Home / News

Rabu, 13 Oktober 2021 - 12:53 WIB

Harapan Warga Kotagede, Revitalisasi Situs Peninggalan Kraton Mataram

Para pemangku wilayah dan tokoh masyarakat Kotagede berfoto bersama GKR Hemas. (Foto:Pemkot Yogya)

Para pemangku wilayah dan tokoh masyarakat Kotagede berfoto bersama GKR Hemas. (Foto:Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kawasan Kotagede Yogyakarta menyimpan sejumlah situs seperti alun-alun, keraton dan pasar sebagai bagian catur gatra Kraton Mataram di era Panembahan Senopati. Namun untuklebih menguatkan Kotagede sebagai destinasi wisata dan budaya, perlu dilakukan renovasi dan revitalisasi.

Hal ini terungkap dalam dialog antara pemangku wilayah saat menerima kunjungan kerja Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia GKR Hemas pada Selasa (12/10/2021) di Balai RW 10 Purbayan, Kotagede, Yogyakarta.

Dalam dialog tanya jawab yang dipandu Lurah Purbayan Nawangsasi, Ketua LPMK Purbayan Miftahul Alvin mengatakan bahwa Purbayan memiliki situs alun-alun, keraton dan pasar sebagai bagian catur gatra Kraton Mataram di era Panembahan Senopati. Pihaknya berharap ada renovasi dan revitalisasi kawasan situs tersebut agar masyarakat luas bisa melihat lebih detail peninggalan Kraton Mataram tersebut.

Baca juga   Setahun Berhenti Total, Kini Subranto Kembali Bangkit Produksi Blangkon

“Bagaimana agar Pasar Kotagede bisa direnovasi dan dikembangkan tidak hanya sebatas kepentingan ekonomi dan sosial namun bisa dikembangkan sebagai tempat untuk mengekspresikan seni dan budaya,” tutur Alvin.

Selanjutnya juga disampaikan Alvin bagaimana nasib perajin perak yang terpuruk, belum adanya penanda di pintu masuk yang bisa dirasakan wisatawan ketika melewati jalan masuk kawasan Kotagede, serta perlunya promosi pelaku seni budaya.

Menanggapi hal tersebut GKR Hemas akan menindaklanjuti baik melalui pemerintah pusat maupun daerah serta meminta kepada dinas yang ikut dalam kunjungan kerja tersebut bisa menanggapi permasalahan yang telah dikemukakan.

“Di Pemda DIY ada program Si Bakul yang membantu UMKM dalam jasa pengiriman barang secara gratis, juga ada pelatihan peningkatan sumber daya UMKM, ada program pengembangan destinasi wisata, promosi pariwisata, pelestarian seni tradisi, dan banyak program yang bisa diakses masyarakat”, imbuh GKR Hemas.

Baca juga   Biennale Jogja XVI Equator #6 Mempertemukan Indonesia-Oseania

Selanjutnya GKR Hemas juga menyampaikan agar masyarakat bisa berkonsultasi dan berkoordinasi dengan dinas yang hadir pada kunjungan kerja tersebut untuk pemenuhan kebutuhan program yang akan digagas di masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY beserta jajaran dinas di DIY, Tenaga Ahli DPD RI, Mantri Pamong Praja Kotagede, Komandan Koramil Kotagede, Lurah Purbayan, Ketua LPMK dan tokoh masyarakat se Kelurahan Purbayan.

“Mudah-mudahan melalui kunjungan kerja ini akan ada kebijakan program dari pemerintah pusat melalui daerah guna menguatkan Kotagede sebagai destinasi wisata, budaya, kuliner yang mampu sebagai pengungkit ekonomi warga Purbayan,” kata Aman. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Tugu Yogyakarta. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Percepat Vaksinasi, Sri Sultan Minta Jatah Vaksin Ditambah
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Masih Terus Meroket, Hari Ini DIY Tambah 1.615 Kasus Positif Covid-19
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto:nyatanya.com/YouTube Kemenag RI)

News

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1442 H, 20 Juli 2021
Pemkot Yogyakarta memfasilitasi kelompok rentan administrasi kependudukan (adminduk) untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

News

Di Yogya Transpuan Difasilitasi Bikin KTP-el
Angin kencang menerjang Desa Supukur di Kecamatan Lantung, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (15/10/2021) Pukul 17.00 WITA. (Foto: BNPB)

News

Angin Kencang Porak Porandakan 10 Rumah Warga di Sumbawa
Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Pemda DIY Minta Kabupaten/Kota Susun Strategi Percepat Vaksinasi
Usai dilepas oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, rombongan gowes Walikota se-Indonesia ini langsung menyusuri perkampungan serta objek objek wisata andalan Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Walikota se-Indonesia Gowes Bareng Keliling Kota Yogya
Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaur Bin Ops) Satuan Reserse dan Kriminal Polres Boyolali, Iptu Wikan Sri Kadiyono saat berikan keterangan kepada wartawan di Mapolres Boyolali. (Foto: Diskominfo Boyolali)

News

Kebangeten! Yang Lain Berjuang Lawan Corona, Oknum Ini Malah Ngeprank