Home / Wisata

Sabtu, 9 Oktober 2021 - 16:02 WIB

Gerakan Wisata Sehat, Upaya Pulihkan Ekonomi Pariwisata Kota Yogya

Heroe Poerwadi saat menghadiri sosialisasi gerakan wisata sehat yang diadakan oleh Direktorat Informasi, Komunikasi, Perekonomian, Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, di kampung Notoprajan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Heroe Poerwadi saat menghadiri sosialisasi gerakan wisata sehat yang diadakan oleh Direktorat Informasi, Komunikasi, Perekonomian, Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, di kampung Notoprajan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya terus berupaya mewujudkan aktivitas pariwisata yang sehat di Kota Yogya meski di masa pandemi Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengajak para pelaku pariwisata di Kota Yogya agar gencar melakukan kampanye protokol Clean, Healty, Safety and Environment (CHSE) di tempat-tempat wisata.

“Tujuannya, untuk memastikan keamanan wisatawan, selain itu agar perekonomian dan pariwisata di Kota Yogya tetap bergerak di tengah kondisi pandemi Covid-19.” ujar Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat menghadiri sosialisasi gerakan wisata sehat yang diadakan oleh Direktorat Informasi, Komunikasi, Perekonomian, Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, di kampung Notoprajan, Sabtu (9/10/2021).

Baca juga   Apa Itu Taman Pintar Virtual Guide dan 360 Derajat yang Baru Diluncurkan?

Menurutnya keberhasilan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta protokol CHSE di suatu destinasi wisata dapat menjadi daya tarik utama wisatawan percaya diri untuk berkunjung ke Kota Yogya.

Ia berharap para pelaku wisata dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menyongsong kehadiran wisatawan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

Tak sampai disitu, keseriusan Pemkot Yogya untuk memulihkan geliat ekonomi dan pariwisata di kota pelajar ini dibuktikam dengan dilakukannya deklarasi tuntas vaksin pada tanggal 7 Oktober 2021 lalu.

“14 Kemantren se Kota Yogya telah mendeklarasikan bahwa vaksinasi telah mencapai 100 persen, atau seluruh warga kota Yogya telah tervaksin,” ujarnya.

Baca juga   Percepatan Vaksinasi Pelaku Wisata, Ikhtiar Bangkit Bersama Sektor Pariwisata

Cakupan vaksinasi yang optimal ini diharapkan dapat menjadi modal untuk menyambut bangkitnya kembali aktivitas bidang ekonomi dan pariwisata di kota Yogya.

Pemkot Yogya pun tak henti-hentinya akan terus proaktif melaksanakan 3T (Testing, Tracing, Treatment), dan gerakan disiplin 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas) di masyarakat.

“Serta menetapkan bahwa seluruh wilayah Kota Yogya wajib masker dan wajib masker, sampai dengan pandemi Covid-19 ini berakhir dan situasi kembali pulih, bangkit, seperti semula sedia kala.” tegasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Seorang warga memegang bagian miniatur kincir air yang dipajang di obyek wisata pemandian air hangat Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Minggu (10/10/2021). Miniatur kincir air dibuat perajin setempat dari bahan bambu dan diminati pengunjung sebagai suvenir dan hiasan rumah dengan harga miniatur kincir air Rp150.000,00/buah. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Wisata

Miniatur Kincir Air Jadi Souvenir Apik Wisata Pemandian Air Hangat Nglobo
(Foto: Instagram @media_twc)

Wisata

Hari Pariwisata Sedunia, TWC Dorong Pertumbuhan Pariwisata Inklusif
Kepala Disparpora Kabupaten Magelang meninjau Vaksinasi Merdeka Candi Polres Magelang bagi pelaku pariwisata di Pendopo dr Soepardi Sawitan Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

‘Vaksinasi Merdeka Candi’ Sasar Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif
Memparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. (Foto:MC Karanganyar/Hery Setiawan)

Wisata

Bangganya Seniman Mojogedang, Lukisan Muralnya Diapresiasi Sandiaga Uno
Sekelompok penyiar radio di Magelang naik skuter listrik sekaligus promosi batik dan wisata seputaran Candi Borobudur. (Foto:Humas/beritamagelang)

Wisata

Naik Skuter Berpakaian Batik, Penyiar Radio Promosikan Wisata Borobudur
Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo, hotel bintang lima yang mengusung kearifan lokal Nusa Tenggara Timur. (Foto:InfoPublik.id)

Wisata

Hotel Meruorah Komodo Siap Dukung G20 dan Asean Summit 2023
Para pendaki lokal bersiap menuju ke puncak gunung Sumbing dari basecamp Butuh Kaliangkrik. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

17 Agustus, Puluhan Pendaki Lakukan Tradisi Naik Gunung Sumbing
Kerajinan wayang kayu yang diproduksi Pipit Dwi Ernawati bersama suaminya. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar