Home / Plus

Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:53 WIB

Gezeh Touring Community Gelar Upacara HUT RI di Monumen Perjuangan Pangsar Jenderal Sudirman

Gezeh Touring Community menggelar upacara bendera di Monumen Pangsar Jenderal Sudirman, Desa Gelaran, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gununkidul, Rabu (17/8/2022). Foto: Ist

Gezeh Touring Community menggelar upacara bendera di Monumen Pangsar Jenderal Sudirman, Desa Gelaran, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gununkidul, Rabu (17/8/2022). Foto: Ist

NYATANYA.COM, Gunungkidul – Gezeh Touring Community Yogyakarta, bukan sekedar komunitas sepeda motor biasa yang hanya sekadar hura-hura. Lebih dari itu, mereka juga memiliki semangat dan rasa cinta tanah.

Seperti pada Hari Peringatan Tahun (HUT) ke-77 RI, Gezeh Touring Community, menggelar upacara bendera di Monumen Pangsar Jenderal Sudirman, Desa Gelaran, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gununkidul, Rabu (17/8/2022).

Tetenger tersebut kini dikenal sebagai Tugu Peringatan Markas Komando Pemerintahan Militer di Kabupaten Gunungkidul yang ketika itu dipimpin Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman.

Upacara yang dimotori Gezeh Touring Community didukung komunitas touring yang ada di Yogyakarta, antara lain STMJ (Sedulur Touring Merapi Community), Pramaxs (Prambanan Max Series), CB Kurang Turu Yogyakarta dan komunitas motor di Yogyakarta lainnya.

Menurut Mbah Muji Gezeh, sebenarnya upacara peringatan HUT RI tidak hanya kali ini saja, tapi hampir setiap tahun selalu menggelar upacara.

Baca juga   Pati Wedding Festival 2022, Tawarkan Konsep Pernikahan Terbaik
Gezeh Touring Community menggelar upacara bendera di Monumen Pangsar Jenderal Sudirman, Desa Gelaran, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gununkidul, Rabu (17/8/2022). Foto: Ist

Seperti peringatan HUT RI tahun lalu, misalnya, Gezeh dan kawan-kawan menggelar upacara bendera di puncak Gunung Telomoyo.

“Kali ini upacara peringatan HUT RI ke 77 kami gelar di Monumen Pangsar Jenderal Sudirman,” ujar Mbah Muji Gezeh usai upacara.

“Kami sangat terimakasih kepada rekan-rekan komunitas yang ikut menyengkuyung acara ini,” tambah dia.

Apa yang dilakukan ini, menurut Mbah Muji Gezeh, hanya untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada komunitas motor dan generasi muda agar tetap memegang akar budaya Indonesia.

Jadi, kata dia, kalau Gezeh Touring keliling bumi Nusantara, tujuannya hanya untuk memperlihatkan kepada anak-anak bangsa dan generasi muda bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang indah dan kaya raya.

Seperti upacara yang digelar di petilasan Pangsar Jenderal Sudirman ini, semata-mata Gezeh Touring Community hanya ingin menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda bahwa Indonesia pernah memiliki Panglima Besar Jenderal Sudirman yang disegani dunia.

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Hadiri Peresmian Masjid As Salamah Kodim 0730/Gunungkidul

Strategi perang Pangsar Jenderal Sudirman yang dikenal dengan gerilya tersebut, sampai membuat tentara Belanda keder dan takut karenanya.

Itulah hebat dan cemerlangnya strategi perang Pangsar Jenderal Sudirman. Kejayaan dan kepahlawanannya itulah yang patut dikenal oleh masyarakat khususnya generasi muda.

“Jadi kami sebagai komunitas motor, hanya ingin menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda,” ujar Mbah Muji Gezeh yang sudah beberapa kali touring keliling Nusantara.

Setiap hari bersejarah Gezeh Touring Community selalu menggelar upacara, seperti Hari Bhayangkara maupun HUT TNI selalu turut merayakan agar jiwa nasionalisme selalu tertanam di antara para anggotanya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Dok.ISI Surakarta

Plus

Mahasiswa DKV ISI Surakarta Dampingi KWT Ngudi Makmur Joglo Berkarya Bikin Poster
Dinas Perdagangan Festival (Disdagfest) 2022 digelar di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy). Acara yang digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 29 - 30 Oktober 2022. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Digelar di Pasty, Disdagfest 2022 Gairahkan Geliat Ekonomi Yogya Selatan
Selain mengelola sampah organik menjadi kompos di Rumah Kompos, TPST Nitikan menjadi laboratorium percontohan pengelolaan sampah bagi masyarakat, terutama terkait teknis pengolahan sampah organik menjadi kompos maupun untuk budidaya maggot. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Rumah Kompos Nitikan, Upaya Pemkot Yogya Kurangi Volume Sampah
Ilustrasi. (Foto: iStock)

Plus

5 Olahraga Ini Dapat Turunkan Resiko Penyakit Jantung, Nomor 1 Paling Gampang Dilakukan

Plus

Deklarasi di Jogja, Relawan Bocahe Gibran Nusantara Milenial Siap Tangkal Isu Negatif
(ANTARA FOTO/Ampelsa/rwa)

Plus

Foto: Budidaya Azolla untuk Pakan Ternak
Hafidz Sirojul Munir dengan sepatu heels buatannya yang mengangkat salah satu ikon budaya di Banyuwangi Jawa Timur dengan brand Gandrung Shoes. (Foto: Dokumentasi)

Plus

Gandrung Shoes Karya Mahasiswa Undika Masuk Nominasi Good Design
Bupati Klaten Sri Mulyani membuka Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM) di Joglo Tumiyono, Ngerangan, Bayat, Kamis (17/3/2022). (Foto:Kominfo-klt)

Plus

Buka Festival UMKM, Bupati Klaten Optimistis Milenial Mampu Majukan Usaha Lokal