Home / Wisata

Jumat, 7 Januari 2022 - 18:31 WIB

Gowes Dodolan Kampung Yogya Jelajahi Prenggan Kotagede

Gowes Dodolan kampung kali ini dimulai dengan rute dari Balai Kota Yogyakarta menuju ke Kelurahan Prenggan. Melewati gang-gang jalan kampung dan potensi bangunan cagar budaya di kampung-kampung Prenggan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Gowes Dodolan kampung kali ini dimulai dengan rute dari Balai Kota Yogyakarta menuju ke Kelurahan Prenggan. Melewati gang-gang jalan kampung dan potensi bangunan cagar budaya di kampung-kampung Prenggan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kegiatan bersepeda bersama “Gowes Dodolan Kampung” kembali diselenggarakan Pemkot Yogyakarta bersama berbagai komunitas sepeda. Pada tahun 2022, kegiatan Dodolan Kampung difokuskan per kelurahan di Kota Yogyakarta.

Untuk mengawali kegiatan ini, pada Jumat (7/1/2022), Gowes Dodolan Kampung menjelajahi kampung- kampung di Kelurahan Prenggan Kemantren Kotagede.

Gowes Dodolan kampung dimulai dengan rute dari Balai Kota Yogyakarta menuju ke Kelurahan Prenggan. Melewati gang-gang jalan kampung dan potensi bangunan cagar budaya di kampung-kampung Prenggan. Seperti Pendopo Kajengan, Pendopo Sopingen, rumah joglo, rumah adat limasan dan Masjid Perak Kotagede.

“Kami mulai kembali kegiatan Dodolan Kampung bersama teman-teman Yosega, yang terdiri dari berbagai komunitas sepeda. Kami kembali ngaruhke (menyapa) kampung-kampung di Kota Yogya. Tahun ini kami mulai dari Kelurahan Prenggan,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Retnaningtyas di sela Dodolan Kampung, Jumat (7/1/2021).

Baca juga   Ini Dia Pemenang Lomba Pemuda Pelopor Tahun 2021 Kota Yogya

Dia menyatakan tujuan dari kegiatan Dodolan Kampung adalah menyapa masyarakat dan kampung-kampung di Kota Yogyakarta. Dalam kegiatan juga untuk melihat berbagai potensi dan permasalahan di kampung. Hal itu akan menjadi bahan masukan bagi organisasi perangkat daerah teknis terkait untuk melakukan kegiatan lebih lanjut.

“Tujuannya untuk ngaruhke masyarakat sekaligus kampung. Kami juga ingin melihat potensi-potensi di kampung- kampung tiap kelurahan,” ujarnya.

Dia menyebut pada tahun 2022 kegiatan Dodolan Kampung akan difokuskan per kelurahan di Kota Yogyakarta. Untuk itu kegiatan Dodolan Kampung akan mengunjungi kampung-kampung di 45 kelurahan di Kota Yogyakarta. Salah satunya diawali dengan kunjungan ke Kelurahan Prenggan dengan tema Ngulik Prenggan atau mencari potensi Prenggan.

“Potensi di Prenggan misalnya ada bangunan- bangunan heritage seperti Pendopo Sopingen dan Masjid Perak. Kami gali bersama potensi dan permasalahan di Kelurahan Prenggan dan kami sampaikan ke pimpinan untuk bahan membuat kebijakan,” terang Retnaningtyas.

Baca juga   Harmonisasi Jawa-Sunda, Sri Sultan dan Ridwan Kamil Tandatangani Perjanjian Kerjasama

Sedangkan Ketua Kampung Wisata Prenggan, Wiwik menyampaikan, potensi di Prengan di antaranya bangunan cagar budaya dan berbagai kuliner Kotagede seperti kipo, yangko, ukel dan legomoro. Fasilitas penginapan seperti homestay juga sudah tersedia di Prenggan.

“Sudah ada paket-paket wisata kampung di Prenggan yang bisa diakses di Jogja Smart Service. Gowes ini adalah salah satu kegiatan yang bisa kami terima. Kami harap acara ini tidak berhenti di sini saja,” ucap Wiwik.

Sementara itu Ketua RW 10 Prenggan sekaligus anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Prenggan Ismunandar mengaku senang dengan Prenggan dijadikan tempat kunjungan.

Ismunandar yang juga pelaku wisata Himpunan Pramuwisata Indonesia(HPI) Yogyakarta, berharap setelah kegiatan ini, para komunitas sepeda dan lainnya bisa datang lagi ke Prenggan dan bisa berdampak ke masyarakat lebih luas.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno melakukan Rembug Santai bersama pelaku wisata, desa wisata dan ekonomi kreatif, bertempat di Kantor Eks Kawedana Parakan. (Foto:MC Kab Temanggung)

Wisata

Sandiaga Uno Rembug Santai dengan Pelaku Wisata Temanggung
Gunung Api Purba Ngelanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. (Foto: tangkapan layar instagram @gunungapipurba)

Wisata

Nglanggeran, Desa Tandus di Gunungkidul yang Kini Mendunia
Ganjar Pranowo dan istri menikmati suguhan makanan khas Pulau Parang, Pong Blosok. (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Pong Blosok, Makanan Khas Pulau Parang yang Bikin Ganjar Penasaran
Sandiaga Uno melihat sentra kerajinan di wilayah Breksi. Foto: nyatanya.com/istimewa

Wisata

Pandemi Covid-19, Jumlah Wisatawan ke Tebing Breksi Turun Drastis
Rumah Tenun Magelang di Tonoboyo, Bandongan ini hadir sebagai destinasi yang unik karena terdapat perpaduan antara ekowisata, wisata alam dan eduwisata. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Rumah Tenun, Destinasi Eduwisata Baru di Magelang
Keberadaan kereta api khusus bandara ini bisa mendongkrak pariwisata di DIY. Dengan kemudahan aksesbilitas bagi wisatawan diharapkan kunjungan wisata di DIY mengalami peningkatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Kereta Bandara Beroperasi Dongkrak Pariwisata Yogya
Susur pantai, akan menjadi alternatif baru wisatawan menikmati indahnya Samudera Pasifik. (Foto: Diskominfo Kebumen)

Wisata

Susur Pantai, Cara Baru Menikmati Indahnya Pantai Selatan
Patung Yesus di Buntu Burake, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Wisata

Menparekraf: Patung Yesus di Tana Toraja Bukan Sekadar Wisata Religi