Home / Peristiwa

Rabu, 18 Agustus 2021 - 19:58 WIB

Giliran Klaten Dapat Bantuan Oxygen Concentrator dari Pemkot Surakarta

Walikota Surakarta, Gibran Rakabumining saat menyerahkan bantuan oxygen concentrator kepada Pemkab Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Walikota Surakarta, Gibran Rakabumining saat menyerahkan bantuan oxygen concentrator kepada Pemkab Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Walikota Surakarta, Gibran Rakabumining Raka menyerahkan secara langsung bantuan oxygen concentrator kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, untuk menunjang penangan pasien Covid-19.

Bantuan sebanyak 100 unit oxygen concentrator tersebut diterima oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani di Pendapa Kabupaten Klaten, Rabu (18/8/2021) pagi.

“Harapannya kota-kota se-Solo Raya dapat menekan angka kematian (pasien Covid-19). Jadi kebutuhan oksigen harus terpenuhi,” ungkap Gibran usai menyerahkan bantuan oxygen concentrator.

Seperti diketahui, lonjakan pasien Covid-19 yang sempat terjadi di sejumlah daerah berdampak pada peningkatan kebutuhan oksigen. Tingginya permintaan tambahan suplai oksigen sempat terkendala di beberapa daerah.
Oxygen concentrator menjadi alternatif dan dinilai dapat menolong pasien yang membutuhkan oksigen.

Baca juga   Ribuan Pegawai Jasa Sektor Keuangan Antusias Divaksin

Alat ini merupakan salah satu penopang suplementasi oksigen, mengingat kadar oksigen pada udara bebar umumnya berkisar 21 persen saja. Dengan alat tersebut, kebutuhan pasien ditopang hingga 90 persen.

Bantuan serupa juga diberikan Walikota Gibran ke kabupaten lain di wilayah Solo Raya. Ia menilai, kondisi daerah di Solo Raya saling terkait terutama dalam hal penanganan pandemi Covid-19. Menurutnya upaya ini merupakan langkah antisipasi agar gelombang lonjakan Covid-19 di Solo Raya dapat segera ditangani.

“Kalau terjadi gelombang selanjutnya, kondisi daerah sudah siap, oksigennya, tempat isoternya, di faskes juga siap. Kalau Klaten sehat, Solo juga sehat, begitu juga daerah lainnya di Solo Raya,” paparnya.

Baca juga   Meriahkan Haornas, Darma Wanita Klaten Aksi Senam Sehat di Atas Bukit Sidogura

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. Menurutnya bantuan tersebut sangat membantu penanganan pasien Covid-19 agar segera tertangani saat membutuhkan oksigen.

“Ini merupakan upaya terintegrasi, antar pemerintah daerah harus bersinergi, saling support agar pandemi dapat segera tertangani keseluruhan. Kami sangat berterimakasih dan mudah-mudahan dengan bantuan ini Klaten segera naik level dan segera terbebas dari Covid-19,” kata Bupati yang akan langsung mendistribusikan oxygen concentrator itu ke tempat isoter yang disiagakan di Kabupaten Klaten. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar dengan sabar mendampingi Suparman yang takut suntik vaksin. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ada Buruh Takut Suntik Vaksin, Ganjar Langsung Dampingi
Ilustrasi pelaku ekonomi sudah diizinkan membuka lapaknya selama PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Izinkan Pelaku Ekonomi Buka Selama PPKM Level 4
PHRI saat sidak di McDonal's Sultan Agung. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Hotel dan Resto yang Tak Taat Prokes Bakal Kena Sanksi
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac kepada pedagang di Pasar Tradisional Sunggingan, Boyolal, Kamis (22/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Vaksinasi di Boyolali Mulai Sasar Pedagang Pasar
Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat menerima bantuan penanganan Covid-19 dari Bank Jateng Cabang Ungaran. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab. Semarang)

Peristiwa

Dua Minggu PPKM Darurat, Kasus Positif Turun 27 Persen
Mahasiswa bergandengan tangan dengan Polres bagikan sembako untuk warga terdampak PPKM. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Bareng Polres, Mahasiswa Rembang Bagikan Sembako pada Warga Terdampak PPKM
Vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang di Pasar Borobudur. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi bagi Pedagang Pasar Tradisional
Pemasangan fasilitas wifi hingga 100 Mbps di GOR Gelarsena. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Permudah Komunikasi Pasien, GOR Gelarsena Dilengkapi Wifi