Home / Olga

Jumat, 14 Januari 2022 - 20:52 WIB

Hadi Tjahjanto: Kesiapan Sirkuit MotoGP Mandalika Sudah 100 Persen

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto.  (Foto: InfoPublik)

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto. (Foto: InfoPublik)

NYATANYA.COM, Lombok Tengah – Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto, mengatakan bahwa kesiapan surkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada umumnya sudah mencapai 100 persen.

“Jadi kesiapan Sikuit Mandalika pada umumnya sudah 100 persen di sirkuitnya sendiri,” ujar Hadi Tjahjanto dalam acara Primetime News dengan tema “Indonesia Siap Gelar MotoGP Mandalika” pada Jumat (14/1/2022).

Hadi Tjahjanto menjelaskan, perbaikan yang sedang dilakukan di dalam sirkuit adalah terkait drainase yang bisa secara terintegrasi antara di dalam dan di luar sirkuit.

Sedangkan di luar sirkuit, terang Hadi, pembenahan dilakukan di beberapa tempat di antaranya di koridor jalan Kuta di Lombok Tengah hingga Keruak di Kabupaten Lombok Timur, dan akan rampung sebelum perhelatan MotoGP.

“Saat ini kita sedang mengerjakan segmen dua tepat di depan sirkuit akan kita bangun menjadi empat jalur dengan median tanaman hijau,” kata Hadi.

Termasuk perbaikan rumah-rumah penduduk dan warung-warung yang dekat dengan sirkuit. Menurut Hadi, wilayah sekitar Kuta-Keruak itu ada ratusan rumah warga yang akan dilakukan penataan sehingga jalan sepanjang 5,3 km tersebut harus terlihat rapi, dan taman-tamannya harus dilakukan penataan.

Baca juga   Tiga Rekor Dunia, 11 Rekor Nasional Pecah di Cabor Angkat Besi PON XX Papua

“Memang pesan bapak Presiden semuanya harus dilaksanakan secara terintegrasi untuk menata kawasan termasuk juga mempercepat pembangunan yang belum selesai, karena tinggal 63 hari lagi kita melaksanakan MotoGP Mandalika 2022,” terang Hadi.

Hadi pun yakin bahwa beberapa pembenahan, khususnya di luar sirkuit akan rampung tepat waktu sebelum Maret 2022. Termasuk pembenahan di jalan Bay Pass dari Bandara menuju Sunggung yang akan ditanami tumbuhan hijau.

“Bay pass masih kelihatan berwarna coklat sehingga akan kita hijaukan semua. Median jalan juga akan kita hijaukan, ditambah bunga- bunga berwarna merah, bunga bougenvile sampai di wilayah bundaran Sunggung,” jelas Hadi.

Untuk mengantisipasi jumlah penonton yang membludak, kata Hadi, fasilitas hotel dan transportasi pun ditingkatkan.

Terlebih ada sekitar 63.500 tiket yang dijual, dan sebagian sudah laku terjual. 10.000 diantaranya adalah penduduk lokal yang akan menyaksikan MotoGP Mandalika.

Baca juga   Dukung WSBK Mandalika, Garuda Hadirkan Paket Bundling Terbang ke Lombok

Terkait akomodasi, pihaknya telah berkordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk bisa mendatangkan kapal PELNI sebagai hotel terapung yang nantinya akan ditempatkan di Pelabuhan Lembar.

“Kita juga sudah berkordinasi dengan asosiasi pemilik kapal phinisi. Ada sejumlah 700 pinisi yang masing-masing pinisi itu berkapasitas lima kamar sehingga total 3.500 kamar,” tutur Hadi.

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kementerian PUPR juga sudah membangun Sahunta (Sarana Hunian Pariwisata) atau home stay sebanyak 300 rumah yang berada di lima desa di kawasan sekitar. Ditambah 98 rumah di luar kawasan.

Termasuk peningkatan transportasi di darat, laut dan udara. Untuk laut, disediakan lima pintu yakni di Pelabuhan Gili Mas, Pintu Pelabuhan Lembar, Pintu Pelabuhan Bangsal dan Pintu Pelabuhan di Kayangan.

Unruk transportasi udara, frekuensi penerbangan dari sejumlah kota menuju Lombok pun akan ditambah.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Doa Siti Aisah dan keluarga mengantar sang putri Windy Cantika meraih sukses di Olimpaide 2020 Tokyo. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Olga

Barbel Semen, Doa dan Air Mata Siti Aisah Mengiringi Windy Cantika
Bupati Temanggung HM Al Khadziq membuka Musyawarah Olahraga Kabupaten KONI. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Olga

Musorkab KONI, Bupati Bangga Temanggung Punya Atlet Berprestasi
Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X dalam kunjungannya di arena PON Xx Papua memberi semangat kepada para atlet DIY. (Foto: Humas Pemda DIY)

Olga

Wagub GPAA Paku Alam X Kunjungi Atlet DIY di PON Papua
Pesta kembang api menandai penutupan Peparnas XVI Papua. (Foto: NPC Indonesia/InfoPublik)

Olga

Presiden Jokowi Resmi Tutup Peparnas XVI, Papua Juara Umum
Atlet dan pelatih Kabupaten Sukoharjo yang akan berlaga di PON XX Papua serta Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) berpamitan dengan Bupati Etik Suryani. (Foto: Diskominfo Sukoharjo)

Olga

Bupati Janjikan Penghargaan bagi Atlet Sukoharjo Peraih Medali di PON Papua
Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) masa bakti 2021-2025 di Hotel Mandarin Jakarta Sabtu (11/12/2021). (Foto: InfoPublik.id)

Olga

Listyo Sigit Prabowo Dilantik sebagai Ketua Umum PB ISSI
Perenang Kalbar, Kevin Ramadhani peraih tiga medali emas pada Peparnas XVI Papua di Akuatik Lukas Enembe Jayapura, Jumat (12/11/2021). (Foto: Jhon/InfoPublik)

Olga

Sempurna! Debut Perdana Perenang Kevin Ramadhani Raih 3 Emas di Peparnas Papua

Olga

Siapkan 36 Medali Emas, Hari Ini 12 Cabor Laga Final