Home / Peristiwa

Senin, 31 Mei 2021 - 15:57 WIB

Gubernur DIY Gelar Halal-bihalal Secara Virtual

Gubernur DIY dan Wakil Gubernur melaksanakan syawalan secara virtual. Foto: nyatanya.com/istimewa

Gubernur DIY dan Wakil Gubernur melaksanakan syawalan secara virtual. Foto: nyatanya.com/istimewa

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur Paku Alam X, Senin (31/5/2021) menggelar syawalan atau halal-bihalal pada bulan Syawal tahun 1442 Hijriah. Acara tersebut digelar secara virtual akibat pandemic Covid-19. Syawalan dihelat Gedung Pracimosono, Komplek Kantor Kepatihan, Kel. Suryatmajan Kematren Danurejan.

Kabag Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji menyampaikan kegiatan syawalan digelar sebagai ajang silaturahmi antara Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dan Wagub DIY Paku Alam X dengan masyarakat. Meskipun tidak bisa bertatap muka dan berjabat tangan langsung, namun diharapkan tidak mengurangi esensi silaturahmi dan halal bihalal.

”Acara syawalan kali ini dengan format yang baru dengan menyesuaikan kebijakan baru sesuai arahan pemerintah pusat, yaitu halal bihalal secara virtual. Kami sekaligus ingin memberikan contoh kepada masyarakat masih bisa saling silaturahmi, saling memaafkan dalam momen Idul Fitri melalui virtual atau melalui online, tanpa bertemu langsung secara fisik,” terang Aji.

Baca juga   Doa Kebangsaan Bakal Gantikan Sebar Apem di Yaqowiyyu 202

Sedangklan, Gubernur dan Pak Wagub menyempatkan diri untuk bertandang ke Jakarta guna bersilaturahmi dengan masyarakat DIY di Jakarta sebelumnya. Dalam syawalan virtual tersebut juga turut mengundang ketua-ketua paguyuban serta perwakilan-perwakilan masyarakat di Jakarta yang dikoordinasi Badan Penghubung Daerah (Banhubda) DIY.

Gubernur DIY beserta Ibu dan Wagub DIY beserta Ibu hadir secara luring di Gedhong Pracimosono Kompleks Kepatihan bersama jajaran Kepala Forkompimda DIY. Sedangkan untuk Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta bupati/walikota, tetap daring dari kantor masing-masing. Acara berlangsung dari pukul 10.00 – 12.00 WIB sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga   Gunung Merapi Kembali 'Muntah-muntah' Dini Hari Tadi

”Jumlah yang hadir dan waktunya kita batasi tidak boleh lebih dari 2 jam di ruang tertutup. Kita pastikan menjalankan prokes ketat, termasuk tes geNose bagi peserta sebelum masuk ruangan,” tambahnya.

Hadir pula dalam acara tersebut Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, Danlanal Yogyakarta Kolonel (KH/W) Damayanti, Danlanud Adisucipto Marsma TNI A Yani Amirulloh, Kapolda Irjen Pol Asep Suhendar, Kabinda Kombes Pol Andri Wibowo dan Kajati Sumardi. (N11)

Share :

Baca Juga

Pemerintah Kota Surakarta menerima bantuan tabung oksigen dengan total 200 tabung dari PT. Shopee Indonesia. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Ponpes Darussalam Timur Watucongol. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Pemkab Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Darussalam Timur Watucongol
Pelaku pertembakauan Temanggung terima vaksin. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Jelang Panen, 1.114 Petani dan Pedagang Tembakau Sudah Divaksin
Pemasangan fasilitas wifi hingga 100 Mbps di GOR Gelarsena. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Permudah Komunikasi Pasien, GOR Gelarsena Dilengkapi Wifi
Kegiatan vaksinasi di kampung untuk menyisir warga di lingkungan paling bawah yang belum mendapat suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Vaksinasi Covid-19 Mulai Blusukan Masuk Kampung
Kegiatan penegakan PPKM Darurat yang digelar Koramil 09/Grogol. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Operasi Yustisi PPKM Darurat di Kecamatan Grogol Makin Ketat
Apel gelar pasukan gabungan Satgas penanganan Covid-19 di Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Apel Gelar Pasukan Gabungan, Perkuat Pelaksanaan PPKM Darurat di Surakarta
Program CSR Japfa Peduli, bentuk sosial kepada masyarakat, dengan tujuan meringankan beban masyarakat karena adanya pandemi Covid-19. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bantu Ayam dan Telur, Japfa Peduli Warga Isoman