Home / Olga

Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:13 WIB

Hari Ini 72 Emas Siap Dipanen di PON XX Papua

Karateka Jawa Tengah Farizal Wahyu Andika (kanan) bertarung melawan Karateka DKI Jakarta Rafi Diaz Nugraha (kiri) dalam Semifinal Karate nomor Kumite Putra di atas 84 kilogram PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Karateka Jawa Tengah Farizal Wahyu Andika (kanan) bertarung melawan Karateka DKI Jakarta Rafi Diaz Nugraha (kiri) dalam Semifinal Karate nomor Kumite Putra di atas 84 kilogram PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

NYATANYA.COM, Jayapura – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua masih melanjutkan perhelatannya pada Rabu (13/10/2021). Sebanyak 20 cabang dan disiplin olahraga akan menggelar lomba. Termasuk di dalamnya ada 13 cabang dan disiplin mengadakan final sejumlah nomor dengan total emas yang disiapkan sebanyak 72 keping.

Emas paling banyak untuk dipanen terdapat di cabang tinju yang akan memainkan laga final untuk 17 kelas di venue GOR Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura. Lalu ada cabang atletik, menembak, dan kempo yang masing-masing menyediakan tujuh emas. Kemudian ada bulu tangkis di GOR Waringin, Kota Jayapura yang akan menggelar lima nomor final untuk memperebutkan lima keping emas.

Cabang karate juga mengadakan final lima kelas dari GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Besar, Kota Jayapura. Lima keping emas juga disediakan cabang catur pada pertandingan di Ballroom Swissbell Hotel, Merauke.

Menurut laporan PB PON seperti dikutip dari laman resminya, sudah 1.840 medali dibagi rata kepada 34 provinsi terdiri dari 576 emas, 564 perak, dan 700 perunggu. PB PON Papua telah menyiapkan 681 emas, 681 perak, dan lebih dari 681 perunggu.

Dalam beberapa nomor pertandingan, dua tim yang terhenti langkahnya di semifinal mendapatkan perunggu bersama sehingga total perunggu yang disiapkan lebih banyak dari jumlah emas dan perak. Hingga Rabu (13/10/2021) pukul 08.00 WIT, PB PON Papua masih menyisakan sebanyak 105 keping emas untuk diperebutkan selama dua hari terakhir.

Baca juga   Raih 3 Emas 2 Perunggu, Kick Boxing Jateng Juara Umum Eksebisi PON Papua

Kendati demikian, kontingen dari 34 provinsi masih terus berjuang untuk merebut keping-keping medali tersisa. Sebanyak 39 cabang olahraga dan disiplin menyudahi laga-laga mereka.

Terdapat 111 nomor pertandingan lagi yang akan dilombakan dari total 681 nomor pertandingan yang disiapkan Panitia Besar PON Papua. Artinya sudah 570 nomor pertandingan atau sekitar 84 persen selesai digelar.

Sejauh ini kontingen Jawa Barat masih memuncaki klasemen medali sementara dengan oleksi 108 emas, 87 perak, dan 97 perunggu. Terdapat tambahan 13 emas sepanjang laga Selasa yang diraup dari pencak silat, renang, paralayang, bola voli indoor, dan menembak.

Jatim berada di urutan kedua dengan 97 emas, 79 perak, dan 70 perunggu. Jatim juga mendapat tambahan 13 emas dari paralayang, karate, renang, loncat indah, gulat, dan layar.

DKI membuntuti di urutan ketiga dengan 90 emas, 74 perak, dan 86 perunggu. Pada hari kesepuluh perhelatan PON Papua, DKI memanen sembilan emas dari layar, pencak silat, atletik, karate, kempo, renang, dan loncat indah.

Baca juga   Atlet DIY Indah Lupita Sari Sabet Medali Emas Jalan Cepat Putri

Tuan rumah pun bernasib serupa. Pada pertandingan Selasa (12/10/2021), atlet-atlet Papua sanggup menyetor 11 emas dari karate, selam laut, senam aerobik, pencak silat, hoki lapangan, terjun payung dan tarung derajat yang menyumbang empat keping. Hasil itu membuat Papua tetap bertahan di peringkat empat besar dengan 79 emas, 50 perak, dan 84 perunggu.

Sementara itu Papua Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat masih belum memperoleh sekeping pun emas dari PON Papua. PON Papua diikuti oleh 7.039 atlet dan mereka berlomba untuk memperebutkan 681 emas, 681 perak, dan 681 perunggu pada 37 cabang, 56 disiplin, dan 681 nomor pertandingan. Mereka berlaga di 44 venue yang tersebar di empat klaster.

Sejauh ini seluruh pertandingan dilaksanakan dengan protokol kesehatan sangat ketat, baik bagi atlet, ofisial, maupun penonton. Seluruh lomba dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat dan mereka harus mengikuti kebijakan menempati hanya 25 persen dari kapasitas total tiap venue. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan medali emas kemenangannya di Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto: @Kemenag_RI)

Olga

Indonesia Jago! Greysia Polii/Apriyani Sabet Emas Olimpiade 2020
Konferensi Pers tentang Pembinaan Atlet Papua dan Ketenagalistrkan di Papua, di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Jayapura, Selasa (12/20/2021). (Foto:MC Kominfo PON Papua Klaster Jayapura)

Olga

Masa Depan Papua Ada di Sport Science dan Sport Tourism

Olga

Sabtu 2 Oktober 2021, Klaster Mimika Tetap Gelar Pertandingan
David Jacobs sukses mempersembahkan medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:dok npcindonesia/kemenpora)

Olga

Giliran David Jacobs Sumbangkan Medali Perunggu untuk Indonesia
Leani Ratri Oktila menjadi penerima bonus paling besar dari pemerintah Indonesia. (Foto: Dokumentasi NPC Indonesia)

Olga

Bonus Rp13,5 Miliar dari Pemerintah untuk Leani Ratri Oktila
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 rencanannya akan bergulir kembali 20 Agutus mendatang. (Foto:dokumentasi kemenpora.go.id)

Olga

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Digelar 20 Agustus 2021
Petinju Jawa Barat Bram Hendra Betaubuni meluapkan kegembiraanya usai menang atas petinju Sulawesi Utara Christian Toar J. Sompota pada babak final tinju kelas berat ringan 75-81 kilogram putra PON Papua di GOR Cendrawasih, Kota Jayapura, Papua, Rabu (13/10/2021). Petinju Jawa Barat Bram Hendra Betaubuni meraih medali emas usai menang atas petinju Sulawesi Utara Christian Toar J. Sompota. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj)

Olga

Jabar Semakin Kokoh di Urutan Pertama Klasemen Medali PON Papua
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mendorong para atlet untuk terus berjuang dengan penuh semangat dan dedikasi tinggi. Hal ini dikatakannya saat melepas 4 atlet Purbalingga ke PON XX Papua. (Foto: Diskominfo Purbalingga)

Olga

4 Atlet Purbalingga Ikuti PON XX Papua