Home / Wisata

Jumat, 20 Agustus 2021 - 11:15 WIB

Giliran Pelaku Wisata Goa Selarong Disasar Vaksin Covid-19

Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelaku wisata di Goa Selarong. (Foto: Humas Kab. Bantul)

Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelaku wisata di Goa Selarong. (Foto: Humas Kab. Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Pelaku wisata di kawasan Goa Selarong, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Bantul menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (19/8/2021).

Kegiatan ini merupakan vaksinasi ke 21 yang digelar di lokasi wisata dan di wilayah Bantul merupakan kali kedua digelar di kawasan wisata. Sebelumnya kegiatan serupa dilaksanakan di hutan pinus Mangunan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir. Singgih Raharjo, SH., M. Ed yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa vaksinasi ini bertujuan untuk mendorong pelaku pariwisata, keluarga pelaku pariwisata dan masyarakat agar mau untuk divaksin Covid-19.

“Tujuan yang kedua adalah untuk mempromosikan destinasi wisata yang mebjadi satu bagian dengan pelaku pariwisata.” kata Singgih.

Vaksinasi Covid-19 bagi pelaku wisata, selanjutnya menurut Singgih adalah untuk menyiapkan sektor pariwisata agar bisa menerima wisatawan kembali apabila PPKM telah dilonggarkan ataupun kembali tidak diperpanjan.

Baca juga   Hari Ini 1030 Kasus Positif Covid-19 di DIY Sembuh, Meninggal 26 Pasien

“Harapan kita semoga nanti tanggal 24 Agustus PPKM sudah tidak diperpanjang atau ada pelonggaran kembali, destinasi wisata boleh dibuka dan para pelaku pariwisata juga telah menyiapkan diri dengan melakukan vaksinasi karena sektor pariwisata selama PPKM ditutup selama kurang lebih dua bulan,” lanjut Singgih.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo mengatakan fakta yang dilihat dari kegiatan ini adalah bentuk konkrit dari Pemda DIY, utamanya Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X yang memberikan perhatain kepada kita semua terutama yang terkait dengan pariwisata.

“Kenapa pariwisata menjadi prioritas untuk mendapatkan perhatian vaksinasi karena pariwisata di Bantul dan di wilayah DIY telah menjadi urat nadi perekonomian dari Pemerintah Kabupatan dan Pemda DIY,” kata Wakil Bupati.

Baca juga   Sri Sultan: Hentikan Penambangan Pasir di Lereng Gunung Merapi!

Selaniutnya Wakil Bupati mengatkan bahwa pariwisata merupakan wajah kita yang dapat dilihat secara kongkrit secara nyata oleh masyarakat diluar DIY.

Vaksinasi dengan jumlah sasaran sebanyak 650 orang peserta yang didanai oleh Dana Keistimewaan DIY tersebut merupakan bentuk nyata daei keseriusan Pemda DIY dalam menuntaskan program vaksinasi.

“Pemda DIY, Pemkab Bantul, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, kita berkomitmen bersama kita bangun sinergi bahwa pariwisata, pengelolanya, masyarakatnya harus sehat tidak boleh sakit.” kata Wakil Bupati.

Setelah sinergitas antar stakehokder kemudian yang kedua masyarakat di seputar destinasi wisata harus tervaksin dan yang terakhir menurut Wakil Bupati, destinasi wisata harus bersih dan sehat sehingga dari berbagai persiapan yang telah dilakukan tersebut bermuara pada kesiapan sektor pariwisata menerima kunjungan wisatawan saat PPKM sudah dikendorkan. (*)

Share :

Baca Juga

Poster sinetron Badai Pasti Berlalu. (Foto: nyatanya.com/instagram badaipastiberlalu_sinemart)

Wisata

Labuhan Bajo Viral Usai Jadi Lokasi Syuting Sinetron ‘Badai Pasti Berlalu’
Seporsi Kupat Tahu Dompleng. (Foto: Agoes Jumianto)

Wisata

Nikmatnya Kupat Tahu Dompleng yang Ikonik dan Melegenda
Warung sego kikil Mojosongo Jombang jadi ikon wisata kuliner. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Ajib Bangettt! Sego Kikil Mojosongo Jombang yang Bikin Ketagihan
Candi Prambanan. (Foto: nyatanya.com/Instagram @media_twc)

Wisata

Wisata Candi Prambanan Kembali Ditutup Sampai 5 Juli 2021
Pelaksanaan “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng. (Foto:Humas Pemkot Magelang)

Wisata

Pemkot Magelang Gelar “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng
Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Karimunjawa, Jumat (10/9/2021). Dengan pengembangan Bandara Dewandaru Ganjar berharap paket wisata segera dibuka.(Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Ganjar Minta Wisata Karimunjawa Diujicobakan Terbatas
Pantai Seruni Gunungkidul, salah satu diantara tempat wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Semua Objek Wisata di Gunungkidul Ditutup Selama PPKM Darurat
Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

Wisata

Air Terjun Ledok Pokoh Dlingo Tawarkan Kesegaran Alami