Home / Peristiwa

Selasa, 27 Juli 2021 - 20:55 WIB

Gus Yasin Apresiasi, Pendonor Plasma Konvalesen Meningkat

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen kembali donor darah plasma konvalesen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen kembali donor darah plasma konvalesen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Tepat 14 hari setelah menyumbangkan plasma darah konvalesen yang pertama, Selasa (27/07/2021) Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen memenuhi janjinya untuk kembali berdonor di Unit Donor Darah PMI Kota Semarang.

Berbeda dengan ketika dia berdonor kali pertama, saat ini sudah lebih banyak penyintas yang mau berdonor.

“Pada hari ini saya donor plasma yang kedua. Saya senang, aware masyarakat mulai meningkat. Saya tadi juga ngobrol dengan dr Anna (Kepala UDD PMI Kota Semarang), menyampaikan bahwa masyarakat sekarang sudah mulai sadar. Banyak di depan dan dalam juga banyak yang menyapa saya. Mereka ternyata ada yang mau melakukan donor konvalesen,” tuturnya usai berdonor.

Kepedulian itu, menurut Wagub, perlu terus ditingkatkan. Sebab, bagi yang mau berdonor, belum tentu bisa lolos pre-skrining. Pre-skrining dilakukan untuk mengetahui antibodi dalam tubuh, hasil negatif terhadap beberapa pemeriksaan keamanan darah, serta memenuhi standar pemeriksaan laboratorium sesuai dengan persyaratan.

Baca juga   PT Pura Kudus Bagikan 5.000 Paket Sembako untuk Penyandang Disabilitas

Mempertimbangkan tidak semua penyintas yang berkenan donor dapat berdonor, maka Wagub mengajak semua pimpinan, baik instansi pemerintah maupun swasta untuk memperhatikan stafnya yang sembuh dari Covid. Mereka diminta segera didata, mengingat waktu untuk bisa melakukan donor plasma hanya tiga bulan.

“Memang edukasi dari pimpinan itu penting. Motivasi dari pimpinan itu penting. Siapa saja yang terpapar harus didata. Maka saya berharap sih, saat ini yuk kita data lagi, karena waktunya juga tidak panjang,” ajaknya.

Motivasi kemanusiaan, sambung dia, harus semakin subur ditumbuhkan di masa pandemi Covid-19 ini. Jika mengetahui ada sesama anak bangsa yang sakit, yang sehat mesti bisa merasakan sakitnya, sehingga rasa kemanusiaan itu muncul.

Baca juga   Pemkot Surakarta Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia

“Tolong jiwa kemanusiaan kita, kita tumbuhkan. Ini juga bagian dari sodakoh menurut saya. Karena sodakoh itu ada dari tenaga, keuangan, dan ini bagian dari sodakoh kita untuk menambah amal kita,” katanya mengingatkan.

Sebagai informasi, kebutuhan darah plasma konvalesen di UDD PMI Kota Semarang, per 1 sampai 25 Juli berhasil terpenuhi. Pjs Kabag Pelayanan Donor UDD PMI Kota Semarang, dr Nevi Seftaviani menuturkan, dari 1.200 kantong permintaan darah, terealisasi 1.600 kantong dari 700 orang pendonor. Berbeda dengan bulan sebelumnya (Juni 2021). Dari permintaan sebanyak 1.100 kantong, PMI hanya berhasil memenuhi 533 kantong dari 242 orang pendonor. (*)

Share :

Baca Juga

Pemkot Yogyakarta perpanjang pentupan pasar tradisional selama PPKM Level 4.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Perpanjang Penutupan Pasar Tradisional
Melalui program 'Aku Sedulurmu', 4 anak di Temanggung mendapat beasiswa karena orang tuanya meninggal karena Covid-19. (Foto:Humas Temanggung)

Peristiwa

Lewat Program Aku Sedulurmu, Polres Temanggung Bantu Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Ketua Dekranasda Wonosobo, Dyah Afif Nurhidayat, menjelaskan, hak kekayaan intelektual. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Perajin Batik Didorong Patenkan Merek Dagang Lewat HKI
Kepala DPU PR Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana saat meninjau pembangunan irigasi di Desa Wonokerso, Kecamatan Tembarak. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Tingkatkan Jaringan Irigasi, Temanggung Peroleh DAK Rp10,2 M
Bidan Desa Nurin Pratiwi Amd. Kebidanan didampingi petugas Babinsa Sabrang Kopda Edy Febrianto dan Banbinkantibmas, memantau pasien Covid-19 yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Pasien Covid-19 Isoman di Desa Sabrang Rutin Dipantau Bidan Desa
Vaksinasi yang dilaksanakan di Gerai Presisi Mapolres Magelang, Jumat (13/8/2021) berhasil menyuntikkan vaksin kepada 600 orang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gencar Vaksinasi, Sehari Layani 600 Orang
Direktur PT Ndayu Alam Asri Sragen, Untung Wibowo Sukowati menyerahkan unit mobil bantuan operasional Satgas Covid-19 kepada Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Pemkab Sragen Terima Bantuan Mobil Operasional Satgas Covid-19
Kwarda Pramuka Jawa Tengah memperingati Hari Pramuka ke-60 secara virtual. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kwarda Jateng Peringati Hari Pramuka secara Virtual