Home / Peristiwa

Rabu, 6 Oktober 2021 - 20:46 WIB

Gibran Puji Tempat Sampah Pintar Karya Disabilitas Solo

Selain dibuat para difabel yang tergabung dalam Difa Elektra Solo, tempat sampah itu merupakan hasil kreativitas dan inovasi baru. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Selain dibuat para difabel yang tergabung dalam Difa Elektra Solo, tempat sampah itu merupakan hasil kreativitas dan inovasi baru. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan apresiasi tinggi tempat sampah karya anak bangsa yang dipaparkan Solo Techno Park dalam audiensi dengan Wali Kota, Selasa (5/10/2021).

Selain dibuat para difabel yang tergabung dalam Difa Elektra Solo, tempat sampah itu merupakan hasil kreativitas dan inovasi baru.

“Tempat sampah difabel ini cukup canggih. Dulu sudah pernah dirilis, yang sekarang waterproof, tahan air. Pendampingan sudah dilakukan oleh Pemkot Surakarta lewat Solo Technopark secara terus menerus dalam hal produksi. Untuk marketing nanti kita bantu,” ujar Gibran.

Menurutnya, produk tersebut sangat inovatif dan bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya.

Baca juga   Solo Kembangkan Kampung Digital untuk Recovery Ekonomi

Sementara, Heru Sasongko dari Difa Elektra Solo menjelaskan, tempat sampah karya difabel tersebut banyak diminati, terutama oleh kalangan difabel atau warga yang memiliki keterbatasan fisik. Sebab, memudahkan dalam membuang sampah tanpa perlu membuka tutupnya.

“Tempat sampah ini otomatis membuka dari jarak maksimal 50 cm, jadi tidak perlu membuka manual. Dan kalau penuh, alat ini akan mengirim notifikasi ke petugas sampah lewat aplikasi, untuk segera dikeluarkan sampahnya,” terang Heru.

Dia menjelaskan, tempat sampah tersebut berkapasitas lima kubik, dan memerlukan waktu satu minggu untuk membuat satu unitnya. Tempat sampah yang mulai dibuat sejak 2019 tersebut pernah masuk dalam berbagai penghargaan. Di antaranya, 113 inovasi Indonesia, penghargaan dari Kemenristekdikti, bahkan masuk 80 besar Seribu Penemuan di Indonesia.

Baca juga   Gibran Terima Bantuan Ventilator Portabel Buatan Anak Bangsa

“Ide pembuatan alat tersebut berawal dari maksud untuk memudahkan membuang sampah, tanpa membuka tutup wadah pembuangan sampah yang biasanya kotor, sekaligus menghindarkan dari bakteri dan virus dengan tanpa memegang alatnya. Selain itu juga mencegah lalat masuk, karena alat langsung menutup begitu pembuang sampah menjauh,” ujarnya.

Ditambahkan Heru Sasongko, wadah sampah elektronik tersebut dijual dengan harga Rp5,5 juta secara online. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat saat melihat vaksinasi siswa di SMP N 1 Boyolali, Jumat (23/07/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Pemkab Boyolali Kebut Vaksinasi 33 Ribu Siswa SMP
Bunga salak si mungil yang menjadi andalan petani salak nglumut di Kecamatan Sumbung Kabupaten Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Tradisi Mengawinkan Bunga Salak Petani Merapi
Warga Terban membuat peternakan ditengah perkotaan yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Solusi Ternak Ayam di Tengah Kota ala Warga Terban
Bupati Brebes, Idza Priyanti menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba. (Foto: Diskominfo Brebes)

Peristiwa

Pandemi Covid-19, Jangan Berhenti untuk Berkreasi
Petugas gabungan Weru intensifkan imbauan prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Sukoharjo)

Peristiwa

PPKM Level 4, Petugas Gabungan Weru Intensifkan Imbauan Prokes
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat penyerahan bantuan insentif kepada guru ustadz ustadzah di Balai Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Serahkan Bantuan Insentif Ustadz Ustadzah
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM secara simbolis menyerahkan bantuan alsintan kepada kelompok tani. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Puan Maharani Bantu Alsintan Petani Sukoharjo
Bupati Bantul H. Abdul halim Muslih mencanangkan program kegiatan padat karya infrastruktur Tahun Anggaran 2021 di Pedukuhan Bungsing, Guwosari, Pajangan. (Foto: Humas Bantul

Peristiwa

60 Lokasi di Bantul Dapat Program Padat Karya Infrastruktur