Home / News

Rabu, 20 Oktober 2021 - 09:46 WIB

Giliran Australia Kirim Pasokan Vaksin AstraZeneca untuk Indonesia

Ilustrasi bantuan vaksin yang tiba di Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Amiriyandi InfoPublik)

Ilustrasi bantuan vaksin yang tiba di Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Amiriyandi InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pasokan vaksin Covid-19 Indonesia terus bertambah. Hari ini, Rabu (20/10/2021) Indonesia kembali menerima pasokan vaksin merek AstraZeneca sebanyak 1.200.000 dosis dari Australia.

Vaksin yang didapatkan melalui kerja sama bilateral antar kedua negara dan merupakan kedatangan tahap ke-93 ini, diperkirakan sampai ke tanah air sekitar pukul 14.25 WIB di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Menggunakan maskapai Cathay Pacific Flight dengan nomor penerbangan CX 3241.

Vaksin yang datang kali ini merupakan vaksin jadi atau siap pakai. Nantinya, vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat luas yang mengikuti program vaksinasi massal yang selenggarakan oleh pemerintah pada beberapa waktu ke depan. Mengingat, Indonesia tengah melakukan serangkaian vaksinasi secara gencar dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga   Terus Melonjaknya Kasus Covid-19, Kemenkes Sesuaikan Interval Vaksinasi Lanjutan

Terkait dengan vaksin di atas, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 22 Februari 2021, telah menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA untuk Vaksin AstraZeneca. Sehingga penggunaan vaksin ini dapat dipastikan aman dalam berkontribusi pada vaksinasi massal yang sedang digencarkan pemerintah.

Berdasarkan data kedatangan yang dihimpun oleh InfoPublik.id, dengan tibanya vaksin ke 93 pada hari ini, membuat stok vaksin Indonesia semakin bertambah melimpah. Dengan total vaksin yang dimiliki oleh Indonesia mencapai sebanyak 284.350.020 dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk jadi maupun bentuk mentah (bulk).

Baca juga   Siaran TV di Jabodetabek Resmi Beralih ke Digital pada 5 Oktober 2022

Rincian vaksin Covid-19 yang akan dimiliki Indonesia yaitu sebanyak 219.476.280 dosis vaksin Sinovac dalam bentuk jadi maupun bulk, sebanyak 28.989.100 dosis vaksin AstraZeneca, sebanyak 8.200.000 dosis vaksin Sinopharm, 8.000.160 dosis vaksin Moderna, 18.943.880 dosis vaksin Pfizer, dan 500.000 dosis vaksin Janssen (Johnson & Johnson). (*)

Share :

Baca Juga

Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM anggota DPRD DIY menilai keputusan pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi merupakan keputusan yang sulit diterima oleh Rakyat saat ini. Foto: Ist

News

Kenaikan Harga BBM hingga 32%, Dr. R. Stevanus: Semakin Menyusahkan Masyarakat DIY
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Update Covid-19 Hari Ini 21 September 2022, Kasus Positif Bertambah 2.348
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengatakan para pelajar dibolehkan pulang karena telah memenuhi masa isolasi mandiri sesuai ketentuan yang berlaku. (Foto: diskominfo Purbalingga)

News

Masa Isolasi Selesai, 66 Pelajar SMPN 4 Mrebet Dipulangkan
Foto: Puspenkum

News

Kejagung Kembali Setujui 14 Perkara Dihentikan Lewat Restorative Justice, Ini Daftarnya
Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat memimpin Apel Jam Pimpinan di Mako Polres Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Polres Magelang Prioritaskan Enam Titik Pengamanan Malam Tahun Baru
Warga bergotong royong membersihkan rumah yang roboh akibat longsor di Temanggung. (Foto: MCTEMANGGUNG)

News

Hujan Deras di Temanggung, Rumah Kholiq Hidayat Roboh
Pos Aju dibentuk untukpercepatan penanganan jenazah pasien Covid-19 di Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Kelompok Pemuda yang Lempari Mobil Jenazah Covid-19 di Klaten, Kini Tobat Jadi Relawan
Banjir yang terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Jember, Provinsi Jawa Timur, pada Minggu (9/1) mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. (Foto: BPBD Kabupaten Jember)

News

Update! Korban Meninggal Dunia Akibat Banjir Bandang Jember Menjadi 3 Orang