Home / News

Selasa, 12 Oktober 2021 - 11:23 WIB

#GirlsTakeOver 2021, Upaya BUMN Wujudkan Kepemimpinan Perempuan pada 2023

Kampanye #GirlsTakeOver lebih dari memberi kesempatan sehari jadi pemimpin di BUMN. (Foto: InfoPublik.id)

Kampanye #GirlsTakeOver lebih dari memberi kesempatan sehari jadi pemimpin di BUMN. (Foto: InfoPublik.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Srikandi BUMN dan Forum Human Capital Indonesia menyelenggarakan kegiatan yang mengangkat komitmen bersama untuk kepemimpinan perempuan, serta suara perempuan muda finalis #GirlsTakeOver 2021.

Kegiatan #GirlsTakeOver (Sehari Jadi Pemimpin) merupakan kampanye global yang dilakukan setiap tahun secara serentak oleh Plan International untuk memperingati Hari Anak Perempuan Internasional yang jatuh pada 11 Oktober.

Tahun ini, #GirlsTakeOver 2021 merupakan bagian dari rangkaian kampanye #RaisetheBar untuk mewujudkan kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan di dunia kerja.

Dalam kegiatan bersama tersebut, sebanyak enam perempuan muda berusia 20-24 tahun yang telah berhasil terpilih dalam #GirlsTakeOver 2021 dan menyisihkan lebih dari 7000 pendaftar dari seluruh Indonesia ini mendapatkan penugasan dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengambil alih (takeover) peran Menteri BUMN dan lima CEO BUMN selama sehari, yaitu: Angkasa Pura/AP 1, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Kimia Farma, dan Telkomsel pada 30 September–1 Oktober lalu.

Adapun ke enam perempuan muda terpilih itu adalah :

  1. Adinda Zenniar (20 tahun, Jawa Tengah), bertugas men-take over peran Direktur Utama Bank Mandiri;
  2. Indira Arum Puspitarani (23 tahun, Sulawesi Selatan) bertugas men-take over peran Direktur Utama Kimia Farma.
  3. Putri Gayatri (20tahun, JawaBarat) bertugas men-take over peran Direktur Utama Telkomsel.
  4. Sharon Florencia (24 tahun, Jawa Barat) bertugas men-take over peran Menteri BUMN.
  5. Sisilia Tunga (22 tahun, Nusa Tenggara Timur) bertugas men-take over peran Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia.
  6. Virdha Yudha (23 tahun, Jawa Tengah) bertugas men-take over peran Direktur Utama Angkasa Pura 1.
Baca juga   Harapan Warga Kotagede, Revitalisasi Situs Peninggalan Kraton Mataram

Kampanye #GirlsTakeOver sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN untuk meningkatkan keterwakilan perempuan di jajaran BoC, BoD, dan BoD-1 BUMN, dengan target 15 persen pada 2021 dan mencapai 25 persen pada 2023.

Juga peningkatan keterwakilan generasi muda dijajaran BoD dan BoD-1 BUMN menjadi 5 persen pada 2021, dan 10 persen pada 2023. Indonesia berpotensi meningkatkan USD135 miliar Produk Domestik Bruto pada 2025 jika dapat meningkatkan kesetaraan gender di dunia kerja.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menyampaikan, kampanye #GirlsTakeOver lebih dari memberi kesempatan sehari jadi pemimpin di BUMN.

“Dibaliknya ada komitmen kuat, target-target, dan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kepemimpinan perempuan dan generasi muda di seluruh BUMN yang dikawal langsung Menteri BUMN Erick Thohir, dan digerakkan oleh Forum Human Capital Indonesia serta komunitas di bawahnya (Srikandi BUMN dan BUMN Muda),” ujarnya, Senin (11/10/2021).

Sementara menurut Direktur Eksekutif Plan Indonesia Dini Widiastuti, diperlukan sebuah gerakan untuk mendobrak stereotipe gender untuk menunjukkan bahwa perempuan bisa memimpin.

Baca juga   Covid-19 di DIY Hari Ini 13 Pasien Meninggal, Sembuh 659 Orang

Lebih lanjut Ketua Umum Srikandi BUMN Tina T. Kemala Intan menyampaikan, kepemimpinan perempuan di dunia kerja tidak sekadar gender issue, namun adalah business issue, karena perannya memberi makna dan dorongan bagi peningkatan kinerja seiring meluasnya kesempatan di BUMN bagi perempuan untuk berkarir dan menjadi pemimpin.

“Srikandi BUMN terus mendorong terwujudnya gender equality melalui inisiatif women leader ship dan women empowerment, dan Girls Takeover adalah salah satu wujud dalam mempersiapkan SDM perempuan menjadi future leaders dan menginspirasi anak perempuan untuk berani mengambil kesempatan untuk berkarya, dan berkontribusi untuk Indonesia,” katanya.

Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar menyampaikan, FHCI berkomitmen penuh mendukung arahan dari Menteri BUMN RI untuk melakukan transformasi human capital di BUMN dengan mendorong kepemimpinan perempuan dan kepemimpinan generasi muda melalui sayap organisasinya, Srikandi BUMN dan BUMN Muda.

FHCI dan Srikandi BUMN mengajak seluruh BUMN untuk bersama-sama mendorong kepemimpinan perempuan dan kesetaraan gender. Karena riset dari berbagai institusi secara jelas menyatakan bahwa diversity memberikan nilai tambah pada kinerja organisasi.

BUMN, sebagai agen pembangunan memiliki amanah untuk mempromosikan pemberdayaan perempuan dan memberi contoh bagi publik tentang kesetaraan gender dan ketersediaan peluang yang sama di dunia kerja. (*)

Sumber InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menurut Haryati, bahan pangan yang mengalami fluktuasi harga di antaranya adalah cabai rawit dan minyak goreng. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

News

Jelang Idul Adha, Stok Pangan Dipastikan Aman
Bupati Klaten, Sri Mulyani. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

News

Catat! Minggu Depan Hajatan Tak Diizinkan
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan bahwa Pemkot telah membuka 4 sentra vaksinasi, yakni di PDAM Tirtamarta, XT Square, SMAN 7, dan BPD DIY demi menekan kasus Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

News

Terus Gencarkan Vaksinasi, Upaya Pemkot Yogya Tekan Kasus Covid-19
Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan permintaan maaf atas nama Pemerintah Kabupaten Klaten kepada masyarakat. (Foto:Diskominfo Klaten)

News

Bupati Sri Mulyani Minta Maaf! Kenapa?
Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

RSUP Sardjito Didorong Jadi RS Terkemuka Asia Tenggara
Tes usap (swab) antigen secara acak kepada karyawan toko di Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Tim Terpadu Penegakan PPKM Lakukan Tes Antigen di Pertokoan
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Surakarta, Senin (13/9/2021). (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

News

Menteri Nadiem Apresiasi Gibran dalam Pelaksanaan PTM
Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

News

90 Siswa SMP Terpapar Covid-19, Ganjar Minta Sekolah yang Belum Siap PTM untuk Jujur