Home / Peristiwa

Jumat, 21 Januari 2022 - 15:42 WIB

Gowes “Dodolan Kampung” Ngaruhke Ekonomi Perempuan di Kelurahan Wirogunan

Wakil Walikota Yogya, Heroe Poerwadi gowes Dodolan Kampung pada Jumat (21/1/2021) berkolaborasi dengan program Dakon Perak dari Pemkot Yogyakarta untuk melihat potensi di wilayah Kelurahan Wirogunan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogya, Heroe Poerwadi gowes Dodolan Kampung pada Jumat (21/1/2021) berkolaborasi dengan program Dakon Perak dari Pemkot Yogyakarta untuk melihat potensi di wilayah Kelurahan Wirogunan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kegiatan bersepeda bersama Dodolan Kampung yang diadakan Pemkot Yogyakarta bersama berbagai komunitas sepeda kembali menyusuri kampung-kampung di Kota Yogyakarta.

Gowes bersama pada Jumat (21/1/2021) berkolaborasi dengan program Dakon Perak dari Pemkot Yogyakarta untuk melihat potensi di wilayah Kelurahan Wirogunan.

Gowes bersama dimulai dari kompleks Balai Kota pada Jumat (21/1/2021) pagi melewati Jalan Kusumanegara. Kemudian berbelok ke Jalan Batikan lalu menyusuri jalan-jalan kampung-kampung di Kelurahan Wirogunan di antaranya di Kampung Nyutran dan berakhir di Kampung Surokarsan.

Rombongan berhenti di beberapa titik potensi di Kelurahan Wirogunan di antaranya produsen kain batik dan suplayer berbagai produk kerajinan alam.

“Tujuannya ke Wilayah Wirogunan untuk melihat potensi-potensi yang ada. Seperti ini berjualan kerajinan- kerajinan dari berbagai macam produk alam,” kata Heroe di sela pemberhentian gowes melihat potensi produk di wilayah Kelurahan Wirogunan.

Baca juga   Permudah Komunikasi Pasien, GOR Gelarsena Dilengkapi Wifi

Heroe menuturkan rombongan juga mengunjungi Kampung Surokarsan di Kelurahan Wirogunan yang akan menjadi pusat kegiatan untuk pengembangan dana strategis. Rencananya akan menyatukan antara Bintaran, Surokarsan, Kelurahan Keparakan dan Kelurahan Prawirodirjan.

Heroe Poerwadi saat melihat potensi yang ada di wilayah Kelurahan Wirogunan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Heroe menyatakan dalam kegiatan rutin itu mengajak berbagai komunitas sepeda untuk melihat dan mempromosikan potensi-potensi yang ada. Diharapkan mereka dapat menghubungkan dengan komunitas-komunitas lain sehingga menjadi satu kesatuan yang bisa menggerakan ekonomi masyarakat kampung-kampung di Kota Yogyakarta.

“Harapannya agar mempromosikan potensi-potensi yang ada. Ini juga dalam rangka membiasakan masyarakat untuk dilatih kegiatan sepedaan. Karena yang akan kita jual adalah bagaimana masyarakat terbiasa dengan sepeda. Harapannya juga menghubungkan dengan komunitas- komunitas yang lain agar menjadi satu kesatuan gerakan ekonomi,” jelas Heroe.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengedalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta Edy Muhammad mengatakan program Dakon Perak yaitu dolan ngaruhke ekonomi perempuan kampung KB dan Kampung Ramah Anak. Program itu disinergikan dengan program Dodolan Kampung dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta.

Baca juga   Pelaku Penganiayaan di Depan Asrama Kemasan Menyerahkan Diri, Begini Kronologinya

“Harapannya sinergi dengan Dodolan Kampung melalui gowes melihat potensi di wilayah sambil melihat kegiatan ibu-ibu PKK di Kampung KB dan kegiatan forum anak. Sambil menjaring permasalahan di wilayah, melihat potensi dan dipromosikan sehingga bersinergi,” terang Edy.

Menurutnya dengan program yang melibatkan asosiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) di 45 kelurahan di Kota Yogyakarta dan berbagai komunitas sepeda, diharapkan akan cepat diketahui masyarakat.

Pada tahun ini Dakon Perak akan diprogramkan bersama Bagian Kesra Pemkot Yogyakarta dengan program Dodolan Kampung. Setiap minggu akan ada 1 kelurahan yang akan menjadi sasaran program sehingga lebih intens terkait kedalaman wilayah lebih lengkap.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Vaksinasi yang dilaksanakan di GOR Bumi Manunggal SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Digelar Maraton, Vaksinasi Serentak Pesantren dan Rumah Ibadah
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng Sakina Rosellasari Kurun. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Sebelum Pulang Kampung, Ratusan Pekerja Migran Asal Jateng Jalani Karantina
Foto terakhir yang diunggah Mbah Teguh di laman Facebook. (Foto: FB Teguh Mukti)

Peristiwa

Berita Duka! Mbah Teguh Gowes Klaten-Mandalika-Toraja-IKN, Meninggal di Balikpapan
Tersangka investasi bodong FT terancam hukuman 20 tahun penjara. Foto: Ist

Peristiwa

Polres Kebumen Bongkar Kasus Investasi Bodong, Pelaku Mantan TKW Kantongi Rp200 Miliar
Pemateri dan sebagian peserta penyuluhan tentang narkoba dan budi pekerti di Maguwoharjo saat foto bersama. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

PKK Maguwoharjo Gelar Penyuluhan Narkoba dan Budi Pekerti
Setelah dua tahun vakum karena pandemi, Kampung Ramadan mulai dibuka kembali pada Minggu (3/4/2022) di Jalan dr Wahidin Rembang. (Foto: MC Kab.Rembang)

Peristiwa

Setelah Vakum Dua Tahun, Kampung Ramadan Rembang Kembali Dibuka
Sapi bantuan Gubernur DIY untuk Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Salurkan Hewan Kurban Bantuan Gubernur
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Foto: dok. Divhumas Polri

Peristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Segera Periksa Direktur PT LIB dan Panpel