Home / News

Jumat, 22 Oktober 2021 - 23:10 WIB

Gempabumi M 5,3 Guncang Malang, Sejumlah Bangunan di Blitar Rusak

Sejumlah bangunan di Blitar rusak akibat gempa bumi magnitudo 5,3 yang berpusat di 8,84 LS dan 112,51 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang. (Foto: BNPB)

Sejumlah bangunan di Blitar rusak akibat gempa bumi magnitudo 5,3 yang berpusat di 8,84 LS dan 112,51 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang. (Foto: BNPB)

NYATANYA.COM, Malang – Gempabumi dengan magnitudo 5,3 yang berpusat di 8,84 LS dan 112,51 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Jumat (22/10/2021), telah menyebabkan kerusakan sejumlah bangunan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar melaporkan bahwa guncangan gempabumi tersebut memang sempat dirasakan sedang selama 2-4 detik d Kabupaten Blitar.

Laporan visual dari BPBD Kabupaten Blitar, atap bagian teras gedung Mushola An Nur di Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, mengalami kerusakan dan terjatuh hingga ke tanah. Kerusakan bangunan lainnya menurut asesmen sementara meliputi, 1 gedung kantor Desa Sarang dilaporkan rusak ringan, 1 unit rumah rusak ringan, 1 gedung balai kesenian Desa Sidorejo rusak ringan dan 1 gedung kantor Kecamatan Binangun rusak ringan.

Baca juga   Menhan Prabowo Hadiri Pertemuan Multilateral Menhan AS-ASEAN, Harapkan Kelanjutan Kerja Sama yang Baik
Sejumlah bangunan di Blitar rusak akibat gempa bumi magnitudo 5,3 yang berpusat di 8,84 LS dan 112,51 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang. (Foto: BNPB)

Dalam siaran pers yang dirilis BNPB, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa. Namun demikian BPBD Kabupaten Blitar terus melakukan asesmen dan koordinasi dengan lintas instansi guna pendataan dampak yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan resminya menyebut bahwa gempabumi M 5,3 Kabupaten Malang itu merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca juga   Dukung Prioritas Gubernur DIY 2022-2027, Dr.R. Stevanus: Perda Jogja Smart Province di Butuhkan DIY

Menurut BMKG, guncangan gempabumi ini juga dirasakan di daerah Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember dan Trenggalek. Hingga hari Jumat, 22 Oktober 2021 pukul 09:43 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Di samping itu, masyarakat diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempabumi dan selalu memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten Sri Mulyani di sela–sela peninjauan Pencanangan Kecamatan Tuntas Vaksinasi, di Kantor Camat Kebonarum. (Foto:MC Klaten)

News

Vaksinasi di Klaten Capai 55 Persen, Sejumlah Kecamatan Tuntas Vaksin
Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI meninjau langsung Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis, 29 Februari 2024. (Foto: Istimewa/Humas DPR RI)

News

Kunjungi Asrama Haji Donohudan, DPR RI Pastikan Persiapan dan Pelayanan Haji di Jateng Optimal
Masyarakat, simpatisan, kader dan pengurus DPC Gerindra DIY menerima bantuan paket sembako dari anggota DPR RI Andika Pandu di momen lebaran Idul Fitri 1443 H. (Foto: Istimewa)

News

Momen Lebaran Idul Fitri 1443 H, Andika Pandu Puragabaya Bagikan Ribuan Paket Sembako
Ganjar Pranowo di acara Harganas 2022, di Desa Watukumpul, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Rabu (29/6/2022). Foto: Humas Jateng

News

Harganas 2022, Ganjar Tekankan Pencegahan Stunting Dilakukan dengan Serius
Foto: InfoPublik.id

News

Cegah Meluasnya PMK, Pemerintah Percepat Vaksinasi Darurat Ternak
Foto: BMKG

News

Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Jabar, Jateng, dan Yogyakarta, Hari Ini dan Besok
Penampakan Gunung Merapi pada Jumat (6/8/2021) pukul 11.24 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas, Potensi Bahaya di Tenggara–Barat Daya
Peserta antre meninggalkan area bandara untuk menuju ke hotel karantina saat kegiatan simulasi penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (9/10/2021). Simulasi tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas dan sarana prasarana serta menguji standar operasional prosedur dalam pelayanan penumpang penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai yang rencananya akan mulai dibuka pada 14 Oktober 2021 mendatang. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nz)

News

Ini Penjelasan Kemenhub Terkait Inmendagri Naik Pesawat Wajib PCR