Home / News

Rabu, 16 November 2022 - 20:17 WIB

Hadapi Libur Akhir Tahun Pemkot Yogya Siagakan Kembali Satgas Covid-19

Foto: Humas Pemkot Yogya

Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan antisipasi potensi penularan Covid-19, terutama menghadapi libur akhir tahun.

Mengingat Kota Yogyakarta sebagai kota pariwisata dipastikan jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat saat libur akhir tahun.

Antisipasi mulai dari menerjunkan petugas untuk mengingatkan penerapan protokol kesehatan sampai penyiapan rumah sakit.

Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi menyebut pada September 2022, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta mencapai sekitar 5,1 juta dan jumlah itu melebihi dari target sekitar 2 juta.

Pihaknya memperkirakan sampai akhir tahun 2022 jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta bisa mencapai hampir 7 juta.

“Terhadap itu (kunjungan wisatawan) kami tidak boleh menolak, tapi bagaimana dari awal kita antisipasi,” kata Sumadi saat bincang peringatan hari kesehatan nasional di Balai Kota Yogyakarta, beberapa hari lalu.

Sumadi menyatakan akan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengingatkan masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah potensi penularan Covid-19.

Terutama di tempat-tempat wisatawan berkumpul di Kota Yogyakarta. Termasuk menyediakan masker saat operasi protokol kesehatan karena terkadang sebagian masyarakat beralasan lupa tidak membawa masker.

Baca juga   Jangkau Pasar Ekspor, Sekda DIY Ajak Telkom Kembangan UMKM

“Soal Covid-19 menjadi tugas kita bersama. Kami ingatkan kepada masyarakat yang datang untuk prokes harus selalu dijaga. Maka kami juga mengadakan operasi-operasi prokes terutama di tempat-tempat wisatawan berkumpul,” paparnya dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya.

Pihaknya menegaskan pemerintah juga sudah menyediakan fasilitas pendukung protokol kesehatan seperti menyediakan tempat mencuci tangan di tempat-tempat publik.

Sumadi berharap pandemi Covid-19 yang sudah berjalan 2 tahun hendaknya membuat masyarakat terbiasa dengan protokol kesehatan. Termasuk bagi yang belum vaksin diharapkan untuk segera vaksinasi Covid-19.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono selaku Koordinator Bidang Pencegahan Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, secara umum kondisi Covid-19 akhir-akhir ini cukup tinggi karena banyak mobilitas masyarakat. Terutama di akhir pekan banyak wisatawan datang dan mengabaikan protokol kesehatan sebagian masyarakat.

“Secara rutin setiap (liburan) akhir tahun kami buat posko-posko kesehatan dan keamanan. Nanti di posko kita akan lengkapi semacam satgas-satgas protokol Covid-19 yang mengingatkan para wisatawan untuk memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi kerumunan. Sebelum libur akhir tahun kami nanti akan koordinasi terkait menjaga protokol Covid-19,” terang Yunianto.

Baca juga   Pemerintah Tingkatkan Pemeriksaan WGS untuk Deteksi Sebaran Omicron

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani menyampaikan saat ini dari kasus positif Covid-19 sudah tidak bisa terdeteksi dari mana asal mula tertular Covid-19 karena banyak masyarakat yang datang pergi.

Hanya saja sebagian besar kasus Covid-19 ditemukan ketika pemeriksaan saat mengakses layanan kesehatan. Oleh sebab itu protokol kesehatan menjadi cara untuk melindungi diri dan orang lain.

“Kami sudah mengeluarkan (surat edaran) SE kepala dinas untuk kewaspadaan di rumah sakit. Semua rumah sakit harus bersiap untuk kewaspadaan, karena prediksi akhir Desember atau awal Januari (puncak kasus Covid-19). Kami juga bergerak cepat untuk vaksinasi Covid-19. Kami juga masih menyediakan shelter isolasi di Bener dan kondisinya sekarang kosong karena memang banyak yang tidak bergejala,” pungkas Emma.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Merauke Benhur Rentandatu, saat melakukan konferensi pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Merauke. (Foto: Amir Riyadi/InfoPublik.id)

News

Dinas Pariwisata Merauke Tetap Perketat Prokes Objek Wisata dan PON Papua
Polda DIY memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2022 di halaman Mapolda DIY, Jumat (22/4/2022) sore. (Foto: Penrem 072/Pmk)

News

Pemudik Lebaran 2022 Diprediksi Mencapai 85 Juta Orang
Penampakan Gunung Merapi pukul 04.48 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

News

Gunung Merapi 2 Kali Keluarkan Awan Panas Guguran
Presiden Joko Widodo melantik Laksamana Madya TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, DKI Jakarta, Rabu (28/12/2022). Foto: Tangkapan Layar BPMI Setpres 

News

Presiden Jokowi Lantik Laksamana Madya TNI Muhammad Ali sebagai KASAL
Foto: Diskominfo Jateng

News

Aduan THR Jateng Capai 110 Laporan, Pengawas Ketenagakerjaan Ambil Tindakan
Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Kondisi Sosial Ekonomi Meningkat, 50 KPM PKH Kota Yogya Dinyatakan Lulus
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Update Covid-19 di Indonesia Hari Ini, Bertambah 3.540 Kasus Baru
Perwakilan Bank Dunia berkunjung ke lokasi hasil kegiatan penataan permukiman kawasan kumuh bantaran Sungai Gajah Wong di wilayah Muja Muju Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Bank Dunia Apresiasi Penataan Kawasan Kumuh Sungai Gajah Wong