Home / Peristiwa

Selasa, 10 Januari 2023 - 12:44 WIB

Gempa Bumi Tektonik M7,9 Maluku, BMKG Cabut Peringatan Dini Potensi Tsunami

Foto: BMKG

Foto: BMKG

NYATANYA.COM, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan pada Selasa, 10 Januari 2023 pukul 00.47.34 WIB wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya, Maluku diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M7,5.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,37° LS; 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 Km arah BaratLaut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di :

  • Daerah Saumlaki dengan skala intensitas V MMI (getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun);
  • Daerah Dobo, Tiakur dengan skala intensitas IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang
    gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi);
  • Daerah Sorong, Kaimana, Alor, Waingapu, Waijelu, Lembata dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah);
  • Daerah Kairatu, Merauke, Nabire, Tanah Merah, Wamena, Bakunase, Kolhua, Sabu, Rote, Ende, Amarasi Selatan, Kota Kupang dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu);
  • Daerah Ambon dan Piru dengan skala II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).
Baca juga   Asyikkk, Ikut Vaksin Covid-19 di Klaten Bisa Dapat Motor Baru Lur

Hingga pukul 04.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya empat aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitude terbesar M5,5 dan terkecil M4,1.

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempabumi M 7,9 10 Januari 2023 di Maluku Tenggara Barat, Maluku menunjukkan adanya potensi tsunami dengan tingkat ancaman siaga dan waspada.

Namun berdasarkan hasil pemodelan tsunami dengan parameter update (Mw 7,5), tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Berdasarkan observasi empat Tide Gauge di sekitar sumber gempabumi (Seira, Adaut, Lirang, dan Larat), tidak menunjukkan adanya anomali atau perubahan tinggi muka air laut yang signifikan.

Baca juga   Polda Jateng Catat Pelanggar ETLE di Wilayahnya Capai 636 Ribu dengan Denda Rp27 Milyar

Oleh karena itu, peringatan dini tsunami dinyatakan berakhir pada pukul 03.43 WIB oleh BMKG.

Mengingat Peringatan Dini Tsunami telah berakhir, masyarakat di wilayah pesisir dihimbau untuk dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

Kepada masyarakat BMKG mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,”

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id ), telegram channel ( t.me/InaTEWS_BMKG ) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Kecelakaan Maut di Exit Tol Colomadu Pagi Tadi, Satu Orang Meninggal Dunia
Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Walikota Gibran Rakabuming Raka meninjau rusunawa Semanggi. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Menko PMK Dukung Pembangunan Ulang Rusunawa Semanggi
Sebanyak 8 Kalurahan di Kabupaten Sleman mendeklarasikan Pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) dan Kampung Tangguh Anti Narkoba, pada Kamis (16/12/2021), di pendopo Parasamya, Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

8 Kalurahan di Sleman Deklarasikan Desa Bersih Narkoba
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengukuhkan pengurus Paguyuban Dukuh Kabupaten Sleman Cokro Pamungkas periode 2021-2026, Rabu (5/1/2022), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Diharapkan Jadi Mitra Pemerintah, Paguyuban Dukuh Cokro Pamungkas Dikukuhkan Bupati

Peristiwa

Gebyar Foto dan Pameran Keris Warnai Perayaan HUT ke-266 Kota Jogja
Kolaborasi pembuatan film "Istighfar" ditegaskan melalui perjanjian kerjasama antara BNPT dan PT Pranadipta Consulting Indonesia. (Foto: Humas BNPT)

Peristiwa

BNPT Kampanye Deradikalisasi Lewat Film “Istighfar”
Ganjar Pranowo mborong dolanan tradisional utnuk dibagikan kepada anak-anak. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pedagang Dolanan Tradisional Ini Tak Menyangka Barangnya Diborong Ganjar
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanam tanaman hias pucuk merah bersama pengurus Rotary Club Solo. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Ajak Masyarakat Hijaukan Solo