Home / Peristiwa

Kamis, 24 Februari 2022 - 10:04 WIB

Gubernur Anies Baswedan Ingin Jakarta Jadi Pusat Ekonomi Dunia

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: PPID DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: PPID DKI Jakarta)

NYATANYA.COM, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah 2023-2026 yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (23/2/2022).

Forum itu, merupakan bentuk tindak lanjut Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2021 yang di dalamnya mengatur tentang tahapan dan tata cara penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) dan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah Tahun 2023-2026.

Forum Konsultasi Publik ini dilaksanakan untuk menyerap saran dan/atau masukan dari pemangku kepentingan (stakeholders) pembangunan daerah, termasuk juga dari unsur DPRD.

Gubernur DKI Anies membuka sambutannya dengan memaparkan kondisi terkini yang dihadapi Jakarta, di mana pandemi Covid-19 menjadi tantangan yang mengubah Jakarta menjadi kota yang lebih berketahanan.

Baca juga   20 Orang Jadi Korban Longsong di Pemancingan Cibogor

“Izinkan saya memulai dengan memaparkan kondisi terkini yang dihadapi Jakarta, yang mana dua tahun ini kita menghadapi krisis berupa pandemi, di mana krisis merupakan perubahan yang dipercepat. Maka dari itu kita juga harus merespon perubahan itu dengan cepat dan tepat serta menyiapkan bagaimana desain pembangunan dan pengelolaan kota yang lebih berketahanan,” terang Gubernur DKI Anies, seperti dikutip dalam rilis PPID DKI Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Gubernur DKI Anies juga menyampaikan terkait Pemindahan Ibukota Negara (IKN), dimana ke depan Jakarta akan memegang peran sebagai pusat ekonomi-bisnis berskala global.

Hal tersebut akan berdampak fundamental terhadap bagaimana Jakarta beroperasi baik pada administratif, kewenangan, dan perekonomian. Sehingga perlu perencanaan dan pengelolaan ke depan, sehingga dapat mewujudkan Jakarta sebagai kota perekonomian global.

Baca juga   Pemprov DKI Resmi Perpanjang PPKM Level 3, Begini Penjelasan Lengkapnya

“Saat ini Jakarta sedang menyusun langkah hingga 2026. Karena periode 2023-2026 ini periode yang pendek, sehingga harus kita siapkan pondasi untuk Jakarta menjadi kota perekonomian global. Bukan hanya pusat ekonomi Indonesia tapi pusat ekonomi global,” tegas Gubernur Anies.

Guna mencapai visi tersebut, Gubernur DKI Anies mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam membangun kota ini ke depan.

“Ini adalah momentum kita semua untuk merangkai visi Jakarta ke depan. Jakarta adalah milik bersama. Untuk itu kami Pemprov DKI Jakarta mendorong peran serta dan kolaborasi semua elemen masyarakat dalam membangun kota ini,” pungkasnya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Danang Maharsa menyampaikan sambutan dan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman. Foto: Ist

Peristiwa

Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman Periode 2022-2025 Dilantik
Kebakaran lahan gambut kosong milik warga terjadi di daerah Bengkalis, Riau. Luas lahan mencapai 4 hektare. Hingga saat ini tim gabungan Manggala Agni, TNI-Polri, dan BPBD masih berjibaku memadami api. (Foto: Mediacenter Riau)

Peristiwa

4 Hektare Lahan Gambut Milik warga di Bengkalis Terbakar, Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api
Masjid Gede Kauman setiap harinya menyediakan 1.000 hingga 1.600 porsi takjil. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Menanti Menu Istimewa Gulai Kambing di Masjid Gede Kauman
(Foto: infopublik/Taofiq Rouf)

Peristiwa

Momen Presiden Jokowi Lakukan Simulasi Persiapan MotoGP Mandalika 2022
Ilustrasi hotel di Yogya di tengah pemberlakukan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Peristiwa

PPKM Darurat Diperpanjang, Pengusaha Hotel di DIY Kekurangan ‘Oksigen’
Penyerahan genteng secara simbolis dilakukan Ketua Pembangunan Grha Padmanaba Triyanto kepada Kepala Bappeda Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pembangunan Tahap I Rampung, Grha Padmanaba ‘Topping Off’
Menkominfo Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers G20 DIN di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, pada Sabtu (3/9/2022). Foto: Pey/Humas Kominfo

Peristiwa

400 Partisipan dari 42 Venture Capital dan 55 Startup Ramaikan DIN G20 di Bali
Balai Besar Kartini siapkan bantuan bagi Anak Yatim Piatu Korban Covid-19. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Balai Besar Kartini Bantu Anak Yatim Piatu Korban Covid-19