Home / Peristiwa

Jumat, 1 Oktober 2021 - 13:03 WIB

Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung Gelar Vaksinasi Belarasa Covid-19

Vaksinasi Belarasa Covid-19 yang digelar Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung. (Foto: Agoes Jumianto)

Vaksinasi Belarasa Covid-19 yang digelar Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Sleman – Dalam rangka turut membantu pemerintah untuk percepatan vaksinasi Covid-19, untuk kesekian kalinya Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan TNI-Polri menggelar vaksinasi Belarasa di Aula Gereja, Kamis (30/9/2021).

Romo Paroki Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung, Rosarius Sapto Nugroho dalam sambutannya mengatakan Gereja Katolik merasa menjadi bagian dari seluruh warga Yogyakarta dan ikut bertanggung jawab atas segala keadaan yang terjadi di Yogyakarta termasuk pada pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 sungguh-sungguh sudah memporak-porandakan seluruh kehidupan warga di Yogyakarta, maka kami Gereja Katolik bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, Polri dan TNI mengadakan gerakan vaksinasi untuk masyarakat di sekitar gereja. Tidak dibatasi hanya untuk umat Katolik tetapi untuk siapapun yang belum menerima vaksinasi,” terang Romo Sapto.

Dijelaskan Romo Sapto, hal ini dimaksudkan agar seluruh warga masyarakat memperoleh akses pelayanan kesehatan, khususnya vaksinasi di masa pandemi. Harapannya dengan kegiatan ini makin terbentuk herd immunity dalam masyarakat.

Baca juga   Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Koordinasi Seluruh Lini Diperkuat

“Kami berharap bahwa gerakan kita mengatasi pandemi Covid-19 ini menjadi usaha bersama yang membuka kepada kita tentang persaudaraan, tentang kerukunan yang membuka kita bahwa pandemi hanya bisa diselesaikan secara kebersamaan,” imbuh Romo Sapto.

Pada kesempatan yang sama Kasdim Sleman Mayor Manurung menyampaikan, “Dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini kita melaksanakan perang, tapi perang kepada musuh yang tidak terlihat. Perang ini sifatnya semesta, karena melibatkan semua dari unsur masyarakat, seperti hari ini dengan paroki St Yohanes Rasul Pringwulung untuk memerangi virus yang tidak terlihat.”

Sementara itu Kompol Akbar mewakili Kapolda DIY menyampaikan kegiatan vaksinasi massal dosis kedua yang digelar di Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung ini dengan target 1.000 orang meneguhkan kita bahwa NKRI harga mati yang diwujudkan dalam perang melawan pandemi Covid-19.

“Dengan kegiatan ini harapannya imun masyarakat tetap terjaga dan harapannya pandemi Covid-19 bisa segera berakhir. TNI Polri siap bekerja bersama-sama bekerja dengan semua pihak dalam rangka memberantas Covid-19,” ujar Kompol Akbar.

Baca juga   Ogoh-Ogoh Ikut Meriahkan Kirab Budaya Hari Jadi ke-77 Kalurahan Tlogoadi Mlati Sleman

Staf Ahli Bupati Sleman bidang Kesejahteraan Rakyat, dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes mengapresiasi atas pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerjasama dengan berbagai pihak untuk bersama-sama mengatasi pandemi Covid-19. Kami sekali lagi mewakili pemerintah mengapresiasi kegiatan vaksinasi di Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung yang bekerja sama dengan TNI-Polri sehingga kegiatan ini bisa berlangsung,” ujar dr Mafilindati.

Disampaikan pula meski kasus Covid-19 secara umum menunjukkan penurunan. Namun demikian, untuk tetap menjaga kondisi dan menekan pertumbuhan kasus, ditekankan masyarakat untuk terus menerus melaksanakan protokol kesehatan, utamanya kesadaran bersama untuk tetap memakai masker.

Turut hadir pada pelaksanaan Vaksinasi Belarasa Covid-19 Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung, dari Forum Komunikasi Umat Beriman (FKUB) Gregorius Sri Nurhartanto, dan Ketua Bhayangkari Kabupaten Sleman. (Aja)

Share :

Baca Juga

Bupati Sleman bersama Kabinda DIY melihat langsung vaksinasi di SMP N 4 Pakem (Foto: nyatanya.com/ahmad zain)

Peristiwa

Kabinda DIY dan Bupati Sleman Tinjau Langsung Vaksinasi Pelajar
Bupati Grobogan Sri Sumarni saat melakukan monitoring pelaksanaan PPKM Darurat di Kecamatan Gubug. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Masyarakat Grobogan Jangan Putus Asa, Ada Apa?
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Foto: dok. Divhumas Polri

Peristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Segera Periksa Direktur PT LIB dan Panpel
Kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk dengan gang sempit itu mempersulit akses masuk mobil pemadam kebakaran. Foto: selalu.id

Peristiwa

Rumah di Asem Jajar Surabaya Terbakar, Satu Orang Dilarikan ke Rumah Sakit
Polres Bantul menggelar konferensi pers terkait penangkapan 6 remaja yang akan melakukan perang sarung di lapangan Guyengan Bantul. (Foto: Dok.Polres Bantul)

Peristiwa

Polisi Gagalkan Tawuran Geng Pelajar di Bantul, 6 Remaja Berstatus Pelajar Diamankan
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Polisi Amankan 57 Pemuda Diduga Hendak Tawuran Antarkelompok di Makassar
Rekaman CCTV yang diduga pelaku pencurian motor. Foto; Ist/selalu.id

Peristiwa

Kantor Media Online di Sidoarjo Disatroni Pencuri, Pelaku Terekam CCTV Gondol Motor Scoopy
BNI Regional Trade Forum bertema “Kelangkaan Logistik dan Kontainer”, di Kantor Wilayah BNI Jateng, Senin (21/3/2022). (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Atasi Penghambat Ekspor, Ini Upaya yang Dilakukan Pemprov Jateng