Home / News

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 11:46 WIB

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Pukul 07.40 WIB

Gambar visual aktivitas Gunung Merapi, Sabtu (14/8/2021) pukul 07.40 WIB. (Foto: BPPTKG)

Gambar visual aktivitas Gunung Merapi, Sabtu (14/8/2021) pukul 07.40 WIB. (Foto: BPPTKG)

NYATANYA.COM, Sleman – Gunung Merapi kembali memuntahkan  awan panas guguran, Sabtu (14/8/2021)  pukul 07.40 WIB. 

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan aktivitas pagi tadi tercatat  di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 158 detik. Jarak luncur 2.000 m ke arah barat daya.

Semalam, Jumat (13/8/2021), Gunung Merapi yang masih berstatus Siaga Level 3 ini juga memuntahkan awan panas guguran pada pukul 19.28 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 135 detik. Cuaca berkabut, estimasi jarak luncur 1.800 m ke arah barat daya.

Baca juga   Sri Sultan Pertimbangkan DIY Lockdown Total

Dan pada pukul 20.00 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 150 detik. Cuaca berkabut, estimasi jarak luncur 2.500 m ke arah barat daya.

Dilaporkan BPPTKG, sepanjang hari Jumat, Gunung Merapi tercatat  3 kali mengeluarkan awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum 2.500 m ke arah barat daya. Serta teramati sebanyak 18 kali guguran lava pijar denganjarak luncur maksimum 1.500 m ke arah barat  daya. Terdengar suara guguran 1 kali dengan intensitas sedang.

Baca juga   Kunjungi Banjarnegara, Ini Pesan Ganjar pada Pejabat Pemkab

BPPTKG dalam siarannya lewat Twitter resminya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bahaya lahar terutapa saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. “Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya,” demikian imbauan BPPTKG. (Aja)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hasil Genome Sequencing, Belum Ditemukan Varian Delta Selain di Kudus
Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Mr Lars Bo Larsen berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Temui Ganjar, Dubes Denmark Siap Tingkatkan Investasi ke Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima penghargaan provinsi terbaik dalam penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan penyelenggaraan (TLHP) pemerintahan daerah. (Foto: Humas Jateng)

News

Quattrick, Jateng Kembali Jadi Provinsi Terbaik TLHP Kemendagri
Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan permintaan maaf atas nama Pemerintah Kabupaten Klaten kepada masyarakat. (Foto:Diskominfo Klaten)

News

Bupati Sri Mulyani Minta Maaf! Kenapa?
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Kembali Naik, Covid-19 DIY Tambah 539 Kasus Positif
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini 3.378 Kasus Covid-19 di DIY Sembuh
Liga Mahasiswa Muslim Yogyakarta (LMMY) Turun ke Jalan Gelar Aksi Kecam Diskriminasi Apartheid Israel dengan menyebarkan infografis mengenai apartheid kepada pengguna jalan, di perempatan Jalan Jenderal Sudirman, Yogyakarta, kemarin (24/5/2021). FOTO : nyata.com/istimewa

News

Liga Mahasiswa Muslim Yogyakarta (LMMY) Turun ke Jalan Gelar Aksi Kecam Diskriminasi Apartheid Israel
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Percepat Tangani Corona, Tracing Digital ‘Silacak’ Bakal Diterapkan di DIY