Home / News

Kamis, 29 September 2022 - 11:25 WIB

Hadapi Akhir Pandemi Covid-19, Indonesia Usulkan Dua Solusi dalam Pertemuan AMC-EG di New York

Menlu RI Retno Marsudi, saat memimpin Pertemuan COVAX Advance Market Commitment Engagement Group (AMC-EG) ke-10, bersama Menteri Kesehatan Ethiopia dan Menteri Pembangunan Internasional Kanada, di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/9/2022). Foto: kemlu.go.id

Menlu RI Retno Marsudi, saat memimpin Pertemuan COVAX Advance Market Commitment Engagement Group (AMC-EG) ke-10, bersama Menteri Kesehatan Ethiopia dan Menteri Pembangunan Internasional Kanada, di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/9/2022). Foto: kemlu.go.id

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah Indonesia mengusulkan dua solusi untuk jangka pendek, dan jangka panjang dalam menghadapi akhir pandemi Covid-19.

Pertama, COVAX AMC perlu terus mengatasi kesenjangan vaksin, antara lain dengan memperkuat kampanye vaksinasi, utamanya di negara-negara dengan tingkat coverage rendah.

Kedua, dengan pola pikir yang harus diubah dari “gawat darurat” menjadi “siap siaga” untuk merespon pandemi di masa depan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, saat memimpin Pertemuan COVAX Advance Market Commitment Engagement Group (AMC-EG) ke-10, bersama Menteri Kesehatan Ethiopia dan Menteri Pembangunan Internasional Kanada, di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/9/2022).

Seperti dilansir laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Kamis (29/9/2022), Menlu Retno menekankan pentingnya terus mendorong solidaritas global dan memastikan akses setara terhadap medical solutions, utamanya bagi negara berkembang.

Baca juga   Kemenag Terima Hibah Tanah dari KPK

“Dunia saat ini membutuhkan mekanisme permanen yang mampu perkuat arsitektur kesehatan global. Oleh karenanya, Presidensi Indonesia di G20 turut mengamankan medical solutions bagi negara berkembang melalui Financial Intermediary Fund (FIF),“ kata Menlu Retno.

Menlu Retno menuturkan, masih terdapat kesenjangan distribusi vaksin dan capaian vaksinasi, para Co-Chairs mendukung keberlanjutan kinerja COVAX hingga 2023, khususnya untuk mendorong upaya pencegahan, kesiapsiagaan, dan respon terhadap pandemi di masa depan.

Pertemuan juga membahas mengenai perkembangan terkini penyediaan vaksin bagi negara anggota AMC.

Sekitar 76 persen dosis vaksin yang ada di negara-negara berpenghasilan rendah berasal dari skema COVAX.

Selain itu, pertemuan menyepakati pentingnya penyesuaian struktur COVAX dengan perkembangan pandemi terkini, termasuk dengan meningkatkan kapasitas bagi negara-negara agar siap hadapi potensi pandemi lainnya.

Baca juga   Dukung Percepatan Vaksin Covid-19, Lazada Yogya Gelar Vaksinasi Booster Gratis

“COVAX harus terus bekerja dengan Badan Kesehatan Dunia untuk memastikan setiap negara memiliki sumber daya yang diperlukan demi perkuat strategi kesehatan nasionalnya,” kata Menlu Retno.

COVAX AMC adalah mekanisme penyaluran vaksin secara gratis kepada negara anggotanya, yaitu 92 negara berpendapatan menengah ke bawah dan berpendapatan rendah.

Sebagai forum kerja sama multilateral, COVAX telah membuktikan bahwa multilateralisme bekerja efektif. Hingga kini, sedikitnya 1.72 miliar dosis vaksin telah dikirim oleh COVAX melalui jalur multilateral.

Sebanyak 79 negara telah capai target vaksinasi sebesar 70 persen, termasuk Indonesia. Melalui COVAX, Indonesia telah mendapatkan 130,662,975 (25,6 persen) dosis vaksin Covid-19 secara gratis.

Menlu Retno Marsudi merupakan salah satu co-chairs dari COVAX AMC, bersama bersama Menteri Kesehatan Ethiopia dan Menteri Pembangunan Internasional Kanada.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Selain lima unit mobil vaksinasi, Pemkot Yogya juga menerima bantuan 10.000 rapid antigen senilai Rp175 juta, dan 1 buah oksigen konsentrator senilai Rp15 juta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Terima Bantuan 5 Unit Mobil Operasional Vaksin dari BEI
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dalam audiensi bersama rombongan Komisi V DPR RI dan PT KAI terkait kesiapan Stasiun Kereta Api Balapan dan stasiun pendukung di Solo Raya untuk kesiapan mudik lebaran tahun 2022, di Joglo Stasiun Balapan Surakarta, Kamis (7/4/2022). Foto: MC Surakarta

News

Diprediksi Jadi Pusat Mudik di Jateng, Gibran Minta Layanan Kereta Api Dimaksimalkan
Telkom menempati peringkat #299 dari 750 perusahaan terpilih yang berasal dari seluruh dunia dan beragam sektor industri, dalam Forbes 2021 World’s Best Employer. (Foto: Dokumentasi/MC Diskominfo Prov Jatim)

News

Satu-satunya dari Indonesia, Telkom Masuk Forbes 2021 World’s Best Employer
Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo Bambang Triyono menyebut kejadian bencana yang terjadi secara beriringan, melanda wilayah Wadaslintang, Kaliwiro, Sapuran, Kalibawang, Watumalang, Selomerto hingga Kalikajar. (Foto: Diskominfo Kabupaten Wonosobo)

News

Banjir, Longsor Hingga Kebakaran Landa Sejumlah WIlayah, Kerugian Capai Ratusan Juta
Stasiun Yogyakarta dan kawasan Malioboro sebagai kawasan wajib memakai Masker dan wajib vaksin. (Foto: agoes jumianto)

News

PPKM Darurat, 269 Tempat Usaha Non-esensial Ditutup Paksa
Foto: Dok.AP II

News

Angkasa Pura II Catat Kebangkitan Lalu Lintas Penerbangan, Lima Sinyal Ini Jadi Ukuran
Petugas PMI menyemprotkan disinfektan di SMPN 43 Jakarta, Kamis (20/1/2022). Kementerian Kesehatan melaporkan, hingga Kamis (20/1/2022) pagi, tercatat sebanyak 882 kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia yang terdiri atas 710 kasus pelaku perjalanan luar negeri, 161 kasus transmisi lokal dan 11 kasus yang masih belum diketahui asalnya. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa)

News

Sudah Makan Korban, Indonesia Posisi Teratas Kasus Omicron di Asia Tenggara
PT Angkasa Pura/AP I (persero) bersiap mengantisipasi cuaca ekstrim, yang diperkirakan akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia. (Foto: Angkasa Pura I)

News

Angkasa Pura I Siapkan Langkah Antsipasi Cuaca Ekstrim