wilayah Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (8/6/2022) pada pukul 12.32 WIB.

Pusat gempabumi tercatat berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer tepatnya 43 km sebelah barat daya Kabupaten Mamuju.

“Berdasarkan laporan visual dari lapangan per pukul 16.30 WIB, para warga mulai mendirikan tenda darurat menggunakan terpal berwana biru dan oranye di beberapa titik tak jauh dari permukiman mereka dan di SMK Kota Tinggi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan resminya, Rabu (8/6/2022) sore.

Atap Gedung PKK Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang roboh akibat guncangan gempa M 5,8 yang terjadi pada Rabu (8/6/2022) pukul 12.23 WIB. Foto: BNPB/Istimewa

Hal serupa juga dilakukan oleh para warga Kabupaten Mamuju karena khawatir terjadi gempabumi susulan dan potensi ancaman tsunami.

Baca juga   Kapanewon Mlati Juara Umum MTQ Kabupaten Sleman 2021

“Pantauan visual dari lapangan ada tiga titik pengungsian warga yakni di Stadion Mamuju, Kantor Bupati Mamuju dan Kantor TVRI Sulawesi Barat di Mamuju,” ujar Muhari.

Sebanyak empat warga Kabupaten Mamuju dilaporkan mengalami luka sedang setelah terkena material reruntuhan bangunan Gedung PKK, Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, ketika gempabumi terjadi.
Saat ini, keempat warga tersebut telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Mamuju.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah mengeluarkan informasi bahwa gempabumi yang berpusat di koordinat 2,77° LS ; 118,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 26 kilometer arah Barat Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km . Gempa tidak berpotensi tsunami.

BNPB mengimbau para warga khususnya di wilayah yang terdampak guncangan gempabumi untuk tidak panik namun tetap waspada.

“Warga juga tidak perlu mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena tsunami dipastikan tidak ada,” kata dia.

Baca juga   Banjir Rob Genangi Sejumlah Kelurahan di Wilayah Kota Medan

Masyarakat yang sudah terlanjur mengungsi ke dataran tinggi diharapkan segera kembali turun dan memeriksa kondisi rumah masing-masing.

Apabila mendapati kondisi rumah rusak berat, maka segera laporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota setempat untuk mendapatkan dukungan bantuan tenda keluarga atau tenda darurat agar masyarakat dapat membuat tenda sementara di halaman rumah masing-masing.

Masyarakat terdampak juga punya opsi untuk mengungsi di titik-titik pengungsian terpusat yang dibuka pemerintah daerah. Hal ini akan memudahkan pendataan dan distribusi bantuan.

Selain itu, warga juga diharapkan tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari lembaga dan instansi terkait yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang dapat dipertanggungjawabkan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo melihat pelaksanaan vaksinasi anak usia 12-17 tahun dalam rangka Hari Anak Nasional 2021, di GOR Patriot Kodam IV/Diponegoro. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pranowo Apresiasi Anak-anak yang Antusias Divaksin
Capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung telah mencapai di atas 70%. Meski begitu, Pemkab Temanggung terus berusaha meningkatkan capaian, baik untuk suntikan pertama maupun kedua. (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Capaian Vaksinasi Lampaui Target Nasional, Bupati Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Prokes
Tersangka curanmor. Foto: Dok.Polsek Gedongtengen

Peristiwa

Curi Motor di Penginapan, Cah Wonosobo Dibekuk Polsek Gedongtengen di Surakarta
Kejagung kembali menyita dan mengamankan barang bukti dalam kasus korupsi penyelenggaraan pembiayaan ekspor nasional oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) tahun 2013-2019. (Foto: dok. Puspenkum)

Peristiwa

Kejagung Sita Aset Tersangka Korupsi LPEI Senilai Rp2 Triliun
Ganjar Pranowo mencoba pakaian adat Tobelo. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Dianggap Peduli Budaya, Tokoh Adat Tobelo Ini Serahkan Baju Adat untuk Ganjar
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Gus Yasin Pastikan Insentif Guru Agama Masih Bergulir
Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Suryo Nugroho sangat mengapresiasi penegakan operasi knalpot brong di wilayah hukum Kabupaten Temanggung. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Dirlantas Polda Jateng Apresiasi Penegakan Bebas Knalpot Brong di Temanggung
Ganjar Pranowo mengunjungi makam jurnalis yang menyebarkan kabar kemerdekaan Indonesia kepada dunia dengan sandi morse. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Ziarah ke Makam Soegiarin, Jurnalis yang Viralkan Kemerdekaan Indonesia