Home / Peristiwa

Jumat, 1 Oktober 2021 - 13:03 WIB

Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung Gelar Vaksinasi Belarasa Covid-19

Vaksinasi Belarasa Covid-19 yang digelar Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung. (Foto: Agoes Jumianto)

Vaksinasi Belarasa Covid-19 yang digelar Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Sleman – Dalam rangka turut membantu pemerintah untuk percepatan vaksinasi Covid-19, untuk kesekian kalinya Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan TNI-Polri menggelar vaksinasi Belarasa di Aula Gereja, Kamis (30/9/2021).

Romo Paroki Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung, Rosarius Sapto Nugroho dalam sambutannya mengatakan Gereja Katolik merasa menjadi bagian dari seluruh warga Yogyakarta dan ikut bertanggung jawab atas segala keadaan yang terjadi di Yogyakarta termasuk pada pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 sungguh-sungguh sudah memporak-porandakan seluruh kehidupan warga di Yogyakarta, maka kami Gereja Katolik bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, Polri dan TNI mengadakan gerakan vaksinasi untuk masyarakat di sekitar gereja. Tidak dibatasi hanya untuk umat Katolik tetapi untuk siapapun yang belum menerima vaksinasi,” terang Romo Sapto.

Dijelaskan Romo Sapto, hal ini dimaksudkan agar seluruh warga masyarakat memperoleh akses pelayanan kesehatan, khususnya vaksinasi di masa pandemi. Harapannya dengan kegiatan ini makin terbentuk herd immunity dalam masyarakat.

Baca juga   Penyekatan Perbatasan Magelang-DIY Diperketat, Mobilitas Masyarakat Masih Tinggi

“Kami berharap bahwa gerakan kita mengatasi pandemi Covid-19 ini menjadi usaha bersama yang membuka kepada kita tentang persaudaraan, tentang kerukunan yang membuka kita bahwa pandemi hanya bisa diselesaikan secara kebersamaan,” imbuh Romo Sapto.

Pada kesempatan yang sama Kasdim Sleman Mayor Manurung menyampaikan, “Dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini kita melaksanakan perang, tapi perang kepada musuh yang tidak terlihat. Perang ini sifatnya semesta, karena melibatkan semua dari unsur masyarakat, seperti hari ini dengan paroki St Yohanes Rasul Pringwulung untuk memerangi virus yang tidak terlihat.”

Sementara itu Kompol Akbar mewakili Kapolda DIY menyampaikan kegiatan vaksinasi massal dosis kedua yang digelar di Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung ini dengan target 1.000 orang meneguhkan kita bahwa NKRI harga mati yang diwujudkan dalam perang melawan pandemi Covid-19.

“Dengan kegiatan ini harapannya imun masyarakat tetap terjaga dan harapannya pandemi Covid-19 bisa segera berakhir. TNI Polri siap bekerja bersama-sama bekerja dengan semua pihak dalam rangka memberantas Covid-19,” ujar Kompol Akbar.

Baca juga   51 Pasien OTG Asal Klaten Dipindahkan Ke Isolasi Terpusat Donohudan

Staf Ahli Bupati Sleman bidang Kesejahteraan Rakyat, dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes mengapresiasi atas pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerjasama dengan berbagai pihak untuk bersama-sama mengatasi pandemi Covid-19. Kami sekali lagi mewakili pemerintah mengapresiasi kegiatan vaksinasi di Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung yang bekerja sama dengan TNI-Polri sehingga kegiatan ini bisa berlangsung,” ujar dr Mafilindati.

Disampaikan pula meski kasus Covid-19 secara umum menunjukkan penurunan. Namun demikian, untuk tetap menjaga kondisi dan menekan pertumbuhan kasus, ditekankan masyarakat untuk terus menerus melaksanakan protokol kesehatan, utamanya kesadaran bersama untuk tetap memakai masker.

Turut hadir pada pelaksanaan Vaksinasi Belarasa Covid-19 Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung, dari Forum Komunikasi Umat Beriman (FKUB) Gregorius Sri Nurhartanto, dan Ketua Bhayangkari Kabupaten Sleman. (Aja)

Share :

Baca Juga

Bantuan ini sebagai antisipasi dan kepedulian pemerintah kepada nakes dan penghuni isoter untuk meningkatkan asupan gizi agar imun tubuh meningkat. (Foto: Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

Tingkatkan Imun Nakes, Pemkab Serahkan Bantuan Buah
Melalui program 'Aku Sedulurmu', 4 anak di Temanggung mendapat beasiswa karena orang tuanya meninggal karena Covid-19. (Foto:Humas Temanggung)

Peristiwa

Lewat Program Aku Sedulurmu, Polres Temanggung Bantu Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Bantuan diserahkan secara langsung oleh Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek Nurtjahjo Walujo Wibowo kepada Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Kimia Farma Bantu Multivitamin untuk Nakes Solo
Warga Wadas, Bener, Purworejo menggelar aksi damai di depan Kantor Gubernur Jateng meminta perlindungan atas terancam keselamatannya karena mendukung pembangunan proyek Bendungan Bener. (Foto : nyatanya.com/ahmad zain

Peristiwa

Nyawa Terancam Karena Dukung Pembangunan Bendungan Bener, Warga Wadas Wadul Gubernur Ganjar
Bupati Boyolali M. Said Hidayat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Berhasil Menekan Kasus Covid-19, Gerakan Boyolali di Rumah Saja Diperpanjang
Kapolres Magelang AKBP Ronald A. Purba menyantuni anak yatim piatu akibat Covid-19 dalam program 'Aku Sedulurmu'. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

‘Aku Sedulurmu’ Santuni Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19
Keraton Yogyakarta menghadirkan Rubrik Tamanan sebagai bentuk Kepedulian Keraton Yogyakarta terhadap pendidikan anak. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Peristiwa

Tamanan, Rubrik Ramah Anak dari Keraton Yogyakarta
GKBRAy. A. Paku Alam, Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY, saat menghadiri gelaran Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2021 di Galeria Mall, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemprov Yogya)

Peristiwa

JIBB 2021, Ajang Unjuk Karya Perancang Muda DIY