Home / Olga

Senin, 4 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Hari Ini 12 Cabor Digelar Memperebutkan 40 Emas

NYATANYA.COM, Jayapura – PON XX 2021 Papua, Senin (4/10/2021), kembali menggelar pertandingan sebanyak 28 cabang olahraga (cabor) di empat klaster penyelenggara PON Papua, demikian siaran pers yang dikeluarkan Media Center Kominfo PON XX Papua Klaster Jayapura, Senin (4/10/2021) pukul 18.53 WIB.

Diantaranya di Kabupaten Mimika (2 cabor), Kota Jayapura (11 cabor), Kabupaten Jayapura (9 cabor), dan Kabupaten Merauke (2 cabor). Dari jumlah tersebut, ada 12 cabang langsung menggelar babak final untuk memperebutkan 40 emas.

Khusus di klaster Kabupaten Mimika, cabang aerosport disiplin lomba aeromodelling dan panjat tebing menggelar nomor-nomor final.

Aeromodelling yang digelar di venue Lapangan SP-5, Jalan Poros SP-5 serta Stadion Sepak Bola Wania Imipi, Kampung Kamoro Jaya, Sp-1, Distrik Mimika, menggelar nomor Terbang Bebas (OHLG) individual putra dan putri.

Kemudian cabang panjat tebing juga melangsungkan nomor Lead individual putri dan Boulder individual putra di Arena Panjat Tebing, SP-2, Kota Timika.

Terjun payung juga kembali menggelar lombanya Senin (4/10/2021) setelah sehari sebelumnya lomba dihentikan akibat cuaca buruk. Menurut Technical Delegate Achmad Effendi Soen, terjun payung merupakan salah satu disiplin lomba dalam cabang aerosport yang bergantung kepada kondisi cuaca.

Baca juga   Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Di klaster Kabupaten Mimika dilombakan sembilan cabang dengan 12 disiplin lomba. Dua cabor, judo dan futsal telah menyelesaikan lomba mereka dengan laga final terahir digelar Minggu (3/10/2021). Sebanyak 1.476 atlet dan didampingi oleh 718 orang ofisial berlomba di sembilan venue yang ada di Mimika.

Seperti diketahui, PON 2021 Papua yang diikuti 7.039 atlet dan 3.576 orang ofisial dari 34 provinsi. Para atlet bertanding pada 37 cabang olahraga, 56 disiplin pertandingan, 681 nomor pertandingan, serta memanfaatkan 44 arena lomba. Para olahragawan ini akan memperebutkan 681 medali emas, 681 perak, dan 681 perunggu.

Atlet aeromodeling putri asal Jawa Timur Dicka Cahya Putri yang berlaga di ajang PON XX Papua meraih medali emas dalam cabang olahraga aeromodelling di nomor pertandingan Oudoor Hand Launch Glider (OHLG) yang digelar di Venue Aeromodelling SP-5 Timika, Senin, (4/10/2021).

Dicka memenangi pertandingan dengan mengantongi total skor 484 mengalahkan pesaingnya Nanik Nofianti dari Provinsi Papua yang menempati posisi kedua dengan total skor 452 dan Rimbahayu Kusuma Astuti dari Provinsi Jawa Tengah yang harus puas di posisi ketiga dengan total skor 310.

Baca juga   ‘Spiderwoman’ Asal Jateng Targetkan Juara di PON

Pertandingan yang berlangsung sengit selama 6 ronde harus dilanjutkan dengan babak play off untuk menentukan pemenangnya, karena hasil akhir total poin Dicka Cahya Putri dan Nanik Nofianti sama, yaitu 360 poin.

Dari hasil play off, Dicka berhasil mengalahkan pesaingnya Nanik Nofianti yang merupakan unggulan dari Papua dengan total poin 484 sedangkan Nonik mengumpulkan total poin 452.

Sementara untuk kelas putra di nomor pertandingan OHLG, Wisnu Dwi Atmojo dari Provinsi Banten, Jajang Nur Jaman dari Provinsi Jawa Barat dan Zainal Widyanto dari Provinsi Papua juga harus melewati babak play off, karena poin ketiga pemain sama, yakni masing-masing 360 poin.

Setelah melalui babak play off, Jajang Nur Jaman menobatkan dirinya sebagai pemenang setelah mengalahkan pesaingnya dari kontingen Banten dan Jawa Barat.

Total poin yang berhasil dikumpulkan Jajang 540 poin, disusul Wisnu dengan total poin 523 dan Zainal yang harus puas di posisi ketiga. (*)

Share :

Baca Juga

(nyatanya.com)

Olga

Menpora Buka Kompetisi Liga 2, Laskar Samber Nyawa Menang 2-0 atas PSG Pati
Windy Cantika Aisah sukes pada penampilan perdana pada cabang olahraga angkat besi Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Tampil Tenang, Kunci Cantika Raih Medali Pertama Olimpiade Tokyo 2020
Karateka Jawa Tengah Farizal Wahyu Andika (kanan) bertarung melawan Karateka DKI Jakarta Rafi Diaz Nugraha (kiri) dalam Semifinal Karate nomor Kumite Putra di atas 84 kilogram PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Olga

Hari Ini 72 Emas Siap Dipanen di PON XX Papua
Pebasket putri DKI Jakarta Valenia Chrishanti (kanan) berusaha melewati pebasket putri Papua Violita Nomantari (tengah) dan Adriana Kayok (kanan) pada pertandingan babak penyisihan basket putri 5x5 PON Papua di GOR Mimika Sport Centre, Senin (4/10/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/tom)

Olga

DKI Jakarta Bertemu Jatim di Semifinal Basket
Kabupaten Pati mengirimkan 20 orang atlet dan enam orang pelatih dari 15 cabang olahraga (cabor), yang terdiri dari 12 cabor resmi dan tiga cabor eksibisi. (Foto: Diskominfo Pati)

Olga

Pati Kirimkan 20 Atlet untuk Kontingen Jateng di PON XX Papua
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold R. Ubra. (Foto: Jimmy/MC Kominfo PON Papua Klaster Mimika)

Olga

Satu Atlet PON Papua Klater Mimika Positif Covid-19
Windy Cantika dan medali perunggu Olimpiade 2020. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Windy Cantika: Alhamdulillah Senang Banget, Tak Meyangka Bisa Sumbang Medali untuk Indonesia
Silvana Lamanda (kedua dari kanan), siswa SMA Negeri 3 Gorontalo mengukir prestasi dengan menyumbangkan medali perak PON XX Papua. (Foto:MCGorontaloprov)

Olga

Silvana Lamanda, Siswi SMAN 3 Gorontalo Raih Medali Perak PON Papua