Home / News

Senin, 23 Mei 2022 - 11:22 WIB

GPDRR 2022, Ajang Berbagi Informasi dan Referensi Mitigasi Bencana Dunia

Perhelatan GPDRR ke-7 sebagai upaya untuk membahas upaya pengurangan risiko bencana sebagai upaya resiliensi berkelanjutan. Foto: InfoPublik/Amiriyandi

Perhelatan GPDRR ke-7 sebagai upaya untuk membahas upaya pengurangan risiko bencana sebagai upaya resiliensi berkelanjutan. Foto: InfoPublik/Amiriyandi

NYATANYA.COM, Denpasar – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suhariyanto, menyatakan bahwa perhelatan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 sebagai upaya untuk membahas upaya pengurangan risiko bencana sebagai upaya resiliensi berkelanjutan.

Suharyanto yang juga sekaligus sebagai Wakil Ketua I Panitia Nasional GPDRR berharap kegiatan ini dapat untuk saling berbagi informasi terkait mitigasi dan langkah-langkah pengurangan risiko bencana di masa depan.

“Pertemuan di tingkat regional dan global seperti ini sangat penting untuk dilaksanakan sebagai ajang berbagi informasi dan pengalaman dari tingkat lokal dan nasional, untuk diangkat menjadi kesepakatan dan referensi di tingkat global,” kata Suhariyanto dalam keterangan yang diterima InfoPublik di Nusa Dua Bali, Senin (23/5/2022).

Baca juga   Banjir Rendam 774 Rumah Warga Tangerang Selatan, Tak Ada Korban Jiwa

Suhariyanto menekankan, Indonesia telah membuktikan bagaimana pandemi Covid-19 yang merupakan salah satu contoh dari ancaman yang menimbulkan risiko sistemik (systemic risks) ini, bisa menjadi pintu pembelajaran dan kesempatan untuk melakukan reformasi menyeluruh terhadap ketahanan bangsa di bidang kesehatan, fiskal dan moneter, serta penanggulangan bencana, baik itu fenomena alam, maupun non-alam.

Sementara itu, Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana sekaligus Ketua UNDRR Mami Mizutori menegaskan bahwa platform global itu menjadi kesempatan bagi komunitas global untuk bersama-sama belajar dari tragedi Covid-19.

“Acara itu juga menjadi momentum untuk mengevaluasi keberhasilan dan tantangan dalam pengurangan risiko bencana dan untuk mempercepat kemajuan menuju ketahanan bencana dan pembangunan berkelanjutan,” kata Mami.

Baca juga   Pasaman Barat Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 4,8

Sebagai tuan rumah, Pemerintah Indonesia mengusung tema “Dari Risiko ke Resiliensi: Menuju Pembangunan Berkelanjutan untuk Semua di Dunia yang Berubah oleh Covid-19”. Tema itu secara sederhana juga dapat dipahami sebagai “Gotong Royong untuk Tangguh Bencana”.

GPDRR 2022 menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pada tahun ini termasuk Presidensi G20.

Dihadiri 193 delegasi, penyelenggaraan GPDRR 2022 yang berlangsung pada 23-28 Mei 2021 juga diharapkan memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk melakukan pemulihan sosial-ekonomi.

(JR/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi:nyatanya.com/Kominfo

News

Alokasi Vaksin Terbatas, Dinkes Klaten Tunda Vaksinasi Umum
Penandatanganan kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dengan PB PON XX Papua. (Foto:Media Center Kominfo PON XX Papua Klaster Jayapura)

News

BPJS Ketenagakerjaan Jamin Kecelakaan dan Kematian Atlet PON XX
Menteri Kominfo, Johnny G Plate. (Foto:Kominfo/InfoPublik.id)

News

Kominfo Dukung Penuh Peluncuran Satelit Nano Indonesia
Pengurus DPP Walubi saat sowan Gubernur Ganjar Pranowo terkait pelaksanaan Hari Raya Waisak 2566 BE di Candi Borobudur. (Foto: Humas Jateng)

News

Puncak Hari Waisak Digelar 16 Mei 2022, Sekjen Walubi Puji Upaya Ganjar Lestarikan Borobudur
Bank Indonesia (BI) mencabut dan menarik Uang Rupiah Khusus Peringatan 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun Emisi 1995 (URK TE 1995) dari peredaran. Foto: Ist

News

Bank Indonesia Tarik Peredaran Uang Rupiah Khusus Emisi 1995, Begini Ketentuan Penukarannya
Haryadi Suyuti saat merayakan ulang tahunnya yang ke-55. Foto: Dok.Humas Pemkot Yogya

News

Mantan Wali Kota Yogya Haryadi Suyuti Terjaring OTT KPK, Berikut Profil dan Karirnya
Rumah di Perum Buana Asri Vilage, Pendowoharjo, Sleman milik ahli waris korban yang ditempati terdakwa. (Foto: Zainuri Arifin)

News

Proses Hukum Tempati Rumah Tanpa Hak, Majelis Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa 
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Covid-19 DIY Hari Ini: Sembuh 1079 Orang, Meninggal 18, Kasus Baru 353