Home / Peristiwa

Rabu, 8 September 2021 - 08:37 WIB

Harga Anjlok, Pemkab Magelang Serukan Gerakan ASN Beli Cabai

Pelaksanaan Gerakan ASN Beli Cabe di Kabupaten Magelang dilakukan dengan pembelian paket cabe dan sayuran seharga Rp20.000 per paket. (Foto: pexels.com/beritamagelang)

Pelaksanaan Gerakan ASN Beli Cabe di Kabupaten Magelang dilakukan dengan pembelian paket cabe dan sayuran seharga Rp20.000 per paket. (Foto: pexels.com/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Pemerintah Kabupaten Magelang menyerukan Gerakan ASN Beli Cabai. Gerakan ini bertujuan menyerap hasil panen, agar harga meningkat, sehingga petani dapat memperoleh hasil yang pantas.

Melimpahnya produksi cabe dan beberapa komoditas sayur di Kabupaten Magelang, mengakibatkan harganya anjlok di bawah Break Even Point (BEP) atau harga dasar. Jika kondisi berlangsung lama, petani akan menderita kerugian dan kesulitan menanam komoditas selanjutnya.

Khusus terkait dengan harga cabe yang anjlok cukup drastis, Pemerintah Kabupayen Magelang melalui Sekretaris Daerah menyerukan Gerakan ASN Beli Cabe.

Baca juga   Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat

“Untuk itu sebagai upaya menjaga stabilitas harga cabe di Kabupaten Magelang, kami mengimbau ASN, karyawan BUMD, dan pegawai Instansi Vertikal di Kabupaten Magelang untuk berpartisipasi dalam Gerakan ASN Beli Cabai,” demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto dalam Surat Edaran yang ditujukan untuk ASN di Kabupaten Magelang, Selasa (7/9/2021).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Romza Ernawan menyampaikan BEP cabe saat ini berkisar pada harga Rp12.000/kg. Sedangkan harga pasaran cabe di Magelang saat ini hanya di kisaran Rp7.000 hingga Rp9.000 per kg, tergantung kualitasnya.

Baca juga   'Wedang Jancuk' Minuman Rempah Penambah Imun yang Laris di Tengah Pandemi

“Petani adalah pejuang pangan yang amat berjasa bagi kita semua, terlebih pada saat pandemi seperti sekarang ini. Karena itu sudah selayaknya kita ASN bisa membantu meringankan beban meraka dengan ikut membeli produk petani Magelang,” tandas Romza.

Pelaksanaan Gerakan ASN Beli Cabe di Kabupaten Magelang dilakukan dengan pembelian paket cabe dan sayuran seharga Rp20.000 per paket. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Temanggung HM Al Khadziq ajak siswa memilah sampah untuk menjaga lingkungan hidup. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

World Cleanup Day, Siswa di Temanggung Pilah Sampah
Walikota Giran Rakabuming menyerahkan bantuan sembako kepada ASN yang pernah terpapar Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

ASN Surakarta yang Pernah Terpapar Covid-19 Dapat Bantuan Sembako
Pemerintah Kabupaten Sleman meraih ‘Anugerah KPAI 2021’. (Foto:nyatanya.com/Humas Sleman)

Peristiwa

Untuk Kedua Kalinya, Pemkab Sleman Raih ‘Anugerah KPAI 2021’
(nyatanya.com/Infografis: indonesiabaik)

Peristiwa

Sudah Tau Belum? Tarif Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Dibatalkan
Wakil Walikota Yogyakarta meninjau kegiatan vaksinasi yang dikhususkan untuk warga disabilitas Kota Yogyakarta yang digelar di Taman Pintar. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Penyandang Disabilitas Ikuti Vaksinasi di Taman Pintar
Ganjar Pranowo saat ngobrol dengan Karman, petani tembakau asal Wonosobo yang menjemur hasil panennya di wilayah Temanggung. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Asyik Jemur Tembakau, Karman Terkejut Didatangi Ganjar
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Bantul serta OPD terkait saat menerima bantuan oksigen konsetrator dari Goto. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Goto Bantu Oksigen Konsentrator untuk Pemkab Bantul
Klaten bentuk 5 Pos Aju khusus tim relawan pemulasaran jenazah pasien Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Percepat Pemulasaran Jenazah Covid-19, Pemkab Klaten Bentuk 5 Pos Aju