Home / Peristiwa

Selasa, 10 Januari 2023 - 12:44 WIB

Gempa Bumi Tektonik M7,9 Maluku, BMKG Cabut Peringatan Dini Potensi Tsunami

Foto: BMKG

Foto: BMKG

NYATANYA.COM, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan pada Selasa, 10 Januari 2023 pukul 00.47.34 WIB wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya, Maluku diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M7,5.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,37° LS; 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 Km arah BaratLaut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di :

  • Daerah Saumlaki dengan skala intensitas V MMI (getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun);
  • Daerah Dobo, Tiakur dengan skala intensitas IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang
    gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi);
  • Daerah Sorong, Kaimana, Alor, Waingapu, Waijelu, Lembata dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah);
  • Daerah Kairatu, Merauke, Nabire, Tanah Merah, Wamena, Bakunase, Kolhua, Sabu, Rote, Ende, Amarasi Selatan, Kota Kupang dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu);
  • Daerah Ambon dan Piru dengan skala II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).
Baca juga   Update, Total Korban Meninggal Akibat Erupsi Gunung Semeru Capai 48 Jiwa

Hingga pukul 04.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya empat aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitude terbesar M5,5 dan terkecil M4,1.

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempabumi M 7,9 10 Januari 2023 di Maluku Tenggara Barat, Maluku menunjukkan adanya potensi tsunami dengan tingkat ancaman siaga dan waspada.

Namun berdasarkan hasil pemodelan tsunami dengan parameter update (Mw 7,5), tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Berdasarkan observasi empat Tide Gauge di sekitar sumber gempabumi (Seira, Adaut, Lirang, dan Larat), tidak menunjukkan adanya anomali atau perubahan tinggi muka air laut yang signifikan.

Baca juga   Komposisi 'Kurang Luwih' Anak-anak Berkebutuhan Khusus Buka Perhelatan Yogyakarta Gamelan Festival ke-27

Oleh karena itu, peringatan dini tsunami dinyatakan berakhir pada pukul 03.43 WIB oleh BMKG.

Mengingat Peringatan Dini Tsunami telah berakhir, masyarakat di wilayah pesisir dihimbau untuk dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

Kepada masyarakat BMKG mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,”

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id ), telegram channel ( t.me/InaTEWS_BMKG ) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies di Sleman, Kucing sebanyak 446 ekor, Anjing 51 ekor dan Kera 3 ekor. (Foto:Humas Sleman)

Peristiwa

Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Sleman Gelar Vaksinasi Rabies Gratis
Kapolres Magelang menyiramkan air bunga kepada anggotanya yang naik pangkat. (Foto:humas/beritamagelang)

Peristiwa

Prosesi Siraman Warnai Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Magelang
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jadi salesman saat menerima Duta Besar Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi yang akrab disapa Gus Mis. Di hadapan Gus Mis, Ganjar dengan luwesnya ‘pamer’ dan mempromosikan produk UMKM unggulan Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Momen Ganjar Pranowo Jadi Sales UMKM Saat Bertemu Dubes Indonesia untuk Tunisia
Petugas dibantu pihak keluarga membantu proses pengurusan jenazah korban gempabumi M 7,4 yang sebelumnya dirawat di RSUD Kyai Haji Hayyung, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis (23/12/2021). (Foto:BNPB)

Peristiwa

Seorang Warga Korban Gempa Bumi di Kepulauan Selayar Meninggal Dunia
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Jumat (17/12/2021). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Momen Ganjar Kewalahan Dikerubuti Warga, Saat Dampingi Jokowi Kunker di Blora
Sejumlah rumah di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terendam banjir. Hal itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Lumajang mengakibatkan meluapnya sungai Bondoyudo ke rumah warga, Minggu (19/12/2021). (Foto: MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Sungai Bondoyudo Meluap, Sejumlah Rumah Warga di Lumajang Kebanjiran
Konsultasi publik pembangunan tol Yogyakarta-Bawen di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Rabu (23/2/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Dua Pintu Tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Semarang, Diharap Urai Kemacetan dan Genjot Perekonomian
Menag saat menghadiri Perayaan Natal 2021 yang digelar keluarga besar umat Kristiani Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. (Foto: InfoPublik.id)

Peristiwa

Menag Ajak Umat Kristiani Jadikan Perayaan Natal Momentum Instrospeksi