Home / News

Minggu, 10 April 2022 - 14:40 WIB

Gending Gati Dirgantara: Hadiah Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk TNI AU

Sri Sultan Hamengku Buwono X berkenan menghadiahkan Gending Gati Dirgantara pada TNI Angkatan Udara. Penyerahan Gending Gati Dirgantara dilaksanakan bertepatan dengan Hari Bhakti (Ulang Tahun) TNI AU ke-76, Sabtu (9/4/2022). Foto: MC Kraton Jogja

Sri Sultan Hamengku Buwono X berkenan menghadiahkan Gending Gati Dirgantara pada TNI Angkatan Udara. Penyerahan Gending Gati Dirgantara dilaksanakan bertepatan dengan Hari Bhakti (Ulang Tahun) TNI AU ke-76, Sabtu (9/4/2022). Foto: MC Kraton Jogja

NYATANYA.COM, Yogyakarta -Setelah memberikan kenang-kenangan kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut berupa Gending Gati Marinir pada November 2020 lalu, tahun 2022 ini Sri Sultan Hamengku Buwono X berkenan menghadiahkan Gending Gati Dirgantara pada TNI Angkatan Udara.

Penyerahan Gending Gati Dirgantara ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Bhakti (Ulang Tahun) TNI AU ke-76 yang jatuh pada 9 April 2022.

“Bedanya, kalau Gending Gati Marinir yang dihadiahkan ke Korps Marinir itu Yasan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono VII, memang sudah ada sejak masa pemerintahan beliau. Nah sementara untuk Gending Gati Dirgantara Laras Pelog Pathet Barang ini merupakan Yasan Dalem Enggal dari Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X. Baru diciptakan awal tahun ini, untuk dihadiahkan ke TNI Angkatan Udara pada kesempatan Hari Bhakti TNI AU ke-76 ini,” ungkap KPH Notonegoro, Penghageng KHP Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, dalam rilis yang diterima nyatanya.com, Minggu (10/4/2022).

Baca juga   Setelah Jogo Tonggo, Ganjar Pranowo Siapkan 'Rembug Desa' Tangani Pandemi

Terciptanya Gending Gati Dirgantara Laras Pelog Pathet Barang sendiri memang berawal dari Dhawuh Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui penghageng KHP Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, KPH Notonegoro pada bulan Januari 2022.

Ngarsa Dalem berkenan untuk menciptakan sebuah gending Gati yang akan diberikan kepada Angkatan Udara Republik Indonesia.

Kata Dirgantara berarti awang-awang, langit, angkasa, atau ruang udara di atas bumi. Gending Gati Dirgantara ini berkarakter gagah, penuh semangat, dan sangat identik dengan dunia kemiliteran.

Berbeda dengan gending Gati lain yang pernah ada di Keraton Yogyakarta, Gending Gati Dirgantara memiliki beberapa keunikan.

Pertama, terdapat jenis kendangan khusus yang merupakan ciri khas dari Gending ini. Keunikan kedua terletak pada permainan instrumen tambur dan Piatti yang berbeda dengan teknik yang biasa digunakan pada gending Gati lainnya.

Selain itu, pada bagian akhir, permainan balungan dibuat ngracik (cepat) dan nada instrumen tiup berakhir pada nada tinggi.

Baca juga   Prambanan Jazz 2023 Usung Konsep Baru, Digelar 6 Hari Hadirkan 9 Musisi Internasional, dan 60 Musisi Nasional

Jalinan nada yang tersusun dalam Gending Gati Dirgantara ini, terinspirasi dari gerak pesawat tempur yang terbang gagah di angkasa dengan gerak meliuk-liuk, naik-turun dan bermanuver, untuk menjaga kedaulatan bangsa Indonesia.

Dengan terciptanya Gending Gati Dirgantara tersebut, Keraton Yogyakarta berharap agar Angkatan Udara Republik Indonesia semakin profesional, modern, tetap teguh pada visi dan misi, serta terus memberikan yang terbaik dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami dari Keraton Yogyakarta sekali lagi turut berbahagia atas Hari Bhakti TNI Angkatan Udara Republik Indonesia yang ke-76. Semoga Gending Gati Dirgantara ini bisa menjadi kenang-kenangan yang menambah semangat teman-teman TNI AU dalam menjaga kedaulatan NKRI, sekaligus menjadi tanda persahabatan dan kerja sama yang telah terjalin selama ini antara Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, khususnya Kawedanan Kridhamardawa dengan rekan-rekan Angkatan Udara Republik Indonesia,” tutup KPH Notonegoro.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Kerusakan rumah akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat , Senin (21/11/2022). Foto: BNPB

News

Pemkab Cianjur Tunggu BMKG untuk Bangun Rumah Hunian Korban Gempa
Harga telur di sejumlah pasar di Sukoharjo mulai turun. (Foto: istimewa)

News

Harga Telur Ayam di Sukoharjo Berangsur Turun 
Massa dari Forum Solidaritas Mahasiswa Peduli Pembangunan Tanah Papua, berunjuk rasa di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (12/10/2022). ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc

News

Tokoh Pemuda Berharap Segera Ada Pejabat Gubernur di Papua
Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia, Maudy Ayunda. (Foto: Tangkapan Layar Video Setpres)

News

Anggota G20 Dukung Agenda Prioritas Indonesia Bidang Pendidikan
Foto: BPMI Setpres 

News

Presiden Jokowi: Indonesia Kini Berada di Puncak Kepemimpinan Global, Sekaligus Ketua ASEAN
Presiden Joko Widodo pada saat mengunjungi Nursery Rumpin di Kabupaten Bogor, Jabar pada Kamis (10/3/2022). (Foto: BPMI Sekretariat Presiden)

News

Bangun 30 Nursery, Presiden: Komitmen Pemerintah Rehabilitasi Lahan Kritis
Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Setpres)

News

Meski Ringan, Pemerintah Minta Jangan Remehkan Omicron
Pembebasan lahan untuk keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram Cepu, saat ini sudah memasuki tahap pembayaran ganti rugi. Foto: Prokompim Blora

News

Ganti Rugi Pembebasan Tanah Bandara Ngloram, Warga Terima Hingga Rp2 Miliar