Home / Peristiwa

Kamis, 6 Oktober 2022 - 09:14 WIB

Gubernur DKI Resmikan Reokasi Tugu 66 Taman Menteng

Tugu 66 sebelumnya berlokasi di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan sejak tahun 1992, dan sekarang telah berdiri kokoh di lokasi baru di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Foto: PPID DKI Jakarta

Tugu 66 sebelumnya berlokasi di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan sejak tahun 1992, dan sekarang telah berdiri kokoh di lokasi baru di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Foto: PPID DKI Jakarta

NYATANYA.COM, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan relokasi Tugu 66 yang sebelumnya berlokasi di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan sejak tahun 1992, dan sekarang telah berdiri kokoh di lokasi baru di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022).

Proses peresmian tersebut juga dihadiri oleh tokoh-tokoh pergerakan mahasiswa angkatan 66, seperti Akbar Tanjung, Laskar Ampera, Anggota DPD RI perwakilan DKI Jakarta, Fahira Idris, BEM Nusantara, serta unsur Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Dalam kesempatan itu, Gubernur DKI Anies mengatakan bahwa fungsi dari kehadiran Monumen Tugu 66 ini salah satunya adalah menjadi peringatan terkait perjalanan sejarah Republik Indonesia.

Maka, seiring perjalanan waktu, dilaksanakannya proyek pembangunan LRT di kawasan Rasuna Said, visual Tugu 66 menjadi tidak terlalu terlihat. Sehingga, dinilai tidak begitu representatif lagi apabila lokasi tetap dipertahankan di lokasi awal.

Baca juga   Usai Ditangkap di Lampung, Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja Diperiksa Polda Metro Jaya

“Melalui Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, kami menerima tanggung jawab tugas (relokasi ini). Di Pemerintahan, memang proses itu mengikuti seluruh prosedur, serta bertahap. Kemudian, proses panjang itu Alhamdulillah akhirnya tuntas dan sudah terelokasi di sini. Setelah waktu yang cukup panjang ditentukan, akhirnya tanggal 5 Oktober inilah kita sama-sama resmikan relokasi itu,” ujar Gubernur DKI Anies, seperti dikutip dalam rilis PPID DKI Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Di samping itu, Gubernur DKI Anies juga mengapresasi inisiasi Almarhum dr. Fahmi Idris yang menyarankan kepada Pemprov DKI Jakarta saat itu, untuk memindahkan tugu tersebut ke lokasi baru yang lebih layak. Kemudian, dipilih Taman Menteng sebagai titik baru penempatan Monumen Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat) atau Tugu 66.

“Atas kerja sama berbagai pihak, pemindahan Tugu 66 dari Jalan Rasuna Said ke Taman Menteng berhasil direalisasikan. Terima kasih kepada semua yang terlibat selama ini bekerja bersama dengan kami di Pemprov untuk menuntaskannya. Project ini dikerjakan bersama, jadi ada dari Dinas Kebudayaan, ada dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, ada dari Dinas Bina Marga,” imbuhnya.

Baca juga   Pasien Pertama Cacar Monyet Dinyatakan Sembuh

Gubernur Anies berharap dengan adanya lokasi baru tempat Tugu ini berdiri, akan memudahkan siapapun untuk melihat bagian dari sejarah perjalanan Republik Indonesia, sembari menikmati keindahan ruang ketiga di pusat Kota Jakarta yakni Taman Menteng.

“Dengan berada di tempat ini, maka orang berjalan kaki mampir, anak-anak mampir dan biarkan nanti keluarga-keluarga yang membawa anak-anaknya membaca kisah ini (yang tertulis di tugu tersebut). Mereka akan terinspirasi dengan mengatakan bahwa ada sebuah masa di mana anak-anak muda tak pilih menonton, tak pilih diam, tapi memilih bergerak dan melakukan perubahan (pada tahun 1966),” pungkas Anies.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 Kabupaten Wonogiri, di Pendapa Rumah Dinas, Jumat (12/11/2021). (Foto: Humas Pemkab Wonogiri)

Peristiwa

Ngebut! Capaian Vaksinasi Kabupaten Wonogiri Lampaui 90 Persen
Korban Fabian Noval Asizan (8) ditemukan oleh SRU 3 tersangkut di bawah jembatan Mintoragan. (Foto: Basarnas Yogyakarta)

Peristiwa

Fabian Noval yang Tenggelam di Dam Mrican Ditemukan 5 Km dari Lokasi Kejadian
Penandatanganan deklarasi dan launching SMAN 2 Batang sebagai Sekolah Bersinar alias bersih dari narkoba, Selasa (8/2/2022). (Foto: MC Batang)

Peristiwa

SMAN 2 Batang Jadi Sekolah Bersinar, Pelajar Diminta Jadi Agen Perubahan
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi ikut hadir dalam aksi sosial donor darah yang digelar Pemuda Pancasila. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Donor Darah Warnai Peringatan 62 Tahun Pemuda Pancasila
Sebanyak 175 orang warga yang mengungsi akibat banjir rob yang melanda Kota Pekalongan, Jawa Tengah hingga kini belum kembali ke rumah. Mereka memilih bertahan sementara waktu di sejumlah titik lokasi pengungsian karena wilayah tempat tinggalnya masih terendam air dengan ketinggian 20-30 sentimeter. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

175 Warga Terdampak Banjir Rob Pekalongan Masih Bertahan di Pengungsian
Piagam penghargaan diberikan kepada 120 orang dari berbagai institusi, di antaranya unsur TNI/Polri, tenaga kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas, PMI, dan Ormas yang membantu pemulasaran jenazah. (Foto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

120 Relawan dan Nakes Covid-19 Temanggung Dapat Penghargaan
Perwakilan Komnas Ham RI usai pertemuan dengan Bupati dan pejabat setempat menyampaikan bakal mengumpulkan fakta-fakta di lapangan dan akan membantu selesaikan konflik di Wadas. (Foto: BBWS DIY)

Peristiwa

Beragam Pelanggaran HAM Dilakukan Warga Penolak Proyek Nasional, Komnas HAM Akhirnya Turun Tangan
Bupati Klaten Sri Mulyani menerima bantuan APD dari PT Parna Raya dan Marianna Foundation. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Terima Bantuan 1.000 Pakaian Hazmat