Home / News

Kamis, 3 November 2022 - 14:42 WIB

Habiskan Anggaran Rp3,5 Miliar, Ribuan Penjor Sambut Delegasi KTT G20 di Bali

Sebanyak 2.500 penjor dipasang di sepanjang jalan mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga lokasi pertemuan dan hotel yang akan ditempati petinggi negara. Foto: MC Diskominfo Prov Jatim/InfoPublik

Sebanyak 2.500 penjor dipasang di sepanjang jalan mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga lokasi pertemuan dan hotel yang akan ditempati petinggi negara. Foto: MC Diskominfo Prov Jatim/InfoPublik

NYATANYA.COM, Denpasar – Sebanyak 2.500 penjor dipasang di sepanjang jalan mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga lokasi pertemuan dan hotel yang akan ditempati petinggi negara.

Penjor-penjor sebagai simbol rasa terimakasih dan syukur ini guna menyambut para delegasi KTT G20 yang berdatangan di Bali pada 15-16 November 2022.

Bagi warga Bali, penjor merupakan bentuk ucapan terima kasih yang disampaikan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena telah mengutus Sang Hyang Tri Murti untuk menolong umat manusia dari kelaparan dan bencana.

Dalam konteks rasa syukur dan terima kasih itu pulalah, Pemerintah Provinsi Bali memasang penjor di sepanjang jalan.

Desain ribuan penjor untuk penyambutan KTT G20 yang diberikan ke desa adat merupakan yang paling istimewa. Seperti yang sering dilombakan di daerah Kerobokan.

Baca juga   Jadwal Lengkap Layanan SIM Daerah Istimewa Yogyakarta Mei 2022

Pemda Bali menganggarkan untuk pembuatan dan pemasangan ribuan penjor itu sebesar Rp3,5 miliar.

Nantinya penjor-penjor itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis madya atau menengah yang akan dipasang di jalan raya. Dan jenis utama yang dipasang di venue utama G20, yakni Hotel The Apurva Kempinski (lokasi pertemuan) dan Kawasan Tahura Mangrove (lokasi jamuan makan-minum).

Kehadiran penjor di perhelatan berkelas internasional, diakui Ketua Paruman Walaka PHDI Bali Profesor Dr I Gusti Ngurah Sudiana memberikan rasa bangga tersendiri.

“Simbol penjor yang sebenarnya memang berarti sebagai persembahan dan ucap syukur mampu menjadi salah satu tanda pengingat kepada peserta maupun delegasi KTT G20,” kata Sudiana, Rabu (2/11/2022).

Di Bali, Sudiana menjelaskan, terdapat dua jenis penjor. Yaitu, penjor yang dipasang berkaitan dengan upacara adat, seperti saat Hari Raya Galungan dan Kuningan, serta penjor pepenjoran.

Baca juga   400 Partisipan dari 42 Venture Capital dan 55 Startup Ramaikan DIN G20 di Bali

Penjor pepenjoran itu dapat dipasang kapan saja. Tak harus berkaitan dengan upacara adat atau hari raya. Penjor pepenjoran itulah yang disiapkan untuk menyambut para delegasi KTT G20.

Pada penjor pepenjoran atau penjor hiasan lazimnya tidak terpasang sanggah penjor dan sampian penjor. Jadi, penjor tersebut murni berfungsi sebagai hiasan yang ditujukan untuk mempercantik acara.

“Secara pribadi saya juga berharap, perhelatan KTT G20 ini memberikan manfaat pula terhadap Indonesia, terutama Bali, sebagai lokasi puncak acara. Semoga bisa memberikan dampak positif ke segala bidang bagi kita semua,” ungkapnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

BPS RI berkunjung secara langsung ke Kota Yogyakarta untuk melakukan Field Evaluation/ Ground Check Tim Visitasi, Rabu (14/12/2022) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Kelurahan Gunungketur Terpilih Desa Cantik, Siap Maju 12 Besar Tingkat Nasional 2022
Ilustrasi. Foto: Istimewa

News

Naik! Kemenhub Terbitkan Aturan Terbaru Tarif Ojek Online
Menlu Retno Marsudi. (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

News

Para Pemimpin di KTT G20 Sepakat Capai Target Vaksinasi Global
ibran Rakabuming Raka saat meninjau serbuan vaksinasi di Keraton Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

News

Terus Gencarkan Vaksinasi, Gibran Berharap Sektor Pariwisata Segera Pulih
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Okupansi Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 Terus Menurun
Foto: Ist

News

Densus 88 Amankan 13 Terduga Teroris di Aceh, Tergabung dalam Jaringan JI dan JAD
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Mendesak, Pemda DIY Segera Realisasikan RS Sementara untuk Pasien Covid-19
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (keempat dari kanan) bersilaturahmi dengan Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf (ketiga dari kanan). Foto: NU Online

News

Ketua KPU RI: Dukungan NU Sangat Strategis untuk Pemilu 2024