Home / Wisata

Kamis, 9 Juni 2022 - 18:25 WIB

Gojek dan Pemkot Yogya Siapkan Pedagang Teras Malioboro 2 Hadapi Era Digital

Peluncuran Teras Malioboro 2 Pojok Pasti Ada Jalan, kolaborasi Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dengan Gojek, Kamis (9/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Peluncuran Teras Malioboro 2 Pojok Pasti Ada Jalan, kolaborasi Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dengan Gojek, Kamis (9/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Chief Commercial Expansion Gojek Catherine Hindra Sutjahyo, secara simbolis menyerahkan cenderamata kepada Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi, sebagai tanda peluncuran Teras Malioboro 2 Pojok Pasti Ada Jalan, kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dengan Gojek pada Kamis (9/6/2022).

Teras Malioboro 2 sebagai salah satu pusat oleh-oleh dan kuliner di kawasan jalan Malioboro merupakan sebuah potensi besar untuk memajukan bisnis pelaku UMKM dan memunculkan ikon baru tujuan wisata di Kota Yogyakarta.

Hal inilah yang melatarbelakangi kerjasama antara Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dengan Gojek untuk memberikan dukungan berupa sarana prasarana pendukung bagi pelaku UMKM dan pengelola, serta menjadikan pedagang Teras Malioboro 2 sebagai bagian dari ekosistem Gojek yaitu mitra GoFood dan GoPay.

Dalam sambutannya Pj Walikota Yogyakarta Sumadi menyampaikan bahwa program ini merupakan kolaborasi yang tepat. Diharapkan dapat terus meluas serta melibatkan lebih banyak pemangku kepentingan dari dunia usaha, akademisi, serta stakeholder industri pariwisata.

Baca juga   Satu Arah Jalan Gambiran Mulai 30 Agustus 2022, Berlaku untuk Semua Kendaraan

“Ini adalah kolaborasi yang luar biasa, bermanfaat untuk kembali menggerakkan roda perekonomian, memberdayakan masyarakat, dan meningkatkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat. Tentunya yang terpenting adalah agar setiap pelaku usaha di Kota Yogyakarta dapat terfasilitasi untuk berusaha dengan nyaman, lebih mudah dalam menjangkau pelanggan melalui aplikasi digital,” jelasnya.

Pj Walikota Yogyakarta Sumadi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Gojek yang telah ikut memberi kontribusi dan berperan aktif dalam mendukung pembangunan Kota Yogyakarta.

Secara khusus dalam mendukung dan mempersiapkan pedagang Teras Malioboro 2 dalam menghadapi era digital.

Sejalan dengan itu, Chief Commercial Expansion Gojek Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan bahwa Gojek punya komitmen untuk mendorong pengembangan dan digitalisasi UMKM khususnya di Kota Yogyakarta.

Menurutya digitalisasi adalah bagian dari masa depan UMKM untuk terus bisa eksis dan berkembang.

“Kami ucapkan terima kasih banyak atas kepercayaan Pemkot Yogyakarta dalam kerja sama ini. Kami percaya bahwa UMKM di Teras Malioboro 2 ini siap dan mampu untuk didigitalisasi,” jelasnya.

Baca juga   Giliran Pelaku Wisata Goa Selarong Disasar Vaksin Covid-19

Setelah kegiatan peluncuran dilanjutkan dengan talkshow yang mengangkat tema “Mempersiapkan Pelaku UMKM dalam Menghadapi Era Digital” dipandu oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

Pertanyaan yang disampaikan adalah seputar peran Pemkot Yogyakarta dalam mempersiapkan pelaku UMKM menghadapi kompetisi di era digital, serta bagaimana peran dukungan Gojek terkait hal tersebut.

Disampaikan oleh Pj Walikota Yogyakarta Sumadi beberapa peran yang dilakukan Pemkot Yogyakarta untuk mempersiapkan pedagang Teras Malioboro 2 di era digital adalah dengan memberikan edukasi dan memfasilitasi pedagang dalam pengadaan pembayaran perbankan non tunai melalui QRIS dan Gopay.

Kemudian Chief Commercial Expansion Gojek Catherine Hindra Sutjahyo menambahkan selain edukasi terkait digitalisasi usaha juga akan didukung terkait pendampingan pengembangan usaha khususnya data.

(Jul/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Dok. AP II

Wisata

Bandara Jenderal Besar Soedirman Layani Lagi Penerbangan Komersial, Ini Jadwalnya
Masjid Soko Tunggal Tamansari. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Masjid Soko Tunggal yang Unik dan Sarat Filosofi di Tamansari
Bermain congklak atau dakon jadi salah satu pilihan permainan tradisional di Kampoeng Dolanan Desa Bumiharjo, Borobudur Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Mengulik Serunya Permainan Tradisional di Kampoeng Dolanan Borobudur
Workshop Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata yang diselenggrakan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada Rabu (2/3/2022) di Hotel Horison Riss Ultima, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Penguasaan Bahasa Asing, Kunci Pengembangan Kampung Wisata
Salah satu kuda yang biasa digunakan kursus berkuda bernama Melly sedang dilepas dari kandangnya. (Foto:istimewa)

Wisata

Kursus Berkuda Makin Memikat Masyarakat, JJ Stable Didik dari Pemula
Susur pantai, akan menjadi alternatif baru wisatawan menikmati indahnya Samudera Pasifik. (Foto: Diskominfo Kebumen)

Wisata

Susur Pantai, Cara Baru Menikmati Indahnya Pantai Selatan
Dalam kegiatan Simulasi One Day Tour, selain mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Ketep Pass, Bukit Grenden, Awang-Awang Telomoyo, Embung Pagergunung dan Omah Kembang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Dinas Pariwisata Gelar Simulasi One Day Tour Magelang
Konsumen bisa merasa senang menikmati suasana santai di komplek Bali nDeso. (Foto: Istimewa)

Wisata

Kuliner Sembari Wisata Happy di Bali nDeso